Yogyakarta punya air terjun cantik di dasar lembah dari dua tebing tinggi yang terletak di perbukitan Menoreh, Kulon Progo yang patut untuk dijadikan tujuan berwisata alam. Namanya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo ini punya keunikan tersendiri. Kecantikan air terjun ini menjadikann wisatawan pun tak malas untuk datang sekalipun letaknya cukup terpencil. Berbagai hal menarik dimiliki oleh Air Terjun Kedung Pedut, berikut ini di antaranya.

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo dengan Keindahan Kolam Alaminya

Pengunjung Air Terjun Kedung Pedut tidak hanya disuguhkan dengan keindahan derasnya air yang jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter. Akan tetapi juga akan disambut dengan adanya kolam alami yang begitu indah dengan kesegaran airnya yang mengundang siapa saja untuk berenang.

Kolam alami yang ada di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo ini adalah sebuah cekungan yang kedalamannya kurang lebih sedada orang dewasa. Kolam alami ini adalah spot bermain air yang paling menyenangkan. Jika tidak ingin berenang, tak ada salahnya berfoto saja dengan latar keindahan kolam alaminya yang bewarna hijau tosca nampak begitu jernih. Rasakan sensasi bermain air di waterpark alami dengan melompat dari tumpukan batu-batu ataupun jembatan bambu.

Keindahan Air Terjun Dua Warna

Bukan hanya keindahan kolam alaminya, Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo memiliki panorama air terjun dua warna. Panorama air terjun dua warna ini adalah warna putih jernih yang asalnya dari kejernihan air terjun dan warna hijau tosca kebiruan di kolam alami. Warna hijau ini kemungkinan lantaran dipengaruhi oleh pelarutan batuan dasar sungainya.

Kejernihan di air terjun maupun kolam alami menandakan kalau keadaan alam di sekitar Air Terjun Kedung Pedut masih terjaga dengan baik. Keindahan air terjun dua warna ini juga bisa disaksikan dari gardu pandang. Menikmati keindahan pemandangan Air Terjun Kedung Pedut dari ketinggian tentu jadi kegiatan yang tidak kalah serunya.

Fasilitas Penunjang yang Ada di Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo punya beberapa fasilitas penunjang seperti kursi-kursi yang dapat jadi tempat istirahat setelah bermain air di kolam alaminya. Kemudian juga ada banyak tempat sampah. Sehingga para pengunjung diharapkan betul untuk membuang sampah pada tempatnya. Supaya kebersihan area air terjun dapat terjaga dengan baik. Ada juga fasilitas berupa toilet hingga pancuran buatan dari Bambu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut Sangat Murah

Tidak perlu khawatir kalau soal biaya. Air Terjun Kedung Pedut adalah pilihan wisata alam di Yogyakarta yang tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Untuk tiket masuknya hanya Rp3.000 saja. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, Anda bisa menikmati keindahan air terjun dua warna, kolam alaminya, dan semua hal menarik di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo.

Jangan lupa sediakan biaya parkir kendaraan juga. Apabila membawa motor, sediakan biaya parkir cukup Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000 saja.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut ada di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Rute perjalanan menuju ke sana bisa dilalui mulai dari Jalan Goden, kemudian Perempatan Nanggulan, berlanjut ke Pasar Kenteng, terus Kecamatan Girimulya, lalu lewat Pasar Jonggaran, menuju ke Pertigaan Gua Kiskendo. Setelah itu belok kiri menuju Pertigaan Grojokan Mudal, belok kiri ke Pertigaan Kembang Soka dan belok kiri kembali.

Setelah bertemu dengan Air Terjun Kembang Soka, di pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka ambil kiri dan sampai di Air Terjun Kedung Pedut. Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai di air terjun. Sepanjang perjalanan masuk, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang hijau di kanan dan kiri jalur tracking.

Transportasi yang paling mudah untuk menuju ke Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo adalah dengan menggunakan motor. Nah, soal motor sewa saja pada kami, Jogja Rental Motor. Berbagai merek unit motor yang kami sediakan selalu dalam kondisi prima. Soalnya, motor-motor kami selalu diservis secara berkala. Coba saja…