Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul memiliki destinasi wisata alam yang indah, asri, dan tenang karena jauh dari keriuhan kota. Pesona batuan yang tersusun rapi dengan air terjun yang berjajar dapat Anda saksikan di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta.

Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam yang eksotik dengan hijaunya pepohonan, susunan batuan, dan air yang mengalir deras menuruni tebing. Untuk menuju ke air terjun dari tempat parkir, Anda dapat menyusuri jalan setapak atau menyeberangi Sungai Oya dengan rakit. Jika berjalan kaki, Anda memerlukan waktu antara 20 hingga 45 menit untuk sampai ke lokasi.

Air Terjun Sri Gethuk yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta dikelilingi oleh tebing setinggi kira-kira 50 meter. Keberadaan hamparan sawah dan Sungai Oya di sekitarnya memberi nuansa yang berbeda bagi pengunjung. Air terjun tersebut mempunyai tiga mata air yang keluar dari dalam tanah, yaitu mata air Ngandong, Ngumbul, dan Dong Poh. Air dari mata air mengaliri tebing dan masuk ke dalam aliran Sungai Oya. Sehingga, meski tidak sedang musim hujan air sungai tidak pernah surut.

Keseruan Bermain di Air terjun Sri Gethuk

Gemericik air terjun tentu saja mampu membuat Anda tergoda untuk menceburkan diri ke dalam air. Usai bermain air dan berenang-renang, Anda dapat mencicipi kuliner lokal di warung-warung makan yang beroperasi di sekitar tempat wisata. Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta memiliki gua bernama Gua Rancang Kencono yang dapat dimasuki oleh pengunjung. Lokasi tersebut merupakan salah satu spot foto yang disukai oleh wisatawan.

Air Terjun Sri Gethuk yogyakarta

Selain keelokan panorama alamnya, Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul juga menyimpan mitos menarik yang berkembang di masyarakat. Konon, kawasan air terjun merupakan tempat bangsa jin berkumpul yang dipimpin oleh jin Anggo Menduro. Dari cerita yang beredar, raja jin ini menyukai gamelan, sehingga di lokasi air terjun kadang terdengar bunyi alat musik gamelan yang ditabuh namun tidak diketahui sumbernya.

Benar atau tidaknya, cerita tersebut merupakan bagian dari kearifan lokal yang harus dihormati. Sebagai pengunjung, Anda harus menjaga kesopanan terhadap alam dan masyarakat sekitar agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Tak hanya air terjun dan gua, rakit juga menjadi spot foto yang menarik untuk wisatawan. Tidak ketinggalan pemandangan tebing karst dan daerah aliran sungai yang dapat Anda saksikan ketika berada di atas rakit atau perahu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta sangat murah, hanya Rp7.000 per orang. Jika ingin mengambil paket wisata lengkap dengan rakit, sewa pelampung, dan pemandu Anda akan dikenakan tarif Rp30.000 per orang.

Pengelola juga menyediakan pelampung yang bisa disewa dengan tarif Rp2.000 per orang. Selain mandi air terjun, berfoto, dan mengagumi keindahan alam, Anda dapat menyusuri kawasan wisata dengan menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp10.000 per orang.

Lokasi dan Rute Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dengan kendaraan pribadi dari Yogyakarta, Anda bisa mengakses lokasi melalui rute jalan Wonosari menuju Pathuk. Sesampai di Pathuk, jalan lurus hingga menemukan pertigaan Gading, kemudian belok kanan sampai ke Playen.

Dari Playen arahkan kendaraan menuju kecamatan Palihan dan Anda akan menjumpai pertigaan, ambillah arah kanan. Dari sini lurus terus sampai menemukan papan petunjuk ke lokasi. Dari papan petunjuk, Anda masih harus berkendara sejauh 7 km sampai ke Air Terjun Sri Gethuk.

Selain rute di atas, Anda dapat mengambil jalur alternatif dari Imogiri Barat ke Panggang, kemudian ke Palihan, Playen, diteruskan ke Bleberan.

Dari Desa Bleberan, Anda harus memasuki Dusun Menggoran di mana objek wisata air terjun berada. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati hutan kayu putih milik Perhutani dengan medan yang sudah rata hingga berbatu. Sampai di Menggoran, Anda akan melakui hutan jati hingga are pemancingan sebagai tempat perhentian atau parkir sebelum ke Sri Gethuk.

Anda dapat menggunakan jasa sewa kendaraan untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta, jika tidak membawa kendaraan pribadi. Dengan mengendarai kendaraan sendiri, perjalanan Anda lebih cepat, nyaman, dan menyenangkan. Hubungi kami di Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan terbaik dengan harga bersaing.