Liburan merupakan waktu yang tepat untuk menuangkan waktu sepenuhnya untuk bercengkrama bersama keluarga. Ada sebuah tempat wisata yang menyajikan area persawahan paling unik, karena di tengah-tengahnya ada komplek candi yang berdiri kokoh. Objek tersebut bernama Candi Banyunibo Jogja, yang berada di kawasan Kecamatan Prambanan. Mengunjungi objek yang satu ini pastilah tidak hanya menjadi menyenangkan tetapi juga edukatif, apalagi bagi anak-anak.

Candi Banyunibo Jogja namanya diambil dari bahasa Jawa, dari dua kata, yaitu banyu dan nibo, maknanya air dan jatuh. Jika disambungkan berarti air yang jatuh. Tidak saja namanya yang menarik, candi yang telah berdiri semenjak abad ke-9 ini ternyata menyiapkan berbagai kegiatan menyenangkan untuk mengisi liburan keluarga Anda. apa saja itu? Berikut ulasannya.

Kembali Merasakan Aroma Sejuk Pedesaan Yang Asri di Candi Banyunibo Jogja

Tidak dapat dimungkiri, udara kota memang penuh polusi dan panas. Dengan mengunjungi Candi Banyunibo, Anda akan menemukan aroma yang berbeda. Sebab di objek ini, Anda akan menemukan aroma sejuk pedesaan yang asri. Yap, bangunan Candi Buddha ini memang unik karena berada tepat di area persawahan, bahkan dulunya candi ini ditemukan oleh salah satu petani, loh. Apalagi jika masa panen, Anda akan disapa ramah oleh para petani, bebek-bebek, dan burung-burung.

Berfoto Dengan Bangunan Candi dan Alam yang Cantik

Keunikan candi yang terletak di tengah area persawahan ini memang sangat pantas untuk diabadikan lewat lensa kamera. Suasana alam yang indah, serta candi yang cantik akan membuat para fotografer profesional maupun amatir jatuh cinta. Apalagi, berbagai relief menakjubkan di setiap sisi candi, benar-benar pesona yang tak bisa dilihat begitu saja.

 Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Candi Banyunibo

Menginginkan liburan keluarga dengan bujet yang minim? Candi Banyunibo  jawaban tepatnya. Sebab objek wisata sejarah ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang berpuluh-puluh ribu. Cukup dengan membayar Rp5.000 saja per orang, Anda dapat sepuasnya menghabiskan waktu bersama keluarga di candi ini. Harga tiket tersebut untuk semua kalangan usia, temasuk wisatawan asing juga.

Mengunjungi objek wisata Jogja ini Anda dapat memilih hari kapan saja. Sebab tempat ini dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional tetap buka. Anda cukup mengingat bahwa jam buka lokasi dimulai pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.  Walaupun objek wisata ini berad di tengah area persawahan, bukan berarti fasilitas di tempat ini sangat minim. Fasilitasnya cukup lengkap, seperti toulet, papan informasi, tempat duduk, dan area parkir luas.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Banyunibo

Mengunjungi Candi Banyunibo dari jantung kota Jogja tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil, maupun bus menuju lokasinya yang berada di Dusun Cepit, di Kelurahan Bokoharjo. Lokasi masih dalam Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bahkan lokasi candi ini tidaklah jauh  hanya 2 kilometer arah barat dari komplek Candi Ratu Boko.

Rute menuju lokasi sangatlah mudah. Perjalanan diawali dari pusat Yogyakarta, kemudian arahkan kendaraan menuju rute Candi Prambanan. Rute ini akan melewati Jalan menuju Solo. Sesampainya di Pasar Prambanan, akan ada persimpangan jalan. Beloklah ke arah kanan. Dari sini, akan sangat mudah menemukan papan petujuk arah menuju Candi Banyunibo.

Jika Anda termasuk bagbacker dan suka menggunakan bus, Anda juga dapat mengunakan bustrans Jogja. Gunakanlah bus dengan koridor bernomor 1A ataupun 1B yang akan membawa Anda menuju Halte Prambanan. Setelah sampai di halte ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan jasa taksi maupun ojek online hingga ke tujuan.

Sudah mulai mendiskusikan mengenai liburan di Candi Banyunibo Jogja bersama keluarga? Liburan kali ini memang perlu rencana, agar berjalan dengan lancar. Anda juga tidak perlu bingung jika belum memiliki kendaraan pribadi untuk sampai ke objek wisata tersebut. Kami siap membantu Anda dengan baik. Sudah tersedia kendaraan sewa untuk Anda berlibur bersama keluarga dengan keadaan prima dan harga terjangkau. Cukup menghubungi kami di Jogja Rental Motor. Kami akan segera merespon dengan cepat.