Candi Barong Jogja merupakan candi agama Hindu yang ada di Kota Pelajar. Mengujungi candi ini, Anda akan melihat bangunan yang sangat kokoh walaupun sudah berdiri sejak abad ke 10. Candi tersebut juga merupakan saksi kejayaan priode Mataram, tepatnya saat Kerajaan Medang berdiri. Candi tersebut ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda pada tahun 1913. Pada saat ditemukan candi ini dalam keadaan runtuh. Selanjutnya pemugaran candi dimulai pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1992.

Mengulas Berbagai Sisi Candi Barong Jogja

Tentu saja, setiap candi memiliki keinstimewaannya masing-masing, termasuk Candi Barong Jogja. Apa saja keistimewaannya, berikut ulasannya.

Candi Barong Jogja

Di setiap Sisi Candi Terdapat Hiasaan Kala

Di setiap sisi candi Anda akan menemukan adanya arca kala, yaitu patung yang menyerupai singa atau lebih sering disebut barong. Karena hal tersebutlah, candi ini dikenal dengan Candi Barong. Patung singa tersebut merupakan patung penjaga candi.

Terdapat Dua Buah Candi Pemujaan

Diperkirakaan candi ini merupakan candi yang diperuntukan untuk meminta kesuburan. Anda akan melihat tiga teras candi dan dua buah candi. Kedua candi memiliki ketinggian yang sama, namun untuk luasnya berbeda. Kedua candi tersebut dipercaya merupakan andi pemujaan untuk Dewa Wisnu, dan satu candi lain merupakan pemujaan untuk Dewi Sri.

Dikelilingi Perbukitan yang Menawan

Selain bangunan candi yang cantik, ternyata disempurnakan lagi oleh pemandangan yang super cantik. Karena candi ini dikelilingi perbukitan, sehingga membuat pengujung betah berlama-lama.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Candi Barong

Mengunjungi candi cantik yang dikelilingi bukit ini, Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk alias gratis. Namun, Anda harus membayar parkir kendaraan senilai Rp5.000 saja. Untuk jam buka wisata populer di Jogja satu ini dimulai pada pukul 06.00 sampai 17.00. Anda dapat datang kapan saja, sebab Candi Barong dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, dan hari libur tetap buka.

Candi Barong Jogja

Fasilitas pendukung yang ada di Candi Barong masih sangat minim. Walaupun area parkir luas, namun untuk toilet maupun tempat ibadah tidak ada. Anda dapat meminta izin masyarakat setempat untuk memperbolehkan ke toilet ataupun beribadah di rumahnya. Untuk menemukan warung makan, Anda harus keluar komplek candi. Akan ditemukan warung makan di sekitar rumah penduduk.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Barong

Lokasi Candi Barong tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Berada di Dusun Candisari yang masuk wilayah Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil, atau bus. Jarak yang harus Anda tempuh jika perjalanan dimulai dari  Malioboro adalah 19,6 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 50 menit saja.

Rute menuju objek wisata menarik ini cukuplah mudah. Berikut rute lengkap untuk sampai ke lokasi Candi Barong. Berawal dari Jalan Malioboro, Anda harus mengarahkan kendaraan ke arah selatan menuju Jalan Dagen. Kemudian, arahkan ke kiri menuju Jalan Suryatmajan, lalu belok ke kiri lagi ke Jalan Mataram. Setelah itu, akan ada persimpangan lagi, kali ini belok ke kanan ke Jalan Mas Suharto Jambu.

Lanjutkan perjalanan hingga menemukan kelokan lagi ke Jalan Tukangan, arahkan kedaraan menuju Jalan Krasak Timur. Di jalan tersebut, ambillah jalur sebelah kanan dan tetap di jalan tersebut hingga menemukan pesimpangan dan beloklah ke kiri ke Jalan Dr Wahidin Sudihusodo. Lanjut menuju Jalan Kusbinis, lalu arahkan kendaraan ke Jalan Langensari dan perjalanlah lurus terus hingga melewati Jalan Munggur. Kemudian belok kanan ke Jalan Laksda Adisucipto. Sekarang Anda akan sampai ke Jalur Raya Solo-Yogyakarta. Sesampainya di Jalan Prambanan, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju lokasi wisata.

Perjalanan yang kurang dari satu jam dari pusat Yogyakarta, pastilah membuat Anda tertarik berlibur ke Candi Barong Jogja. Agar perjalanan lebih nyaman, gunakanlah kendaraan pribadi. Namun, jika Anda membutuhkan kendaraan sewa di Jogja. Tidak perlu bingung dan khawatir, kami sudah menyiapkan kendaraan terbaik untuk Anda. Jogja Rental Motor menyediakan layanan sewa motor di Jogja. Selain banyak pilihan armada, semua unit kendaraan dipastikan dalam kondisi prima karena selalu diservis secara berkala.