Destinasi wisata candi sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tak mengherankan, karena itu dipicu karena banyaknya candi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah yang paling banyak memiliki situs sejarah berupa candi adalah Yogyakarta dan kota di sekitarnya. Magelang, sebuah kota kecil yang berdekatan dengan Yogyakarta tak luput dari wisata candi. Candi yang paling terkenal di Indonesia ada di Magelang, yaitu Candi Borobudur Magelang.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Yogyakarta, banyak orang yang salah kaprah menyebut wilayah Candi Borobudur itu di Yogyakarta. Namun sebenarnya, wilayah tempat Candi Borobudur berada ada di kota Magelang. Seperti apa sih Candi Borobudur itu? Simak ulasan berikut.

Candi Borobudur Magelang Termasuk dari 10 Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang berbentuk stupa yang megah. Candi ini disinyalir merupakan warisan dari peradaban kuno pada masa Wangsa Syailendra pada abad ke-8 Masehi. Bangunannya yang terbuat dari batu ini cukup unik. Karena konon katanya, Candi yang terbuat dari batu tersebut hanya direkatkan antara satu batu dengan batu lainnya dengan menggunakan bagian telur putih.

Candi Borobudur Magelang

Tak roboh ataupun rusak karena tergerus oleh zaman, bebatuan Candi Borobudur Magelang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan megah. Tak heran jika karena kemegahannya, Candi Borobudur ditetapkan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan dunia. Karena saking terkenalnya, banyak pengunjung yang setiap hari berdatangan untuk menyaksikan sendiri warisan dari peradaban kuno itu. Baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hunting Foto di Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur Magelang

Menikmati keindahan alam dari atas Candi Borobudur tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Momen yang jarang ini tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, pengunjung banyak yang mengabadikan keindahan tersebut dengan berfoto. Kegiatan hunting foto juga salah satu dari sekian pilihan yang paling banyak dilakukan. Latar belakang candi Buddha terbesar di dunia tentu harus diabadikan, bukan?

Melihat Sunset dan Menguji Kemampuan Bahasa Inggris

Selain hunting foto, kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Candi Borobudur Magelang adalah melihat sunset dan sunrise. Akan sangat menakjubkan saat melihat cahaya orange dari matahari yang terbenam dari bangunan kuno ini. Wisatawan juga banyak yang menunggu momen ini untuk menikmati keindahan panorama alam saat menjelang malam.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu kata pepatah yang cocok untuk menggambarkan situasi saat berwisata di Candi Borobudur. Pasalnya, pengunjung tak hanya berwisata saja, tetapi juga bisa mengetes kemampuan berbahasa Inggris lho. Di Candi Borobudur banyak wisatawan mancanegara yang singgah dan berwisata. Kesempatan ini tentu bisa pengunjung gunakan untuk mengobrol dan menguji kemampuan bahasa Inggris langsung dari native speaker.

Menaiki Gajah untuk Berkeliling Candi Borobudur

Kawasan Candi Borobudur yang cukup luas membuat pengunjung yang ingin mengelilingi destinasi wisata ini akan capek jika hanya berjalan kaki. Nah, banyak nih pilihan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi Candi Borobudur. Di antaranya menaiki kereta mini, andong dan gajah. Bagi pengunjung yang tak pernah menaiki gajah tentu ini merupakan kesempatan yang langka. Apalagi ditambah dengan berkeliling kawasan Candi Borobudur. Tentu akan mengasikkan, bukan?

Lokasi dan Rute Menuju Candi Borobudur

Bagi Anda yang tak sabar untuk berkunjung ke destinasi candi terbesar di Indonesia ini langsung saja menuju ke lokasinya berada. Lokasinya ada di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang. Jadi, jangan salah tujuan ke Yogyakarta, ya.

Rutenya, Anda bisa menuju ke utara dari pusat kota Yogyakarta dengan mengikuti rute menuju ke Jalan Magelang. Lanjut saja hingga ke Sleman. Dari Sleman, Anda bisa menuju Tempel-Salam sampai dengan Muntilan. Dari Muntilan, lanjutkan perjalan sampai pertigaan dan bereloklah ke kanan sampai menjumpai Palbapang. Dari Palbapang, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Mendut hingga sampai ke kawasan Candi Borobudur.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasioal Candi Borobudur

Wisatawan lokal dikenakan biaya Rp30.000/orang dan anak-anak di bawah 6 tahun seharga Rp12.000/anak. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebanyak 20 USD. Jam operasionalnya dimulai pukul 06.00-17.00 setiap hari.

Memang harga tiket masuk ke Candi Borobudur Magelang cukup mahal. Namun, itu akan terbayarkan dengan keindahan dan kemegahan Candi Buddha terbesar di dunia ini. Bagi Anda yang ingin menaiki kendaraan motor ke Candi Borobudur ini, kami punya penawaran menarik untuk Anda. Sewa saja motor di Jogja Rental Motor dan dapatkan pelayanan dan penawaran menariknya. Selamat berwisata!