Salah satu yang menjadi saksi bisu dan warisan kejayaan peradaban masa lalu adalah bangunan-bangunan kuno. Salah satu bangunan kuno yang saat ini masih eksis dan berubah menjadi tempat wisata di antaranya adalah candi. Daerah Istimewa Yogyakarta pun tak luput akan warisan candinya yang beragam seperti wisata Candi Gebang Sleman. Seperti apa sih kemegahan peradaban masa lalu yang direpresentasikan oleh Candi Gebang? Yuk, simak ulasan ini.

Menelusuri Jejak Sejarah Candi Gebang Sleman

 

Candi Gebang merupakan candi yang tak sengaja ditemukan oleh penduduk setempat saat ia sedang menggali tanah. Ia menemukan patung Ganesha. Dan pada tahun 1936 itulah menjadi awal mula penggalian dan penemuan Candi Gebang. Setelah diteliti, diperkirakan bahwa Candi Gebang dibangun pada tahun 730-800 Masehi oleh Dinasti Sanjaya. Kejadian yang tak terduga tersebut menjadi awal mula tempat wisata bersejarah di Yogyakarta. Cukup menarik, bukan?

Hunting Foto Di Candi Gebang

Saat berkunjung ke sebuah tempat wisata, tentu kegiatan wajib yang harus dilakukan adalah hunting foto. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kini semakin pesat, kegiatan hunting foto dan membagikannya ke media sosial sudah seperti sebuah kebutuhan tersendiri. Kebutuhan yang apalagi tak dipenuhi akan terasa ada yang kurang. Nah, di Candi Gebang, Anda juga bisa melakukan hunting foto, lho.

Candi Gebang SlemanHunting foto harus dilakukan dengan memilih beberapa spot foto yang sekiranya cukup mengesankan untuk dijadikan latar belakang. Salah satu pilihannya adalah dengan berfoto dengan latar belakang Candi Gebang dan Patung Ganesha serta spot lainnya. Destinasi wisata Candi Gebang Sleman ini juga cukup bersih. Sehingga bisa membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keunikan dari Candi Gebang itu sendiri. Untuk tempat berfoto pun pantas.

Ukuran Candi Gebang yang relatif kecil, yaitu sekitar 5.25  x 5.25 meter lebar dan tinggi sekitar 8 meter, membuatnya tidak bisa dimasuki. Untuk memasuki biliknya harus melewati sebuah tangga yang sudah disiapkan oleh pihak setempat. Ada juga sebuah ruangan sebagai tempat lingga dan yoni. Latar belakang foto dengan menampilkan Candi merupakan suatu bukti bahwa Anda pernah berwisata di sana Jadi, jangan lupa untuk hunting foto, ya.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Gebang

Candi yang kalah tenar dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur ini memang masih terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Desa Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman. Lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat Kota Yogya membuatnya cukup mudah untuk diakses. Hanya sekitar 11 kilometer saja. Namun, letaknya yang cukup tersembunyi membuatnya tak terlalu mudah untuk ditemukan.

Rutenya, Anda bisa mulai dari Ringroad Condongcatur kemudian berbelok ke arah untuk menuju ke rumah sakit JIH. Dari rumah sakit JIH, teruskan perjalanan sampai dengan pasar Condongcatur yang berada di sebelah kiri jalan. Nah, di pasar Condongcatur inilah ada sebuah papan petunjuk untuk menuju ke Candi Gebang. Ikuti saja papan petunjuk jalan tersebut untuk sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Di Candi Gebang

Harga tiket masuk ke Candi Gebang Sleman ini cukup murah. Karena tidak terlalu terkenal dan lebih kecil dibandingkan dengan Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.000 saja untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak hanya dikenakan biaya sebesar Rp1.000 saja. Sangat murah, bukan?

Jam operasional Candi Gebang mulai dari 08.00-17.00 di hari Senin-Sabtu. Fasilitas yang ada di Candi Gebang cukup minim sekali. Tapi, bagi Anda yang ingin menginap di sekitar Candi Gebang, sudah ada beberapa tempat penginapan yang bisa dipesan. Seperti hotel dan perumahan. Di luar kawasan Candi Gebang juga ada tempat ibadah, restoran dan ATM yang tersedia.

Sekadar saran saja untuk Anda yang ingin berkunjung ke Candi Gebang Sleman, lebih baik menyiapkan beberapa perlengkapan agar nanti tidak kesulitan saat sudah di lokasi. Bawalah bekal untuk makan dan minum serta pakaian kelengkapan ibadah. Satu lagi, karena lokasinya yang cukup tersembunyi ada baiknya Anda menggunakan jasa rental motor kami di Jogja Rental Motor. Ada penawaran dan paket menarik, lho. Cukup sekian review-nya dan selalu hati-hati dalam perjalanan, ya.