Semua orang Indonesia yang pernah menyenyam bangku pendidikan mestinya tak asing dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Sebuah candi bernama Candi Prambanan yang mendapatkan gelar sebagai salah satu warisan dunia di tahun 1991 menurut UNESCO. Ingin tahu lebih banyak tentang wisata Candi Prambanan Sleman? Simak ulasan berikut.

Mengenal Legenda Seribu Candi Warisan Dunia di Candi Prambanan Sleman

Salah satu yang menjadi daya tarik terbesar untuk mengunjungi Candi Prambanan adalah karena adanya legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang sangat terkenal itu. Nah, pengunjung kebanyakan akan penasaran dan langsung menuju ke wisata Candi Prambanan untuk memastikan kebenaran legenda tersebut. karena di wilayah Candi Prambanan juga terdapat patung yang konon katanya merupakan Roro Jonggrang yang sudah menjadi batu.

Candi Prambanan Sleman

Gimana sih cerita legendanya? Bagi yang belum pernah mendengar legenda mengani Roro Jonggrang, ada baiknya simak ulasan ini. Roro Jonggrang merupakan seorang putri yang sangat cantik dari seorang Raja Prabu Boko. Kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Boko suatu hari diserang oleh Bandung Bondowoso dan akhirnya Bandung pun menang. Prabu Boko meninggal dalam perang itu dan kerajaannya jatuh ke tangan Bandung.

Karena kecantikannya, Roro Jonggrang pun membuat Bandung Bondowoso ingin menikahinya. Namun, karena Bandung sudah mengalahkan ayahnya, Roro Jonggrang yang menyimpan kebencian terhadapnya, enggan untuk diperistri. Salah satu cara untuk menggagalkan keinginan Bandung Bondowoso, Roro pun meminta syarat untuk dibuatkan seribu candi hanya dalam satu malam.

Karena kesaktiannya, Bandung pun membangun candi dalam semalam dengan bantuan para jin. Hingga membuat 999 candi. Namun, karena ulah Roro Jonggrang yang memukul lumbung padi, membuat ayam berkokok dan jin pun berlalu pergi karena mengira hari sudah pagi. Dengan kegagalannya yang diakibatkan oleh kecurangan Roro Jonggrang, Bandung pun marah besar dan ia mengutuk Roro menjadi candi yang ke-1000.

Memang, inilah legenda yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa. Patung jelmaan Roro Jonggrang hingga saat ini pun menjadi pusat perhatian dari para pengunjung Candi Prambanan Sleman.

Hunting Foto Di Candi Prambanan Sleman

Selain menjadi tempat bersejarah dan wisata, Candi Prambanan juga sangat cocok untuk melakukan hunting foto. Bahkan, ada banyak artis dan film yang pernah syuting di kawasan Candi Prambanan ini lho. Menarik, bukan?

Candi Prambanan Sleman

Foto dengan latar belakang candi dan relief-reliefnya yang unik tentu akan memiliki sense yang berbeda. Banyak spot foto yang bisa diambil di Candi Prambanan ini. Di antaranya adalah candi-candi utama yang konon katanya diperuntukkan untuk dewa tertinggi oleh umat Hindu. Di antaranya seperti Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Brahma, Candi  Dewa Wisnu dan masih banyak lagi. Selain candi utama, pengunjung juga bisa menjadikan candi-candi pendukung dan candi yang lebih kecil lainnya untuk dijadikan spot latar belakang foto.

Lokasi dan Rute Candi Prambanan Sleman

Banyak yang mengira bahwa Candi Prambanan berada di kota Yogyakarta. Memang benar bahwa candi ini berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, untuk letak kotanya, yang lebih tepat adalah di Kabupaten Sleman yang masih berada di kawasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lebih tepatnya, Candi Prambanan berada di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Untuk yang ingin ke wisata ini, pengunjung bisa memakai kendaraan pribadi maupun umum. Untuk Anda yang turun di Stasiun Tugu, ada baiknya langsung menuju ke Halte Bus di Malioboro. Kemudian ambil rute A1 TransJogja untuk menuju ke wisata Candi Prambanan. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Sedangkan Anda yang dari Solo, bisa mengambil rute jalan Solo-Klaten untuk sampai ke Candi Prambanan. Yang dari kawasan pusat kota Yogya, Malioboro, langsung saja mengikuti rute Malioboro ke Jl. Solo kemudian meneruskan perjalanan menuju gapura perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dari sana, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 500 meter lagi untuk kemudian sampai melewati pertigaan lampu merah dan memasuki kawasan Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Candi Prambanan

Untuk pengunjung lokal, hanya dikenakan biaya tiket masuk untuk anak, Rp20.000, dewasa Rp40.000. Untuk turis asing, anak-anak Rp195.000, dewasa Rp325.000.

Fasilitas yang ada di Candi Prambanan Sleman cukup memadai. Seperti museum tentang candi Prambanan, tempat ibadah, toilet, tour guide, parkir dan warung makan di sekitar candi.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai wisata Candi Prambanan Sleman yang kaya akan sejarah dan cerita menakjubkan. Jika menginginkan kendaraan yang baik dan prima, kami menawarkan jasa rental motor di Jogja Rental Motor yang terjamin pelayanannya. Jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kolega di rumah, ya!