Berlibur di Jogja, Anda tidak hanya akan disuguhi kecantikan alam serta kelezatan kuliner khasnya. Lebih dari itu di Jogja ada banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya dan patut untuk dilihat dan dipelajari. Candi Ratu Boko Jogja adalah salah satu yang paling ternama sebagai objek wisata candi yang tidak hanya menyerot perhatian wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan asing.

Candi seluas 25 hektar ini masih masuk ke Kecamatan Prambanan. Jadi sayang sekali jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan dan tidak menyempatkan waktu barang setengah hari untuk menikmati candi yang unik. Sebab candi ini ternyata tidak sama dengan kebanyakan candi di Jogja yang merupakan situs agama. Sebaliknya candi ini merupakan situs komplek profan. Pastilah, Anda penasaran dengan keistimewaan candi yang satu ini bukan?

Melihat Sisa-Sisa Kejayaan Masa Wangsa Sailendra di Candi Ratu Boko Jogja

Melihat bangunan candi yang luas ini, Anda akan terkagum-kagum dengan bangunannya. Sepeti yang sudah dikatakan tadi, candi ini bukan situs agama, lebih tepatnya adalah komplek profan. Sehingga, candi tampak seperti keraton. Anda akan menemukan tempat tinggal, kolam pemandian, bangunan candi juga dikelilingi pagar pelindung, serta gerbang masuk yang gagah.

Tetapi, candi yang dibangun abad ke 8 oleh Rakai Panangkaran pada masa kejayaan wangsa Sailendra ini masih penuh misteri. Apakah, benar dulunya candi ini merupakan istana atau bukan?

Menikmati Udara yang Sejuk

Candi Ratu Boko Jogja

Udara di perkotaan memang tidak lepas dari polusi. Letak candi berada di dataran tinggi, sekitar 196 m ketinggiannya. Hal tersebut tentu akan menghadirkan udara yang bersih dan segar, udara dingin pun akan membuat tubuh kita sedikit merinding. Oleh karena itu, lebih baik untuk menggunakan jaket tebal.

Menunggu Sunset Tiba Sambil Memotret Keindahan

Berada di atas puncak bukit yang landai, tentu saja Anda akan menemukan spot foto yang super keren. Di antara bangunan candi yang begitu megah dan pemandangan alam khas pedesaan akan membuat latar belakang fotomu begitu menakjubkan. Apalagi, jika Anda berkesempatan untuk melihat sunset yang datang. Pastilah panorama yang tidak akan dilewatkan oleh mata dan jempretan kamera akan ditemui seketika.

Candi Ratu Boko Jogja

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Candi Ratu Boko Jogja

Tidak perlu merogoh saku terlalu dalam, sebab harga tiket masuknya sangat bersahabat. Bagi Anda wisatawan lokal, cukup dengan membayar Rp25.000 per orang bagi orang dewasa, sedangkan bagi anak-anak harga tiketnya lebih murah yaitu Rp12.000 saja. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket USD 13 baik dewasa maupun anak-anak. Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, namun untuk sekarang ini, harga tiket tersebut masih berlaku.

Jam buka Candi Ratu Boko pada pagi sampai sore hari, yaitu pukul 06.00 sampai 17.00. Menyenangkannya lagi, objek wisata sejarah ini dibuka setiap hari. Candi menarik ini juga didukung dengan berbagai fasilitas umum. Dari mulai toilet, tempat parkir, rumah makan, penginapan, juga area cemping.

Lokasi dan Rute menuju Candi Ratu Boko Jogja

Tidak heran jika kawasan objek wisata Candi Ratu Boko Jogja ramai dikunjungi. Soalnya, lokasi wisata ini tidak hanya dekat dengan komplek objek wisata yang sangat terkenal yaitu Candi Prambanan, berjarak 3 kilometer saja. Akan tetapi, lokasi tersebut juga sangat dekat dengan jantung kota Yogyakarta. Jarak yang perlu ditempuh hanya 18 kilometer dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobil, motor, maupun bus. Lokasi Candi Ratu Boko berada di Dusun Bokoharjo. Sebuah dusun yang masih masuk Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute menuju Candi Ratu Boko Jogja sangatlah mudah. Cukup dengan mengikuti arah jalur ke arah Solo sampai Prambanan. Kemudian sesampainya di Pasar Prambanan, akan ada persimpangan jalan. Arahkan kendaraan ke kanan. Lanjutkan perjalanan sekitar 3 kilometer lagi, melewati pemandangan alam khas perbukitan yang memanjakan mata, hingga Anda akan sampai di Candi Ratu Boko.

Sudah mulai merencanakan untuk mengujungi Candi Ratu Boko Jogja? Yang paling penting rencanakan kendaraan yang akan digunakan. Jika Anda memutuhkan kendaraan sewa, cukup dengan menghubungi kami di Jogja Rental Motor. Kami menyediakan kendaraan dengan harga sewa yang bersahabat serta berbagai promo menarik tentunya.