Candi Sambisari Jogja merupakan candi peninggalan leluhur bangsa Indonesia yang bernilai tinggi. Mengajak keluarga ataupun sahabat untuk mengujungi lokasi candi ini tidak hanya menjadi ajang berlibur, namun juga mengenal lebih dekat kekayaan tanah air, yang pastinya akan menumbuhkan kebanggaan terhadap bangsa sendiri. Membanggakannya lagi, candi agama Hindu tersebut sudah berdiri sejak abad ke 9 masehi ketika pemerintahan Raja Rakai Garung. Sudah sangat tua sekali, namun bangunannya tetap kokoh.

Candi ini terkubur berabad-abad sampai akhirnya seorang petani tidak sengaja menemukannya pada tahun 1966. Temuan ini segera ditangani oleh Dinas Purbakala yang mulai mengerjakan pemugaran tahun 1986. Mereka mulai menggali candi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Kuno  tersebut yang terkubur tanah dengan kedalaman 6,5 meter.

Ada banyak keistimewaan dari Candi Sambisari Jogja yang pastinya akan membuat Anda memutuskan untuk datang ke objek wisata ini. Apa saja itu, berikut ulasannya.

 Belajar Sejarah Mengenai Kerajaan Mataram Kuno di Candi Sambisari Jogja

Candi Sambisari Jogja

Candi ini benar-benar menarik karena tetap kokoh walaupun berusia berabad-abad. Candi ini seakan-akan menceritakan pada Anda mengenai masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun Wangsa Sanjaya. Bangunan ini juga seakan mengatakan bahwa leluhur kita sangat hebat, dan kita patut bangga. Selain itu, rasa percaya diri pun akan tumbuh. Masa pada zaman dahulu saja sebelum teknologi berkembang, candi seindah indah sudah berdiri kokoh. Apalagi sekarang?

Merasakan Kesegaran Alam dan Berfoto

Area persawahan begitu memikat mata ketika berada di area objek wisata ini. Angin semilir dan juga udara yang segar pastinya akan membangkitkan semangat. Pastinya, liburan tanpa berfoto tidak lengkap rasanya. Selain alamnya yang indah, bangunan candi dan patung, arca, lingga dan yoni, berbagai peninggalan lainnya juga perlu diabadikan.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Candi Sambisari

Anda pasti akan terkejut dengan harga tiket Candi Sambisari, benar-benar tidak sehamal harga tiket Candi Prambanan apalagi Candi Borobodur. Harga tiket Candi Sambisari Jogja sangat murah, Rp2.000 saja per orang, harga tersebut untuk wisatawan lokal maupun asing, baik anak-anak maupun dewasa. Sungguh harga tiket yang sangat murah untuk tempat seistimewa candi ini, bukan?

Candi Sambisari Jogja

Anda dapat memilih hari kapan saja, sebab objek wisata ini dibuka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu, dan juga hari libur nasional tetap buka. Sedangkan untuk jam buka dimulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB saja. Yap, wisatawan tidak bisa melihat senja maupun malam di lokasi ini, ya.

Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia di objek wisata ini. Sebab fasilitasnya cukup lengkap. Anda dapat menemukan toilet, tempat parkir, serta paling penting adalah warung makan untuk tempat mengisi perut maupun membeli minuman. Terdapat juga papan informasi yang memperlihatkan foto-foto pasca pengalian candi ini sebagai cara Anda mengetahui sejarahnya.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Sambisari

Berada di pusat Kota Yogyakarta, Anda sangatlah untuk sampai di Candi Sambisari. Hanya cukup berkendara dengan jarak tempuh sekitar 12 kilometer saja hingga sampai ke lokasi candi. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah mencapai ke lokasi candi yang berada di Dusun Sambisari. Dusun ini berada di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika Anda berada di Candi Prambanan dan selesai menikmati pesona candi tersebut, Anda cukup bergeser 5 kilometer hingga sampai di Candi Sambisari.

Rute menuju objek candi yang satu ini sangatlah mudah dan sederhana. Awali perjalanan dari pusat Yogyakarta, kemudian gunakan jalur menuju Solo. Setelah sampai di KM 10, Anda akan menemukan tanda jalan menuju Candi Sambisari. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, gunakanlah bus Yogyakarta-Solo dan turun di KM 10. Kemudian, lanjutkan perjalanan sepanjang 2 kilometer dengan berjalan kaki.

Sudah terbayang begitu menyenangkannya liburan di Candi Sambisari Jogja, bukan? Tidak ada salahnya, mulai mengajak teman-teman untuk merencanakan liburan Anda ke lokasi tersebut. Untuk kendaraan selama di Jogja, tidak perlu khawatir, kami sudah menyiapkan kendaraan terbaik untuk Anda dengan harga bersahabat. Untuk lebih lengkapnya, lihat stok armada dan kontak kami di Jogja Rental Motor.