Kisah cerita rakyat Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso memang lebih kental di objek wisata Candi Prambanan. Padahal, cerita tersebut seharusnya lebih terasa di lokasi Candi Sewu Klaten. Bisa dirasakan dari namanya bukan, sewu yang artinya seribu, persis seperti jumlah candi yang diinginkan oleh Roro Jongrang kepada Bandung Bondowoso. Walaupun sebenarnya, jumlah candi tersebut tidak sejumlah seribu. Namun, karena terlalu jumlah candi ratusan, masyakarakat Jawa menyebutnya seribu.

Jika dihitung jumlah candi di objek wisata ini adalah 249 candi saja. Temasuk ada patung Roro Jonggrang yang tegak berdiri. Tempat ini cukup misterius tetapi membuat penasaran, ya? Agar Anda tidak terlalu penasaran, berikut berbagai keistimewaan candi ini.

Menikmati Komplek Candi Sewu Klaten Yang Megah dan Artistik

Candi Sewu Klaten

Mungkin Anda terkagum-kagum bahkan terheran-heran memikirkan bagaimana orang-orang zaman dahulu dapat membuat candi secantik ini? Berdiri di atas tanah seluas 185×165 meter, bangunan candi ini memang sangat menakjubkan, mewah, serta artistik. Candi yang dibangun dengan batuan andesit ini masih kokoh berdiri, padahal sudah beratus-ratus tahun berdiri. Tepatnya Candi Sewu dibangun pada tahun 782 masehi dan selesai pada 792 masehi.

Melihat Patung Roro Jongrang yang Sangat Terkenal

Candi yang awalnya dikenal dengan nama Candi Manjusrighra ini memang sangat dekat kaitannya dengan cerita rakyat Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Pastilah Anda tahu kisah tragis cerita ini, bukan? Kisah tersebut terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Di tempat ini, Anda akan menemukan patung Roro Jongrang. Cukup membuat bergidik sih, tetapi juga membuat kita belajar mengenai menghargai. Karena keberadaan patung ini pula, Candi Sewu dikenal juga dengan sebutan Candi Roro Jonggrang.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Candi Sewu Klaten

Harga tiket Candi Sewu sangat murah, sebab sudah termasuk harga tiket Candi Pramabanan. Itu karena dua candi ini masih masuk dalam satu komplek. Harga tiketnya relatif murah, untuk anak-anak di bawah umur 6 tahun, dikenai biaya Rp12.500. Sedangkan harga tiket untuk orang dewasa Rp30.000 per orang. Untuk wisatawan asing, harga tiket hanya USD 18. Harga tiket akan lebih murah jika Anda membawa rombongan minimal 20 orang, ini khusus untuk pelajar dan mahasiswa, ya.

Candi Sewu Klaten

Hanya saja, untuk sampai ke Candi Sewu, Anda harus membayar Rp10.000 untuk naik kereta mini menuju candi tersebut. Candi ini dibuka setiap hari, dengan jam buka candi pukul 06.00 sampai 17.00. Fasilitas wisata ini sudah sangat lengkap. Terdapat fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang luas, tempat makan. Fasilitas pendukung seperti kereta mini dan pemandu wisata juga sudah tersedia. Pastinya Anda akan mendapatkan liburan paling menyenangkan dan sempurna, di sini, bukan?

Lokasi dan Rute Menuju Candi Sewu Klaten

Cukup dengan berkendara menempuh jarak 17 kilometer dari pusat Jogja, Anda sudah akan sampai di lokasi Candi Sewu. Candi ini tepat berada di Dukuh Bener. Sebuah dukuh di Desa Bugisan, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Rute menuju lokasi cukup mudah, dari pusat kota Jogja, Anda hanya perlu mengikuti jalur jalan menuju Solo dan mengikuti papan arah menuju Candi Sewu yang sudah tersedia. Anda akan sampai di Kecamatan Prambanan, kemudian sampai di Jalan Candi Sewu, dan sampailah ke tujuan.

Anda juga dapat menggunakan bus trans jogja koridor 1A atau 2A. Bus ini akan membawa Anda sampai di halte terakhir yaitu Halte Prambanan. Sampai sini, Anda dapat memilih berjalan kaki sepanjang 1,5 kilometer menuju candi, atau menggunakan jasa ojek online maupun taksi.

Menarik bukan mengungkap misteri dan keistimewaan dari Candi Sewu Klaten. Pastilah membuat Anda ingin langsung melihat bukti-bukti cerita rakyat Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso di candi ini. Untuk kendaraan menuju objek ini, Anda tidak perlu bingung karena kami akan membantu. Kami merupakan jasa sewa kendaraan di area Jogja yang terpercaya dengan respon cepat. Harga yang kami tawarkan juga sangat bersahabat dan tidak menguras kantong. Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung ketika membutuhkan kendaraan sewa, cukup hubungi kami di Jogja Rental Motor.