Wisata alam di Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya, terus berkembang dan terus jadi idola wisatawan. Kabupaten Kulon Progo pun beberapa tahun terakhir ini mulai menujukkan eksistensi wisata alamnya. Nah, salah satunya adalah Curug Grojokan Sewu Kulon Progo. Air terjun ini punya pesona begitu alami dan patut untuk dijadikan tujuan berlibur. Berbagai hal menarik yang dimiliki oleh air terjun ini adalah sebagai berikut.

Pemandangan Alam Hijau Sepanjang Perjalanan

Pengunjung Curug Grojokan Sewu Kulon Progo akan disambut pemandangan hijau yang indah dan asri sepanjang jalan dari tempat parkir kendaraan menuju ke curug. Jarak tempat parkir dengan curug kurang lebih adalah 200 meter yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Jangan khawatir berjalan kaki di sepanjang lintasan tracking menuju Curug Grojokan Sewu. Semuanya akan menyenangkan karena ada banyak pepohonan yang rindang di kanan dan kiri jalan. Ditambah lagi udara yang sejuk membuat rasa letih bisa berkurang.

Di sekitaran Curug Grojokan Sewu Kulon Progo terdapat banyak gazebo serta tempat duduk sederhana dari bambu. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai spot untuk menikmati keindahan alam hijau sekitar. Beristirahat sejenak dan menikmati keindahan alam yang hijau pasti jadi kegiatan yang seru.

Curug Grojokan Sewu Kulon Progo dengan Pesona Keindahan yang Alami

Setiba di curug, pengunjung bisa menyaksikan keindahan air terjun yang punya pesona memukau dengan nuansa alami yang tak bisa terlepas. Air terjun ini punya beberapa tingkatan. Mulai dari tingkatan dengan sudut 90 derajat, kemudian ada juga tingkatan yang bentuknya seperti perosotan. Pada bagian teratas air terjun ada sebuah kedung yang sering dipakai oleh para pengunjung untuk berenang.

Air yang ada di kedung bagian atas Curug Grojokan Sewu Kulon Progo ini sangat jernih dan segar. Jangan heran kalau pengunjungnya juga betah berlama-lama renang di kedung tersebut. Jangan lupa untuk tetap selalu berhati-hati jika bermain di bawah air terjun maupun di kedungnya. Mengingat air yang jatuh cukup deras dan juga kedungnya pun lumayan dalam. Ketinggian air terjun sendiri diperkirakan 7 meter.

Kegiatan Seru Lainnya dan Fasilitas Pendukung di Curug Grojokan Sewu Kulon Progo

Kalau tidak ingin bermain air di curug ataupun di kedungnya, masih ada kegiatan seru lainnya. Mulai dari sekedar duduk santai di gazebo ataupun kursi sederhana yang tak jauh dari curug sembari menyantap makanan. Didukung dengan suasana yang sejuk, kegiatan sederhana ini menjadi begitu seru.

Curug Grojokan Sewu Kulon Progo

Berfoto dengan latar air terjun Curug Grojokan Sewu Kulon Progo jangan sampai terlewatkan. Atau bisa juga di berfoto di sudut lainnya dari curug. Curug ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti Mushollah, sampai dengan kamar mandi.

Cocok Untuk yang Ingin Berwisata dengan Tenang

Curug Grojokan Sewu Kulon Progo

Kealamian Curug Grojokan Sewu Kulon Progo begitu terjaga. Lokasinya yang lumayan terpencil menjadikan tempat ini tidak terlalu banyak dikunjungi masyarakat. Sehingga cocok jadi tujuan wisata bagi yang mengharapkan suasana yang tenang, jauh dari keramaian, ingin melepaskan penat dan refleksi. Suasana yang begitu alami di tempat wisata alam yang satu ini sangat mendukung untuk memberikan ketenangan.

Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Perjalanan ke Curug Grojokan Sewu

Hanya cukup dengan membayar Rp3.000 sebagai tiket masuk, Anda sudah dapat menikmati keindahan Curug Grojokan Sewu Kulon Progo. Kalau soal lokasi, obyek wisata alam yang satu ini memang letaknya lumayan terpencil. Berada di Desa Beteng, Jatimulyo, Griyomulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, Curug Grojokan Sewu dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Setidaknya ada tiga rute perjalanan yang bisa dipilih untuk menuju ke Curug Grojokan Sewu. Pertama jika dimulai dari Yogyakarta, silahkan menuju ke Jalan Godean diteruskan ke Pasar Godean, lalu Gedongan, berlanjut ke Sungai Progo sampai dengan Kenteng dan menuju ke Jalan Goa Kiskendo. Kemudian rute kedua bisa dimulai dari Jalan Sentolo menuju Nanggulan, kemudian ke Kenteng untuk belok kiri menuju Jalan Goa Kiskendo.

Sedangkan satu rute lainnya adalah dari Magelang, lanjutkan perjalanan ke Kalibawang, kemudiaan Kenteng dan belok kanan menuju Jalan Goa Kiskendo. Transportasi paling mudah yang bisa digunakan untuk ke Curug Grojokan Sewu Kulon Progo adalah motor. Untuk itu, Jogja Rental Motor hadir memenuhi kebutuhan motor sewa. Ada banyak unit motor kami yang siap menemani perjalanan Anda keliling Jogja.