Masih berada di Kabupaten Bantul, Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta merupakan salah satu objek wisata khusus bagi para pemburu kerajinan tangan dari gerabah ataupun keramik. Kerajinan gerabah di Kasongan memang sudah terkenal sejak lama. Para penduduknya memiliki ketrampilan turun temurun dari generasi ke generasi dalam membuat kerajinan gerabah. Sehingga tidak mengherankan jika kerajinan buatan desa wisata ini sangat apik dan banyak digemari.

Mengenal Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta

Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta merupakan sentra kerajinan yang paling terkenal di Bangunjiwo. Sentra ini sekaligus menjadi aset berharga bagi kehidupan masyarakat di Bantul. Dengan tenaga pekerjanya yang mencapai ribuan orang sehingga mampu menghasilkan ratusan bahkan ribuan keramik dengan berbagai jenis, ukuran dan bentuk. Hal ini pun tidak terlepas dari gerakan 300 pengrajin yang membuat kerajinan gerabah kasongan mampu menembus pasar internasional.

Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta

Saat berkunjung ke desa wisata ini, Anda akan mendapati toko-toko berderet di sepanjang jalan. Wisatawan juga dapat melihat langsung workshop pembuatan keramik oleh para pengrajin. Untuk menarik minat wisatawan biasanya juga terdapat festival seni Kasongan yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Produk Unggulan dan Produk Lain Di Sentra Gerabah Kasongan

Beberapa produk unggulan yang merupakan hasil kerajinan gerabah kasongan diantaranya seperti pot atau vas bunga, patung loro blonyo, wuwung, air macur, guci dan lain sebagainya. Diantara beberapa produk tersebut dapat dikatakan guci yang paling diminati oleh para wisatawan. Varian dan ukuran guci yang bermacam-macam inilah yang menarik wisatawan untuk membelinya meski sekedar untuk koleksi saja.

Guci-guci yang ditawarkan di Sentra Gerabah Kasongan ini berupa guci klasik maupun guci dengan sentuhan mewah, kontemporer dan glamour. Meskipun sudah banyak perkembangan mode dan jenis guci, nyatanya guci klasik masih memiliki penggemar setinya sendiri.

Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta

Nah, produk lain yang tidak kalah bagus dari guci juga ada patung-patung jawa seperti patung semar, petruk, baong dan patung sepasang pengantik yang bernama loro blonyo. Di sentra ini juga menjual dan memproduksi wuwung. Wuwung merupakan sejenis genteng yang biasanya berada di bagian tertinggi sebuah atap rumah. Apabila dahulu wuwung hanya terbuat dari genteng biasa tanpa variasi, sekarang wuwung sudah menjelma menjadi sesuatu yang lebih cantik.

Harga dan Proses Pemasaran Produk Kerajinan Gerabah Kasongan

Berbagai macam produk keramik Kasongan dapat dibeli dengan harga yang bervariasi. Biasanya dibanderol dengan harga termurah sebesar Rp5.000 hingga jutaan rupiah. Hal itu disesuaikan dengan ukuran suatu produk keramik serta tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Khusus produk keramik berupa souvenir-souvenir berukuran kecil seperti asbak, wadah lilin, tempat pensil dibanderol dengan harga yang relatif murah. Berkisar antara Rp3.000 s/d Rp20.000 saja.

Sama halnya dengan souvenir keramik, guci keramik juga memiliki harga bervariasi. Biasanya berkisar antara Rp100.000 s/d Rp1.000.000. Dengan modal uang Rp300.000 s/d Rp500.000 ribu saja kita sudah bisa memilih dan mendapatkan berbagai macam jenis, corak warna guci yang kita suka.

Dari segi pemasarannya, Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta sudah mampu merambah pasar internasional baik di Asia, Eropa dan Amerika. Sehingga tidak mengherankan jika produk keramiknya seperti guci sudah dikenal oleh khalayak ramai.

Untuk cara pembeliannya, wisatawan bisa datang langsung ke toko atau membelinya secara online. Tetapi biasanya para pembeli lebih suka membeli dan datang langsung ke showroomnya. Dikarenakan di toko atau showroom tersebut terdapat sebuah ruang yag cukup luas da lengkap untuk mengikuti workshop pembuatan kerajinan gerabah.

Lokasi dan Akses Jalan Ke Desa Wisata Gerabah Kasongan

Desa Wisata Gerabah Kasongan ini berada di Jalan Raya Kasongan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Apabila ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 8-10 kilometer. Akses menuju desa wisata juga sudah mudah, dapat dilalui oleh beberapa kendaraan seperti motor, mobil dan bis. Namun meskipun begitu jalanan masih belum lebar sehingga Anda tetap harus berhati-hati saat melaluinya.

Terdapat dua rute alternatif menuju Desa Wisata Gerabah Kasongan. Pertama, melalui pojok benteng kulon. Kedua melewati balai Desa Bangunjiwo. Dan untuk mempermudah transportasi menuju Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta gunakanlah jasa rental motor di JRM. Kami menyediakan berbagai armada dengan surat-surat lengkap denga pelayanan ramah, aman, nyaman dan terpercaya.