Satu lagi objek wisata religi di Kabupaten Bantul yang sayang untuk dilewatkan. Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta merupakan sebuah gereja katolik Roma tertua yang ada di Kabupaten Bantul. Bangunan gereja dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar yang meliputi gereja, tempat parkir, pastoran, candi dan lain sebagainya. Bangunan gedungnya sengaja dibuat joglo khas orang jawa dengan altar yang dihiasi malaikat dan wayang kulit.

Sejarah Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta

Gereja Ganjuran dibangun di atas tanah pabrik gula milik warga Belanda bernama Joseph dan Julius Schmutzer. Pada tahun 1912 mereka mulai mendirikan sarana pendidikan tujuh sekolah untuk laki-laki dan sekolah perempuan. Tidak berhenti di situ Joseph dan Julius juga membangun sebuah rumah sakit bernama St Elisabeth Hospital di Ganjuran. Kemudian Mereka juga mendirikan Onder de Bogen di kota Yogyakarta yag saat ini berganti nama Rumah Sakit Panti Rapih.

Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta

Sementara itu ada Pr. van Driessch seorang Yesuit yang pernah mengajar di Kolese Xaverius mulai berkhotbah di Ganjuran dan mendirikan komunitas Katolik bertepatan pada tahun 1920. Dan sampai tahun 1922 setidaknya ada sebanyak 22 orang Katolik keturunan Jawa di sana. Barulah kemudian pada tanggal 16 April 1924 keluarga Schmutzers mendirikan gereja dan van Driessch sebagai pastor pertama.

Candi Hati Kudus Yesus di Gereja Ganjuran

Di area Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta juga terbangun sebuah candi yang diberi nama Candi Hati Kudus Yesus yang dibangun pada tahun 1927. Pembangunan candi dimaksudkan sebagai sebagai rasa syukur keluarga Schmutzer atas keberhasilan mereka dalam mengelola pabrik gula. Candi ini dihiasi relief bunga teratai dan sebuah relung patung yesus menggunakan adat Jawa.

Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta

Pada bagian halaman, wisatawan dapat berdoa dan mengikuti misa bulanan. Ada juga prosesi jalan salib yang akan diakhiri dengan berdoa di depan candi. Setelah prosesi ini wisataan juga diperbolehkan mengambil air suci yang mengalir di beberapa kran yang ada di sana.

Tips Berkunjung Ke Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran biasa dikunjungi oleh siapa pun meski tidak beragama katholik. Wisatawan diperbolehkan datang kapan saja baik untuk beribadah maupun  berwisata. Namun ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi saat berkunjung ke Gereja Ganjuran:

  • Berpakaian sopan.
  • Dilarang makan dan minum di gereja.
  • Ponsel harus didiamkan atau dimatikan saat beribadah.
  • Datang lebih awal saat prosesi misa bulanan untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman.
  • Pengunjung dilarang naik ke atas candi jika sedang ada misa di halaman candi.
  • Selama berada di kompleks gereja siapa pun wajib menjaga ketenangan, jadi tidak diperkenankan untuk bicara terlalu keras atau tertawa terlalu kencang.

Jadwal Misa Gereja Ganjuran

  • Misa Harian

Senin – Rabu pukul 05.30 WIB, bahasa Indonesia, bertempat di gereja.

Kamis – Sabtu pukul 05.30 WIB, bahasa Jawa, bertempat di gereja.

  • Misa Mingguan

Sabtu pukul 16.00 WIB, bahasa Jawa, bertempat di gereja.

Sabtu pukul 18.00 WIB, bahasa Indonesia, bertempat di gereja.

Minggu pukul 07.00 WIB, bahasa Jawa, bertempat di gereja.

Minggu pukul 16.00 WIB, bahasa Indonesia, bertempat di gereja.

  • Misa Bulanan

Tiap malam jumat pertama (kamis malam) pukul 19.00 WIB, menggunakan bahasa Jawa dengan iringan gamelan dan dilangsungkan di halaman candi.

  • Misa Prosesi Agung Sakramen Maha Kudus

Tiap minggu terakhir di bulan Juni, dilangsungkan pukul 07.00 WIB menggunakan bahasa Jawa dengan iringan gamelan dan dilangsungkan di halaman candi.

Lokasi dan Akses Menuju Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata juga sudah bagus dan mudah karena sudah beraspal. Sehingga dapat dilewati oleh berbagai kendaraan roda dua seperti motor dan sepeda, maupun roda empat seperti mobil dan bus.

Terdapat dua rute agar bisa sampai di Gereja Ganjuran. Pertama, melewati Jalan Bantul dan yang kedua melalui Jalan Parangtritis. Apabila Anda menggunakan rute pertama, dari arah Yogyakarta sebaiknya Anda menuju Jalan Bantul. Setelah melewati Bantul kemuadian menuju Bambanglipuro  ke arah Pertigaan Ganjuran lalu belok kiri. Sementara itu jika Anda menggunakan rute kedua, arahkan kendaraan menuju Jalan Parangtritis lalu menuju Pertigaan Ganjuran  terdapat plang RS St. Elizabeth Ganjuran dan belok kanan.

Demikian beberapa ulasan mengenai objek wisata religi di Gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta. Bagi Anda yang berkeinginan mengunjungi gereja tetapi tidak membawa motor, tidak usah khawatir. Karena Jogja Rental Motor telah siap melayani sewa motor. Surat-surat kami lengkap dan sudah dipercaya banyak pelanggan untuk transportasi liburan mereka.