Setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan wisatanya dan kekhasan makanannya. Hal terseut juga berlaku di kota gudek Yogyakarta. Keunikan wisatanya sudah diakui oleh masyarakat Indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya. Selain wisata pantainya yang elok, budayanya yang kental, dan kulinernya yang khas. Jogja juga menawarkan wisata alam yang menarik untuk di kunjungi, salah satunya yaitu Goa Pindul Yogyakarta.

Ulas Tuntas Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul sendiri terletak di Desa wisata Bejiharjo, Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karagmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai kesana, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Sejarah Goa Pindul Yogyakarta

Goa-Pindul-yogyakarta

Sejarah Goa Pindul bermula dari kisah perjalanan dua orang Abdi ndalem yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putrinya sendiri. Dalam perjalanannya, kedua Abdi tersebut merasa tidak tega dan urung untuk membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi ke arah Gunung Kidul.

Bayi itu terus saja menangis, kemudian kedua utusan itu memutuskan untuk memandikan sang bayi. Karena tidak ada air maka Abdi dalem tersebut menaiki sebuah bukit dan menginjak tanahnya, tanah itu pun runtuh dan membentuk sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, dan sang bayi pun dimandikan.

Ketika sedang dimandikan pipi sang bayi terbentur batu dalam gua tersebut. Karena peristiwa tersebut akhirnya gua itu dinamakan Goa Pindul yang berasal dari gabungan pipi dan terbentur dalam bahasa Jawanya “kebendul” menjadi goa pindul.

Sebelum menjadi objek wisata, Goa Pindul mulanya hanya digunakan oleh masyarakat sempat untuk aktivitas bersih-bersih seperti mandi dan mencuci. Hingga pada suatu ketika salah satu mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) menyadari potensi yang dimiliki oleh Goa Pindul. Dan kemudian menyarankan untuk menjadikan Goa Pindul sebagai objek wisata.

Keindahan Goa Pindul

Goa-Pindul-Yogyakarta

Keindahan dan keunikan wisata Goa Pindul Yogyakarta memang sudah tidak bisa diragukan lagi kerena tidak dimiliki oleh gua-gua lain pada umumnya. Goa Pindul khas akan mitos bebatuannya yang katanya dapat membuat awet muda. Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, dengan lebar sekitar 4 meter, ketinggian dinding gua diatas permukaan air mencapai 5 meter, dan kedalaman airnya sekitar 1-12 meter. Cukup menantang bukan?

Saat menyusuri gua harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai seperti ban dan pelampung. Hal ini untuk menjaga keselamatan wisatawan, sekaligus agar bisa melewati zona sempit yang terdapat di dalam gua.

Saat menyusuri gua Anda akan disuguhi keindahan ornamen batu stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding gua. Lalu sesampainya di tengah gua, Anda akan melewati zona sempit yang terhimpit oleh adanya batu stalagtit besar yang disebut ‘soko guru’. Soko guru sendiri berarti tiang penyangga bukit. Setelah melewati zona ini, kemudian Anda akan melewati zona kelelawar. Dan zona kelelawar ini digadang-gadang zona paling panjang di Goa Pindul.

Dan sebelum sampai finish, Anda akan melihat keindahan cahaya yang tampak dari atas gua yang berlubang. Cahaya indah itu dinamakan cahaya surga yang tersembunyi di Yogyakarta atau The Hidden Paradise Of Jogja.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Goa Pindul

Sesampainya di Goa Pindul, Anda dapat memilih beberapa paket yang telag disediakan oleh operator. Setiap operator yang berada di Goa Pindul akan menawarkan beberapa paket wisata dengan harga yang beraneka ragam. Seperti contohnya paket cave tubing Goa Pindul dengan harga Rp40.000,00-Rp35.000,00. Paket cave tubing Goa Gelatik, paket river tubing sungai oyo, paket kuliner dan lain-lain.

Untuk diketahui, setiap operator yang tersedia memiliki layanan paket berbeda-beda dengan fasilitas dan harga yang berbeda. Namun pada umumnya tiket masuk Goa Pindul yaitu Rp40.000,00 perorang. Jika ingin Anda ingin memilih paket wisata tersedia dari harga Rp100.000,00-Rp1.200.00,00 sesuai dengan operator dan paket yang Anda gunakan.

Fasilitas yang tersedia di Goa Pindul sudah cukup lengkap, seperti perlangkapan susur gua yang telah disediakan oleh setiap operator. Hanya saja di Goa Pindul ini belum menyediakan penginapan bagi Anda yang ingin menginap. Untuk penginapannya sendiri sedikit berada jauh dari lokasi Goa Pindul.

Nah, itulah beberapa informasi tentang tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta. Untuk mempermudah perjalanan Anda, manfaatkan saja jasa rental motor jogja di jogjarentalmotor.com. tidak perlu repot karena motor bisa diantar ke lokasi Anda di Jogja.