Gunungkidul memiliki beragam destinasi wisata yang mulai menjadi primadona di kalangan wisatawan. Mulai dari pantai, gua-gua alami, hingga berbagai museum sejarah. Salah satu tempat tujuan wisata baru yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul yaitu Green Village Gedangsari Yogyakarta.

Desa wisata Gedangsari berada di kawasan Mertelu, Gedangsari. Daya tarik wisata di tempat ini adalah panorama yang indah dari puncak bukit. Dari lokasi Anda dapat menikmati indahnya Yogyakarta dan Klaten dari ketinggian.

Pesona Keindahan Green Village Gedangsari Yogyakarta

Tak jauh berbeda dengan Puncak Suroloyo di Kulonprogo, Green Village Gedangsari Yogyakarta menawarkan indahnya pemandangan alam dari puncak bukit. Tidak perlu mendaki, Anda hanya perlu melewati jalan setapak dengan tangga yang menanjak melingkari bukit. Sepanjang perjalanan Anda dapat melihat keindahan bukit kapur, hutan, dan area persawahan.

Green Village Gedangsari Yogyakarta

Bukit-bukit di kawasan Gedangsari akan terlihat menghijau ketika awal musim hujan. Untuk bersantai dan menikmati panorama tersedia beberapa gazebo yang dapat digunakan.

Green Village Gedangsari Gunungkidul memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Warna keemasan yang menerpa perbukitan hijau membuat pengunjung terpesona melihat keindahannya. Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa bersantai dan bercengkerama dengan teman atau keluarga. Jangan lupa berfoto menantikan detik-detik matahari kembali ke peraduan.

Puncak Green Village Gedangsari Yogyakarta berada di kawasan yang tinggi, sehingga cuacanya cukup sejuk. Banyaknya pepohonan rindang yang berada di sana juga membuat udara menjadi segar. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Gedangsari. Seperti berswafoto sepanjang perjalanan naik ke puncak atau memotret indahnya hamparan sawah dan perbukitan yang tampak dari atas.

Untuk mengunjungi Gedangsari disarankan memakai pakaian dan sepatu yang nyaman serta jaket karena cuaca di atas bukit lumayan dingin. Bawalah bekal terutama air minum untuk memenuhi kebutuhan energi dan menghindari dehidrasi. Anda dapat membeli makanan dan minuman di area parkir untuk dinikmati di puncak.

Flying Fox Terpanjang di Asia Tenggara

Selain menikmati keindahan lukisan alam berfoto, ternyata Green Village Gedangsari Yogyakarta memiliki wahana flying fox yang dapat digunakan oleh wisatawan. Flying fox Gedangsari berada di ketinggian dengan panjang mencapai 625 meter. Dengan lintasan sepanjang ini, flying fox Gedangsari dinobatkan sebagai salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara. Sensasi meluncur dengan kecepatan 80 kilometer per jam di atas perbukitan membuat adrenalin Anda akan terpacu.

Green Village Gedangsari Yogyakarta

Wahana flying fox yang diresmikan pada Agustus 2017 oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X tersebut menggunakan teknologi Prancis dengan tali lintasan yang didapatkan dari Inggris. Titik permulaan meluncur berada di puncak sementara akhir lintasan berada di sebelah timur Green Village. Ketika berada di lintasan, Anda bisa melihat secara langsung wilayah Klaten, Jawa Tengah di sebelah utara Green Village dari ketinggian.

Wahana flying fox tak hanya menarik bagi wisatawan domestik, melainkan juga wisatawan mancanegara seperti Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Belanda, Australia, Tiongkok, dan Filipina.

Tarif sebesar Rp100.000 dikenakan bagi wisatawan domestik yang akan menaiki wahana tersebut. Sementara untuk turis asing pengelola mematok tarif Rp150.000. Mereka juga menyediakan layanan pembuatan video dengan biaya tambahan sebesar Rp50.000.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Green Village Gedangsari tidak dikenakan tiket ataupun retribusi, hanya perlu membayar parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Fasilitas dasar sudah tersedia di tempat wisata ini seperti toilet, gazebo, dan gardu pandang yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Green Village Gedangsari Yogyakarta dibuka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. Ketika liburan atau akhir pekan, biasanya jumlah pengunjung akan meningkat.

Rute Menuju Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari Yogyakarta berada Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Akses ke Gedangsari dapat dilakukan dari rute Solo maupun Yogyakarta. Jalur yang umumnya dilewati yaitu ke arah Sambipitu melalui Jalan Gading. Selain itu, bisa melewati Siyono, kemudian menuju ke Nglipar, dilanjutkan ke Gedangsari.

Anda bisa memanfaatkan jasa sewa kendaraan untuk sampai ke Green Village Gedangsari Yogyakarta. Dengan mengendarai kendaraan sendiri tentunya lebih mudah dan cepat sampai daripada menggunakan angkutan umum. Anda dapat menghubungi kami di Jogja Rental Motor untuk mendapatkan layanan sewa kendaraan dengan harga bersahabat.