Mengunjungi objek wisata alam seperti hutan, gunung, dan pantai tampaknya sudah sangat mainstream, ya. Sekali-kali cobalah untuk merasakan wisata alam yang berbeda seperti mengujungi gua. Di Yogyakarta, ada sebuah gua peninggalan sejarah yang masuk sebagai objek wisata populer bernama Gua Cerme Yogyakarta.  Gua ini memiliki keunikan, yaitu menemukan air terjun dan sungai di dalam gua. Itulah yang menjadi daya tarik wisata satu ini.

Uniknya lagi, untuk menyusuri sungai Gua Cerme Yogyakarta, Anda tidak perlu untuk menggunakan perahu karet atau ban karet, namun cukup dengan berjalan kaki. Inilah yang menjadi kegiatan paling seru dan menyenangkan. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan ringkasnya.

Berpetualang Menyusuri Gua Cerme Yogyakarta

Gua Cerme Yogyakarta

Ini memang tujuan utama mendatangi Gua Cerme, bukan? Menyusuri gua sepanjang 1,2 kilometer dengan berjalan kaki pastilah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Di dalam gua, selain berkas cahaya matahari, penerangan paling utama adalah senter. Pemandangan gua juga pastinya akan mempesona Anda. Selain itu, Anda juga akan menemui tempat-tempat yang dikeramatkan. Makanya, peran pemandu sangat penting untuk menerangkan berbagai hal tersebut.

Merasakan Air Terjun Grojogan Sewu

Menyusuri gua, Anda akan bertemu dengan air terjun di dalam gua, bernama Air Terjun Grojogan Sewu. Di tempat inilah spot foto favorit para pengunjung. Tentu saja, Anda tidak boleh melewatkannya. Apalagi, pencinta foto dan fotografer pastilah akan terpana melihat fenomena unik tersebut.

Menikmati Kebersamaan dengan Berkemah

Aktivitas paling ditunggu ketika berpetualang di alam adalah berkemah. Di kawasan ini memiliki area yang luas yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Makanya, datang ke tempat ini lebih baik ramai-ramai, baik bersama keluarga maupun teman-teman. Pastilah akan menciptakan keakraban yang tak tergantikan.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas Gua Cerme

Memasuki kawasan Gua Cerme Yogyakarta, Anda akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp3.000 untuk hari biasa, sedangkan untuk tahun baru dan lebaran, harga tiketnya naik sebesar Rp4.000. Kemudian, untuk melakukan kegiatan menyusuri gua, Anda akan dikenai biaya lagi Rp3.000 per orang.

Gua Cerme Yogyakarta

Tentu saja untuk menyusuri gua, diperlukan pemandu. Untuk menyewa jasa pemandu, Anda harus merogoh kocek senilai Rp50.000 jika membawa rombongan di bawah 14 orang. Namun, jika membawa rombongan lebih jumlah tersebut harga tiket per orangnya lebih murah, yaitu Rp10.000. Selain itu, ada tambahan lagi yaitu sewa helm dan senter Rp 10.000.

Untuk jam bukanya, dibuka setiap hari Senin sampai Minggu, pagi hari sampai sore hari, yaitu pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Nah, sedangkan untuk fasilitasnya disesuaikan dengan jasa yang digunakan untuk melakukan kegiatan menyusuri gua. Di gua ini juga memiliki fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir.

Lokasi dan Rute Menuju Gua Cerme

Gua Cerme secara administratif, berada di dua wilayah. Hal tersebut dikarenakan mulut gua berada di Kabupaten Bantul, sedangkan pintu keluar berada di Kabupaten Gunungkidul. Jadi alamatnya pun ada dua. Pertama berada di Kabupaten Bantul, tepanya berada di Susun Srunggo, Desa Selopomioro, Kecamatan Imogiri. Nah, alamat kedua yaitu Kabupaten Gunungkidul, di Desa Girintirto masuk Kecamatan Panggang.

Lokasi Gua Cerme tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya berjarak 22 kilometer saja ke arah selatan. Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan rute dimulai dari Terinal Giwangan, kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Imogiri Timur, selanjutnya ke Imogiri sampai ke Selopamioro, kemudian sampailah di Cerme. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum. Carilah angkutan umum dengan rute Jogja di Terminal Giwangan, kemudian sampailah di Imogiri dan lanjut ke Cerme.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai objek wisata Gua Cerme Yogyakarta. Semoga informasi tersebut membantu Anda. Yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi objek wisata gua satu ini adalah kendaraan yang digunakan. Sebab jalanan sedikit rusak dan menanjak, jadi perlu kendaraan prima. Tidak perlu khawatir, serahkan pada kami untuk menyiapkan kendaraan terbaik harga terjangkau. Kami merupakan sebuah rental di Jogja yang sudah bertahun-tahun berdiri. Untuk info lengkapnya, kunjungi website kami, Jogja Rental Motor.