Obyek wisata alam di Kulon Progo, Yogyakarta semakin kesini semakin menunjukkan popularitas yang tinggi saja. Salah satu tujuan wisata alam di daerah Kulon Progo yang memiliki pesona wisata menarik adalah Gua Kiskendo. Gua Kiskendo Kulon Progo menyimpan keindahan bawah tanah yang akan memberikan kesan bagi setiap pengunjung yang datang. Apalagi gua ini masih satu kawasan dengan Curug Grojogan Sewu. Untuk cari tahu lebih lengkap lagi tentang Gua Kiskendo, berikut ulasannya.

Gua Kiskendo Kulon Progo, Keindahan Bawah Tanahnya Mengagumkan

Keindahan utama dari Gua Kiskendo berasal dari tumbuhnya banyak stalakmit dan stalaktit di setiap sudut gua yang lengkap juga dengan bebatuan gua. Gua ini terletak di dalam kawasan perbukitan karang Menoreh. Dengan ketinggian datarannya kurang lebih 1200 mpl, panorama bawah tanah di Gua Kiskendo berpadu dengan suasana yang sejuk.

Gua Kiskendo Kulon Progo

Sudah ada beberapa lampu penerangan di dalam gua yang memberikan kecantikan tersendiri di dalam gua. Selain itu, kecantikan Gua Kiskendo Kulon Progo pun tidak terlepas dari jernihnya air sungai yang dangkal di dalam gua. Menariknya adalah, pengelola tempat wisata alam yang satu ini telah memperbaiki prasarana untuk dikunjungi para wisatawan. Seperti adanya jalur semen yang sengaja dibuat untuk memudahkan wisatawan untuk menyusuri kedalaman gua yang indah ini.

Gua ini punya rute susur gua sepanjang 1.5 kilometer. Jika ingin tahu lebih banyak keindahan bawah tanah di dalam Gua Kiskendo, silakan mencoba kegiatan susur gua. Akan tetapi harus menyewa perlengkapan untuk kegiatan tersebut.

Keindahan Tak Hanya di Dalam Gua, Tapi Juga di Luar Gua

Para pengunjung Gua Kiskendo Kulon Progo akan mendapatkan bonus panorama alam yang indah saat berkunjung ke sini. Jadi, tidak hanya keindahan bawah tanah saja. Sebelum memasuki gua ataupun setelah menikmati keindahan di dalam gua, di area luar pengunjung bisa menikmati asrinya pepohonan hijau dengan banyaknya spot berfoto yang Instagramable. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen saat di sini dalam jepretan kamera.

Jika beruntung, di luar area gua para pengunjung bisa menyaksikan seni pertunjukan sendratari yang membawa cerita pewayangan. Menyaksikan pertunjukan seni lengkap dengan suasana yang asri nan hijau dari pepohonan di sekitar pasti akan semakin memberikan kesan yang menyenangkan ketika berwisata ke Gua Kiskendo Kulon Progo ini.

Dikenal dengan Cerita Legendanya

Tersimpan cerita legenda di balik keindahan dari Gua Kiskendo. Gua ini dikisahkan dulunya adalah tempat tinggal Sugriwa serta jadi medan pertempuran antara Sugriwa dengan Subali. Masyarakat setempat menilai kalau Gua Kiskendo ini yang dikisahkan pada serat Ramayana.

Gua Kiskendo mempunyai setidaknya 15 ruangan dengan nama-nama dan cerita legenda yang berkembang. Cerita legenda dari gua ini pun tidak hanya ada di bagian dalam saja, melainkan juga di bagian mulut gua juga terdapat relief yang memiliki cerita pewayangan Ramayana.

Fasilitas Penunjang yang Ada di Gua Kiskendo Kulon Progo

Gua Kiskendo Kulon Progo

Gua Kiskendo Kulon Progo juga memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama. Beberapa fasilitas pendukung yang tersedia adalah joglo untuk beristirahat, ruang bermain, dan bumi perkemahan. Di lokasi ini pengunjung bisa piknik ataupun kemah. Tersedia pula gardu pandang untuk menikmati keindahan alam yang hijau dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Perjalanan ke Gua Kiskendo

Wisata alam di Kulon Progo memang memberikan kesan begitu bermakna namun dapat dinikmati dengan biaya yang sangat terjangkau. Termasuk dengan Gua Kiskendo ini yang hanya membanderol tiket masuk senilai Rp4.000 saja. Tentu tidak akan menguras dompet bukan?

Sementara itu kalau untuk lokasinya sendiri, Gua Kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Apabila berangkat dari pusat kota Yogyakarta, arahkan saja kendaraan ke barat laut untuk melewati daerah Godean serta Kenteng. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Minggir Kulon Progo.

Apabila naik kendaraan umum, pilihlah bus dan berhenti di Desa Niten daerah Girimulyo. Setelah itu naik ojek sekitar 8 kilometer untuk menuju ke Gua Kiskendo.

Nah, untuk lebih memudahkan perjalanan Anda ke Gua Kiskendo Kulon Progo, Anda bisa menyewa motor yang kami sediakan. Ada banyak armada dari berbagai merek ternama yang kami sediakan. Mulai dari Honda, Yamaha, Suzuki maupun yang lainnya. Cek langsung ke Jogja Rental Motor dan segera tentukan pilihan Anda.