Ketika Anda gelisah dan merasa lelah, biasanya mencoba melarikan diri dengan berwisata ke pantai, gunung, atau hutan. Namun kegelisahan itu tetap saja ada. Berarti tempat wisata tersebut bukanlah obatnya. Anda perlu ke sebuah tempat yang mendekatkan pada-Nya, Yang memiliki kita semua. Salah satu tempat yang menenanangkan dan mendamaikan hati di Yogyakarta, yaitu Gua Maria Sendangsono.

Di Gua Maria memang sangat ramai dikunjungi para peziarah, dari dalam maupun luar Yogyakarta ini, Anda akan melihat sebuah pohon besar. Pohon sono namanya yang merupakan asal muasal penamaan tempat ini. Nah, ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Gua Maria Sendangsono. Berikut ini ulasannya.

Mendamaikan dan Menenangkan hati dengan Berziarah dan Berdoa di Gua Maria Sendangsono

Ribuan umat dari seluruh Indonesia yang berziarah di gua ini akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti misa yang dilakukan di Kapel Utama, Kapel Bunda Maria, dan Kapel Para Rosul. Selain itu, para perziarah juga melakukan jalan salib sebagai bentuk perenungan penderitaan Yesus.

Selanjutnya, suasana yang hening dan sejuk, membuat doa di depan Gua Maria Sendangsono semakin khusuk. Anda pasti akan merasakan kedamaian yang benar-benar menenangkan hati.

Mengadakan Retreat

Jika Anda ingin mengadakan retreat, Anda dapat mengadakannya di Gua Maria Sendangsono. Anda dapat menginap di sebuah bangunan yang merupakan aula dan juga difungsikan sebagai penginapan.

Menikmati Keindahan Arsitektur

Gua Maria Sendangsono

Tempat ini tidak juga dibuka untuk umat beragama lain, lho. Suasana di sini memang benar-benar menenangkan. Selain itu bangunan arsitekturnya juga sangat cantik dan dekat dengan alam. Apakah Anda pernah mendengar nama Romo YB Mangunwijaya? Selain seorang sastrawan, beliau juga mendasari bangunan-bangunan di tempat ini.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Gua Sendangsono

Seperti tempat beribadatan yang lain, memasuki gua ini tidak dipungut harga tiket atau gratis. Anda dapat datang setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Gua Sendangsono ini dibuka 24 jam. Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, selain tempat beribadatan, ada juga tempat duduk, toilet, dan keran-keran untuk mengambil air suci.

Lokasi dan Rute Menuju Gua Sendangsono

Mencari objek wisata yang tidak jauh dari Malioboro? Memilih mengunjungi Gua Sendangsono memang pilihan tepat, sebab lokasinya hanya berjarak 31,2 kilometer saja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 12 menit menggunakan jalur Jalan Godean. Lokasi tempat berziarah ini berada di Dusun Semanggung. Sebuah dusun kecil di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibarang, masuk Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakata.

Pilihan kendaraan menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik bus, mobil, maupun motor. Selain itu Anda juga dapat menggunakan bus umum.

Rute menuju Gua Sendangsono sangat mudah diakses menggunakan Google Map, namun untuk lebih sederhananya, berikut ini penjabaran rute tersebut. Berangkat dari Jalan Malioboro, arahkan kendaraan menuju Jalan Dagen, lurus terus hingga sampai di Jalan Kemetiran Kidul. Kemudian belok ke kanan untuk menuju Jalan Letjen Suptapto.  Kurang dari setengah kilometer akan ada persimpangan, beloklah ke kiri sehingga Anda kan melalui Jalan Pembela Tanah Air.

Selanjutnya, akan ada persimpangan lagi, kali ini beloklah ke kanan ke Jalan HOS Cokroaminoto, dan berjalanlah sekitar satu kilometer, lalu belok kiri ke Jalan Kyai Mojo. Lurus terus sekitar 10 kilometer lebih melewati Jalan Godean, baru belok kanan ke Jalan Gedongan. Sekitar 1,5 kilometer beloklah ke kiri ke Jalan Daratan 3. Arahkan kendaran Anda ke Jalan Kebon Agung, lalu ke Jalan Raya Banjararum, lanjut ke Jalan Nanggulan Mendut dan Jalan Kepiton.  Dari sini akan ditemukan tanda petunjuk menuju lokasi Gua Maria Sendangsono.

Memilih Gua Maria Sendangsono untuk mengisi liburan Anda pastilah pilihan yang sangat tepat. Agar perjalanan aman dan nyaman, Anda harus memastikan kendaraan yang digunakan. Tidak perlu khawatir jika Anda memperlukan kendaraan sewa. Kami adalah jasa sewa motor di Jogja yang sudah sangat ternama. Kami sangat mementingkan kepercayaan penyewa dengan menjamin kendaraan yang disewakan dalam keadaan prima. Selain itu, harga sewa yang bersahabat juga merupakan nilai plus yang kami tawarkan. Segera hubungi kami di Jogja Rental Motor untuk info lengkapnya.