Gua Selarong Yogyakarta merupakan sebuah tempat bersejarah yang kental hubungannya dengan Pangeran Dipenegoro. Siapa yang tak kenal dengan pahlawan nasional yang satu ini? Beliau adalah seorang pangeran gagah berani yang menaiki kuda dan melawan penjajah. Lokasi gua ini berada di Yogyakarta, hanya butuh setengah jam dari pusat Jogja hingga sampai ke lokasi. Jadi, tidak ada salahnya mengujungi gua ini untuk lebih mengenal sosok pangeran mengagumkan ini dan perjuangannya.

Ada berbagai fakta menarik mengenai Gua Selarong Yogyakarta yang perlu Anda ketahui. Nah, berikut ini ulasan singkatnya untuk Anda.

Gua Selarong Yogyakarta  Sebagai Markas Para Gerilyawan

Gua Selarong Yogyakarta

Peran gua yang berada di Guwosari ini sebagai markas para gerilya yang dipimpin Pangeran Dipenegoro ketika melawan penjajah Belanda. Tepatnya pada tahun 1825 hingga 1830. Ketika  memasuki gua ini, Anda akan menemukan dua gua utama. Gua tersebut adalah gua kediaman Pangeran Dipenegoro yang dinamakan gua Kakung. Sedangkan gua lainnya bernama Gua Puteri yang merupakan kediaman Raden Ayu Ratnaningsih, seorang selir pangeran.

Menumbuhkan Cinta Tanah Air

Dengan mengujungi tempat bersejarah, secara tidak langsung Anda akan mengingat masa lalu para pejuang, seperti Pangeran Dipenegoro ketika melawan penjajah. Di gua ini, mereka bersembunyi, menyiapkan siasat, demi untuk memperjuangkan kemerdekaan. Nah, karena itulah tanpa sadar pula di dalam diri Anda akan muncul rasa cinta tanah air.

Suasana yang Sejuk, Nyaman, dan Tenang

Gua bersejarah ini  memang masih sepi pengunjung, sehingga tak heran Anda akan menemukan ketenangan dan kedamaian. Ditambah lagi suasana alamnya masih sangat asri membuat udaranya sangat sejuk dan bersih. Benar-benar akan menciptakan kenyamanan.

Gua Selarong Menjadi Tempat Betapa dan Berdoa

Aroma mistis memang terasa di lokasi ini, Anda akan menemukan dupa yang sudah terbakar. Gua ini memang sering digunakan untuk bertapa serta berdoa.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Gua Selarong

Gua Selarong Yogyakarta dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang suka mengujungi wisata murah. Sebab untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 saja, ditambah biaya parkir kendaraan Rp2.000. Jam bukanya dimulai pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Lebih baik datanglah pada siang hari, karena waktu terbaik berkunjung ke tempat ini mulai pukul 12.00 sampai 14.00 WIB.

Fasilitas yang ada di Gua Selarong masih minim. Hanya ada fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan warung makan.

Lokasi dan Rute Menuju Gua Selarong

Lokasi Gua Selarong sangat dekat dari pusat kota Yogyakarta, yaitu bertempat di Guwosari. Masuk kawasan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat tiga rute menuju lokasi tersebut dari Malioboro, yaitu lewat Jalan Bantul, atau Jalan Wetes, maupun Jalan Parangtritis. Dari ketiga rute tersebut, rute yang paling dekat adalah melewati Jalan Bantul, yaitu hanya menempuh jarak 12,5 kilometer saja. Dengan waktu tempuh 33 menit saja.

Gua Selarong Yogyakarta

Di kawasan Goa Selarong juga ada air terjun yang menambah kesejukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut rute menuju Gua Selarong melewati Jalan Bantul. Awali dari pusat kota, tepatnya dari Jalan Malioboro, kemudian arahkan ke selatan kendaraan Anda sehingga sampai di Jalan Dagen. Lurus terus sampai ke Jalan Margo Mulyo, baru kemudian belok ke kanan ke Jalan Raya Jogja atau disebut juga Jalan KH. Ahmad Dahlan. Kurang dari satu kilometer, Anda akan menemukan Viar Kharisma, dari sini beloklah ke kiri.

Jalankan kendaraan Anda lurus terus hingga sampai di Jalan Suryowijayan, baru belok ke kiri sehingga melewati Jalan Sugeng Jeroni, dan beloklah ke kanan ke Jalan Selarong. Satu kilometer kemudian, beloklah ke kiri, dan akan ditemukan papan petunjuk. Sebentar lagi Anda akan sampai di Jalan Gua Selarong dan sampailah di lokasi tujuan.

Mengunjungi Gua Selarong Yogyakarta pastilah menjadi liburan berbeda dari yang biasanya. Agar liburan semakin sempurna, kami sudah menyiapkan khusus untuk Anda kendaraan roda dua terbaik dengan berbagai merek. Anda dapat menyewanya dengan mudah dan cepat, yang terpenting harga yang kami tawarkan sangat bersahabat dan tidak menguras kantong. Untuk lebih jelas tentang pilihan armada, kelengkapan dan persyaratan, kunjungi laman kami di Jogja Rental Motor.