Sejak dulu daerah Gunung Kidul memang dikenal sebagai daerah yang menawarkan berbagai keindahan alam yang wajib untuk dijelajahi. Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya ternyata Gunung Kidul juga menawarkan keindahan gua-guanya, salah satu yang terkenal yaitu gua pindul. Namun sebenarnya terdapat wisata gua baru yaitu Gua Tanding Yogyakarta yang tidak kalah indahnya dari gua pindul.

Sejarak dan Keindahan Gua Tanding Yogyakarta

Gua-Tanding-yogyakarta

Objek wisata Gua Tanding Yogyakarta memang tergolong baru. Objek wisata ini baru dibuka sekitar bulan Juli 2016 lalu, baru sekitar 1 tahun 7 bulan. Keindahan Gua Tanding pun dapat diacungi jempol, meski tergolong wisata baru namun menawarkan panorama sungai bawah tanah yang tidak kalah bagusnya dibandingkan gua pindul. Meski lokasinya berdekatan dengan gua pindul, namun sayang pengunjungnya belum sebanyak gua pindul.

Sebenarnya Gua Tanding masih berada satu aliran sungai dengan Gua Pindul, akan tetapi Gua Pindul hanya bisa ditelusuri dengan menggunakan cuve tubing saja. Sementara di Gua Tanding bisa ditelusuri menggunakan perahu karet. Saat ini objek Gua Tanding Yogyakarta ini dikelola oleh Pokdarwis Sadamwisata.

Sejarah Gua Tanding

Gua Tanding ditemukan oleh seseorang bapak-bapak bernama Harjo Tanding saat sedang menggali sumur di rumahnya. Dapat dikatakan bahwa asal muasal nama Gua Tanding dinisbatkan kepada penemu gua tersebut yang bernama harjo tanding. Pada mulanya akses menuju Gua Tanding ini hanya bisa dilakukan melewati sumur Pak Harjo. Namun keadaan sumurnya yang gelap tanpa penerangan membuat aksesnya pun menjadi sulit.

Untuk menanggulanginya, maka diadakan beberapa penelitian untuk mengecek keamanan dan kedalaman Gua Tanding. Setelah dirasa aman dan tidak berbahaya dilakukan lagi penggalian dan jadilah obyek wisata baru bernama Gua Tanding ini.

Keindahan Gua Tanding yang Memikat

Gua-Tanding-yogyakarta

Gua Tanding memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gua pendahulunya. Gua ini juga menawarkan keindahan batu stalaktit dan stalakmit yang sebagian masih aktif. Batu tersebut akan memancarkan cahaya yang indah di dalam gua. Selain itu, Gua Tanding lebih luas dan besar dibandingkan Gua Pindul. Jika di gua pindul hanya bisa ditelusuri menggunakan cave tubing, di gua ini dapat beramai-rama menggunakan perahu karet.

Kedalaman air gua mencapai 4 meter dengan tinggi mencapai 5 meter-16 meter. Sementara lebarnya mencapai 4 meter-9 meter sesuai dengan kontur gua yang sangat bervariasi. Sedangkan jarak susur Gua Tanding mencapai panjang 460 meter.

Terapi Ikan di Air yang Jernih dan Mengalir

Selain menyusuri gua melihat keindahan batu dan sungai bawah tanahnya. Anda juga dapat merasakan terapi ikan di air yang mengalir, berbeda dari terapi ikan pada umumnya yang berada di kolam yang tenang. Letaknya sekitar 20 m dari pintu masuk gua, Anda pun dapat memanjakan diri dengan terapi ikan yang telah disediakan.

Di lokasi itu pun sudah disediakan tempat duduk dari bebatuan alami dan bambu agar wisatawan dapat bersantai saat sedang menikmati terapi ikan. Selain terapi ikan, di Gua Tanding juga menyediakan tempat outbound dan tempat wisata kuliner.

Lokasi dan Rute Menuju Gua Tanding

Objek Gua Tanding Yogyakarta berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat kota bejarak sekitar 45 km atau setara dengan 1 jam 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda ingin mengunjungi objek wisata ini Anda bisa melalui jalan Wonosari menuju Wiyoro. Dari Wiyoro kemudian menuju Piyungan, dari arah Piyungan arahkan kendaraan Anda menuju Patuk bukit bintang sampai perempatan Gcd lurus sampai ke Sambi Pitu kemudian ikuti rambu lalu lintas yang ada. Untuk mempermudah perjalanan Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi google maps di ponsel pintar Anda.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Gua Tanding

Setelah tiba di objek wisata Gua Tanding anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000. Dan apabila Anda ingin membeli tiket paket juga disediakan dengan harga sebesar Rp150.000-Rp350.000 perpaketnya.

Dengan paket seharga Rp150.000 tersebut Anda sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti penelusuran gua dengan perahu karet, pemandu, jaket pengaman, helm, sepatu karet, asuransi, terapi ikan, satu kali makan dan minum, toilet dan tempat ruang ganti. Cukup murah bukan?

Demikianlah info seputar objek wisata Gua Tanding Yogyakarta, semoga beberapa ulasan seputar wisata ini dapat membantu Anda menentukan lokasi yang tepat untuk liburan Anda. Jangan lupa untuk menyewa jasa rental motor jogja di Jogjarentalmotor.com. Selamat berlibur.