Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan lurus merupakan simbol cinta yang bermakna selamanya. Hal tersebutlah yang membuat hutan pinus sangat romantis. Di Yogyakarta banyak sekali wisata hutan pinus, salah satu yang paling populer adalah Hutan Pinus Mangunan. Di hutan ini ditumbuhi pinus berjenis markusi yang tampak sangat eksotis dan bagus untuk dijadikan latar belakang foto.

Tidak hanya itu, ada banyak lagi aktivitas yang sayang sekali jika dilewatkan ketika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Selain ke Kebun Buah Mangunan, ke hutan pinus ini pastinya semakin melengkapi wisata Anda. Inilah ulasannya.

Desain Panggung Terbuka Dengan Nilai Seni Tinggi di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Panggung terbuka inilah maskod dari Hutan Pinus Manggunan. Desainnya sangat unik dan bernilai seni tinggi. Tempat ini merupakan spot foto yang paling menarik dan tidak pernah dilewakan oleh pengujung. Selain itu ada beberapa gardu pandang yang juga menjadi favorit pengujung untuk berburu foto.

Suasana Sejuk dan Asri Begitu Menenangkan

Berada dekat dengan alam pastilah menghadirkan kenyamanan pada diri Anda. Udara yang sejuk, pohon-pohon pinus yang hijau, serta nyanyian burung-burung akan menciptakan ketenangan dalam jiwa. Seakan-seakan beban pekerjaan atau sekolah lenyap seketika. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kesegaran dari sumber air bengkungan yang berada di area wisata ini.

Tempat Favorit untuk Prewedding di Jogja

Dengan suasana romantis di Hutan Pinus Manggunan tidak salah jika banyak pasangan melakukan foto prewedding di sini. Jika Anda dan pasangan sedang mencari lokasi pemotretan? Hutan ini bisa menjadi pilihan tepat.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan

Dibandingkan dengan hutan pinus yang lain di Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan belum diberlakukan harga tiketnya. Termasuk harga tiket untuk mengambil foto, namun jika ingin melakukan shooting disarankan untuk meminta izin pihak pengelola. Walaupun, harga tiket belum diberlakukan, tetapi Anda harus membayar biaya parkir. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, biaya parkirnya sebesar Rp3.000, untuk mobil biaya parkirnya Rp10.000, sedangkan biaya parkir bus Rp20.000.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Manggunan dibuka setiap hari Senin sampai Minggu, jam buka dimulai pukul 06.00 sampai 17.30 WIB, waktu yang sangat pas untuk melihat matahari terbit dan tenggelam.  Ada berbagai fasilitas pendukung yang disediakan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan pengunjung, seperti toilet, jalur tracking, outbond, panggung pertunjukan, gardu pandang, mushola, dan area parkir yang sangat luas.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Kurang lebih satu jam saja berkendara dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan sampai di lokasi  Hutan Pinus Manggunan yang berada di Desa Mangunan, masuk Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa tersebut berjarak 22,5 kilometer  dari Malioboro. Untuk sampai ke lokasi wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Terdapat tiga rute menuju Hutan Pinus, namun yang paling dekat adalah menggunakan rute Jalan Imogiri Barat. Berikut ini penjelasan rute tersebut. Berangkat dari Jalan Malioboro, arahkan kendaraan ke selatan menuju Jalan Dagen. Tidak lama kemudian, Anda akan menemuka pesimpangan, belok ke kiri agar sampai di Jalan Suryatmajan. Lanjut belok ke kanan ke Jalan Mayor Suryotomo dan lurus terus hingga sampai di Jalan Brigadir Jendral Katamso. Belok kiri ke Jalan Brigjen Katamso.

Berkendaralah sepanjang 1,2 kilometer, kemudian belok ke arah kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono.  Setengah kilometer kemudian, belok ke Jalan Sisingamangaraja dan lurus terus hingga sampai di Jalan Imogiri Barat. Berkendaralah sepanjang 9,9 kilometer hingga menemukan persimpangan ke Jalan Bakulan Imogiri, lurus terus hingga Jalan Makam Raja. Kemudian belok ke kanan ke Jalan Manggunan, dan lurus hingga sampai di Jalan Hutan Pinus Nganjir. 800 meter lagi, Anda akan sampai di lokasi tujuan.

Hutan Pinus Mangunan pastilah jadi pilihan tepat mengisi liburan bersama sahabat ataupun keluarga selama di Yogyakarta. Nah, jika Anda sedang membutuhkan kendaraan sewa dengan harga sewa terjangkau namun tetap berkualitas, tidak perlu bingung lagi. Kami sudah menyiapkan kendaran tersebut untuk Anda. Sebagai jasa sewa motor yang sudah berkecimpung di dunia rental, kami sangat mementingkan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Nah, untuk informasi lebih detailnya, kunjungi saja laman kami, Jogja Rental Motor.