Yogyakarta sepertinya tak pernah puas untuk menunjukkan pesona alam dan wisatanya. Ada banyak wisata yang bisa Anda temukan di salah satu dari tiga daerah istimewa di Indonesia ini. Kaliurang misalnya. Kaliurang terkenal akan kawasan yang memiliki banyak destinasi tempat wisata yang bisa menjadi pilihan keluarga saat liburan tiba. Ada apa saja di Kawasan Wisata Kaliurang Jogja ini? Simak ulasan berikut, ya.

Menikmati Kawasan Wisata Kaliurang Jogja, Dari Bersepeda Hingga Makan-makan

Suasana khas pegunungan yang udaranya sejuk bisa Anda temukan di Kaliurang. Ini karena wilayahnya bertepatan di lereng Gunung Merapi. Tak heran jika udara di Kaliurang begitu sejuk, dingin dan segar. Saat memasuki kawasan Kaliurang, Anda akan menemukan patung udah yang lumayan besar. Itulah Kawasan Wisata Kaliurang Jogja.

kawasan wisata Kaliurang Jogja

Salah satu kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di kawasan Kaliurang adalah bersepeda. Ya, bersepeda mengelilingi wilayah Kaliurang yang alam dan udaranya begitu segar dan asri. Bersepeda juga banyak menjadi pilihan wisatawan yang datang ke Kaliurang, lho. Di sepanjang tempat yang Anda lewati dengan sepeda, ada banyak bunga kecubung yang bermekaran jika memang sudah musimnya.

Menikmati Indahnya Alam Kaliurang

Selain bersepeda, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dari atas gardu yang ada di Kaliurang ini. Pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana penampakan dari Gunung Merapi yang terkenal itu. Selain itu, pemandangan hamparan hijau pepohonan yang menyelimuti wilayah di sekitar Kaliurang juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen dengan berfoto juga, ya.

Berwisata Kuliner dan Budaya Di Kaliurang

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas asal daerah tersebut. Nah, di Kaliurang ini pengunjung bisa berwisata kuliner lho. Ada gudeg yang khas dengan Yogyakarta dan juga ada sate kelinci. Sate kelinci tentu tak banyak ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, di Kaliurang, Anda bisa mencicipi kelezatan daging kelinci yang bisa membuat perut kenyang dan lidah bergoyang.

Setelah berwisats kuliner, kini saatnya untuk melanjutkan perjalanan wisata dengan menyaksikan pentas budaya di Telaga Muncar. Ada pentas budaya yang diselenggarakan di wilayah telaga berwarna hijau ini pada saat hari libur berlangsung. Penasaran seperti apa pentas budaya yang ada di sana? Langsung saja berkunjung ke Kaliurang, ya.

Lokasi dan Rute Menuju Kaliurang

Untuk mengunjungi wilayah Kaliurang, Anda harus mengetahui terlebih dahulu lokasi di mana ia berada. Kaliurang Jogja berada di lereng Gunung Merapi. Di jl. Astorenggo, Hargo Binangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya kira-kira 25 kilometer saja.

kawasan wisata Kaliurang Jogja

Perjalanan menuju ke Kaliurang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari pusat kota Jogja, langsung saja menuju ke arah timur melewati Jl. Jendral Sudirman. Teruskan perjalanan Anda sampai ke Jl. Kp. Jogoyudan yang dari sana, ada sebuah apotek di kanan jalan. Belok saja ke kiri untuk menuju ke Jl. Cik Di Tiro sampai ke bundaran.

Jalan terus menuju ke Jalan Terban sampai ke Jalan Persatuan. Terus saja hingga nanti akan sampai ke Jalan Kaliurang. Ikuti jalan tersebut untuk menuju Jl. Atomulyo dan Jl. Pelajar lalu belok saja ke jalan Astorenggo. Dari jalan Astorenggo, sudah bisa Anda temui wilayah wisata Kaliurang beberapa meter dari sana.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Kaliurang Jogja

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Kaliurang Jogja, pengunjung hanya dikenakan biata sebesar Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Selain itu, ada juga tarif biaya parkir kendaraan. Untuk roda dua dikenakan Rp2.000 dan mobil biayanya Rp5.000 saja. Cukup murah, bukan?

Jam operasional wisata Kaliurang dibuka pukul 08.00 pagi sampai dengan 10.00 WIB saja. Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini sudah lumayan lengkap. Ada beberapa fasilitas seperti hutan rindang, pondok wisata, taman rekreasi, dan meeting room serta ruang seminar. Tempat penginapan pun tersedia banyak, ada hotel, villa, dan camping ground jika Anda ingin mendirikan sebuah perkemahan. Tempat ibadah dan warung makan juga tersedia.

Nah, cukup sekian ya ulasan tentang kawasan wisata Kaliurang Jogja yang cukup terkenal. Lebih baik siapkan kendaraan Anda dengan prima untuk menanjak di daerah tebing Gunung Merapi ini. Jika Anda tak memiliki kendaraan, kami menawarkan jasa rental motor di Jogja Rental Motor. Ada penawaran dan paket menarik lho.