Berwisata dengan keluarga memang menjadi kegiatan yang sangat seru ketika musim liburan. Tidak perlu bingung mencari tujuan wisata keluarga di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Kebun Binatang Gembira Loka adalah destinasi wisata yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Kebun Binatang Gembira Loka atau yang juga disebut dengan Gembira Loka Zoo alias GLZOO dijamin merupakan tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang tidak menguras kantong. Kalau biasanya berwisata bersama keluarga identik dengan biaya yang besar, untuk ke Gembira Loka, hal itu bisa ditekan.

Tentang Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun-Binatang-Gembira-Loka-sewa-motor-jogja-stasiun-tugu

Gembira Loka adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Yogyakarta. Jadi, akan sangat disayangkan jika Anda datang bersama keluarga ke Yogyakarta tetapi tidak berkunjung ke tempat wisata keluarga yang satu ini. Dalam sejarahnya tercatat bahwa museum ini tergolong musem tua di Yogyakarta yang bahkan tertua setelah Museum Sonobudoyo.

Ide pembangunan kebun binatang bermula dari Sri Sultan Hamengkubuwono VII di tahun 1933 silam. Kala itu beliau punya keinginan untuk memiliki tempat hiburan rakyat berupa kebun raya. Kemudian ide tersebut dibicarakan bersama arsitek dari Austria, Kohler. Beberapa tahun berikutnya gagasan itu terealisasi dan diteruskan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX kemudian meresmikan kebun binatang itu di tanggal 10 November 1953 yang berikutnya diurus oleh Yayasan Gembira Loka. Dari waktu ke waktu Kebun Binatang Gembira Loka mengalami beberapa peralihan pengelola. Kendati sempat mengalami pasang surut, namun Kebun Binatang Gembira Loka sampai dengan sekarang masih jadi salah satu destinasi wisata keluarga di Yogyakarta yang tinggi peminatnya.

Apa Saja yang Ada di Kebun Binatang Gembira Loka?

Kebun-Binatang-Gembira-Loka-sewa-motor-jogja-stasiun-lempuyangan

Terdapat banyak sekali koleksi satwa yang dirawat di Kebun Binatang Gembira Loka. Mulai dari satwa langka baik dalam kelompok mamalia, reptilia, amfibia, pisces sampai dengan aves yang ada di dalam kandang jeruji besi maupun kandang dengan pagar kayu. Kemudian ada juga koleksi binatang kering yang telah diawetkan yang ditempatkan pada sebuah ruangan layaknya museum.

Angka pengunjung yang tinggi menjadikan Kebun Binatang Gembira Loka pun mengalami pembaruan-pembaruan yang lebih menarik. Pada tahun 2007 telah dibangun laboratorium alam flora serta fauna untuk dijadikan sebagai moda pembelajaran bagi para pengunjung, terlebih bagi anak-anak dan pelajar.

Hal menarik berikutnya adalah tempat wisata keluarga di Yogyakarta ini juga dilengkapi dengan taman hijau yang sejuk untuk membuat anda bersama keluarga semakin nyaman berlama-lama disini. Sebagian tanaman di area hutan Kebun Binatang Gembira Loka sengaja tidak ditata untuk memberikan kesan suasana alam yang sejuk.

Bukan sekedar melihat-lihat aneka koleksi satwa saja hal menarik yang bisa Anda dan keluarga lakukan di Kebun Binatang Gembira Loka. Tempat wisata keluarga yang satu ini juga menyediakan beberapa wahana rekreasi untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung.

Beberapa wahana tersebut antaranya adalah naik gajah, naik unta, gua replika, perahu katamaran, bumber boat, ATV, transportasi keliling, skuter air, perahu kayuh, terapi ikan dan lain-lain. Masing-masing wahana tersebut memiliki harga tiket yang berbeda-beda. Namun tenang saja, rentang biaya antara Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 saja. Tentu bukan biaya yang terlalu mahal.

Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa menyaksikan atraksi hewan di tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang satu ini. Pertunjukan hewan sendiri tidak selalu ada setiap hari, namun dijadwalkan. Nah, menariknya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat menyaksikan pertunjukan aneka satwa di Kebun Binatang Gembira Loka.

Lokasi dan Akses

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta ini ada Kotagede, lebih tepatnya di Jalan Kebun Raya Nomor 2 Kotagede, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Kebun Binatang Gembira Loka hanya 6 kilometer saja yang dapat ditempuh dengan mudah menggunakan transportasi umum sekalipun. Atau jika Anda ingin lebih mudah, Anda bisa mengakses sewamotorjogja.id untuk menyewa motor dengan harga terjangkau disana.

Harga Tiket

Tidak mahal harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka, kerena memang ini merupakan destinasi wisata keluarga di Yogyakarta yang tak menguras kantong. Harga tiket masuk untuk hari biasa (Senin-Jumat) adalah Rp. 25.000 dan untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) termasuk hari libur nasional adalah Rp. 30.000 saja per orang. Tidak ada biaya tiket masuk bagi anak di bawah 3 tahun.

Demikian beberapa informasi penting tentang Kebun Binatang Gembira Loka, tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang hemat namun seru. Jika Anda ingin kesana dengan sepeda motor, maka jangan kemana-mana, gunakan saja jasa Jogja Rental Motor yang sudah terpercaya.