Siapa yang tidak suka memetik buah? Semua pasti suka. Apalagi jika buah yang dipetik dan masih segar itu dapat dimakan langsung di tempat. Aktivitas menyenangkan tersebut dapat Anda temukan ketika mengujungi Kebun Buah Manggunan. Sebuah objek wisata populer yang berada di selatan Yogyakarta tersebut tidak hanya menyenangkan, namun juga edukatif dan membangun karakter, lho.

Berdiri di lahan seluas 23,3415 hektar tersebut membuat kebun ini memiliki berbagai jenis pohon dan tanaman buah. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini informasi mengenai berbagai aktivitas seru di Kebun Buah Mangunan.

Belajar Tentang Tumbuhan dan Memetik Buah di Kebun Buah Mangunan

Di kebun ini seperti surganya buah. Bagi yang suka si raja buah, Anda dapat mengujungi kebun durian yang memiliki 1500 pohon durian. Tidak hanya datang, Anda juga dapat memakannya langsung. Terdapat juga kebun buah jambu air, jeruk, mangga, buah jambu, cempedak, dan masih banyak lagi. Ada juga buah-buah langka seperti matoa. Tidak hanya tanaman buah yang ada di kebun ini, ada juga berbagai jenis pohon seperti jati, pinus, magium, dan sebagainya.

Belajar Proses Pembibitan Sapi

Di kebun ini terdapat area pembibitan sapi, jadi Anda akan menemukan kandang berisi 40 ekor sapi unggulan. Selain itu, pengujung juga dapat belajar untuk proses pembuatan pupuk di sini, lho.

Berbagai Permainan Seru

Setelah kenyang makan buah, waktunya untuk bermain. Ada pemainan seru seperti outbond, flying fox, jembatan goyang, reflying yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, ada juga kolam renang untuk anak-anak.

Kebun Buah Mangunan

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan sangat murah sekali, yaitu hanya Rp5.000 per orang, baik anak-anak maupun dewasa. Anda juga tidak perlu membayar parkir, karena parkir kendaraan gratis. Objek wisata populer di Yogyakarta satu ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, setiap hari Senin sampai Minggu.

Kebun Buah Mangunan

Pemandangan dari kebun buah mangunan indah juga lho

Untuk memberikan kenyaman kepada pengunjung, pihak pengelola Kebun Buah Mangunan terus menambah fasilitas pendukung. Fasilitas umum seperti toilet, tempat makan, tempat parkir, penginapan, dan tempat ibadah tentu saja sudah tersedia. Tempat ini juga sudah menghadirkan fasilitas seperti outbond, jembatan goyang, flying fox, ruang pertemuan, kolam renang anak-anak, dan aneka tanaman buah dan hias yang dapat dibeli.

Terdapat juga fasilias yang sangat edukatif seperti lahan pembelajaran pembibitan tanaman, dan lahan embelajaran pembuatan pupuk.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Buah Manggunan

Kebun Buah Manggunan berada 22,1 km dari pusat Kota Yogyakarta, dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih satu jam. Lokasi tempat tersebut berada Puncak Kebun Buah Mangunan, di Jalan Imogiri-Dlingo, Tepat di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi tersebut sebenarnya ada tiga rute. Namun yang rute paling cepat dan dekat adalah rute berikut ini.

Berangkat dari Jalan Malioboro, arahkan kendaraan menuju selatan ke Jalan Dagen, kemudian belok ke Jalan Suryatmajan. Selanjutnya belok ke kanan ke Jalan Mayor Suryotomo, lurus terus hingga sampai ke Jalan Brigadir Jendral Katamso, nah baru belok ke kiri hingga melewati Jalan Brigen Katamso. Sekitar 1,2 kilometer perjalanan, akan ditemukan persimpangan, beloklah ke kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono. Setengah kilometer berikutnya, belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja.

Perhatikan kanan jalan jika Anda sudah melewati Indomaret Sisingamangaraja, beloklah ke kiri ke Jalan Bangkulan Imogiri. Lurus terus hingga sampai di Jalan Makam Raja. Satu kilometer berikutnya belok kanan ke Jalan Imogiri-Dlingo atau dikenal juga dengan Jalan Manggunan. Lurus terus sekitar 5,6 kilometer, Anda akan sampai di lokasi tujuan.

Demikian ulasan mengenai Kebun Buah Mangunan yang pastinya membuat Anda semakin penasaran untuk mengunjunginya. Jika selama berlibur di Yogyakarta, Anda membutuhkan kendaraan sewa. Kami siap membantu. Kami adalah jasa sewa motor yang selalu mengutamakan pelayanan terbaik pada pelangan. Kendaraan yang kami sewakan terjamin terbaik dengan harga yang tidak menguras kantong. Untuk info lebih lengkapnya, kunjungi laman Jogja Rental Motor.