Kerajinan perak memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia. Salah satunya yaitu untuk dekorasi rumah baik digunakan sebagai pajangan atau ornamen-ornamen dinding. Untuk mendapatkan kerajinan perak ini pun cukup mudah salah satunya bisa Anda dapatkan di Sentra Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta. Setelah puas menikmati objek wisata alamnya, Anda bisa menyempatkan diri berkunjung ke sentra kerajinan ini untuk membeli beberapa kerajinan perak sebagai oleh-oleh.

Kerajinan Perak Kotagede mucul sejak abad ke-16, sebelum abad ini masyarakat kotagede merupakan penghasil kerajinan imitasi. Kotagede sendiri merupakan sebuah wilayah yang berada disisi sebelah tenggara Yogyakarta. Sebelum memasuki wilayah ini terdapat sebuah gapura besar yang berisi ucapan selamat datang. Selain sebagai pusat kerajinan perak bangunan-bangunan klasik di wilayah ini pun menjadi ciri khas tersendiri bagi wisatawan.

Wisata Belanja Berbagai Macam Souvenir, Miniatur, dan Perhiasan di Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta

Sepanjang jalan utama Mondrokan sampai Jalan Tegal, Gendu banyak terdapat toko kerajinan tangan perak dan silver. Berbagai bentuk ukiran perak dapat ditemukan disini. Mulai dari jenis ukiran untuk perabotan rumah tangga, hiasan dinding, miniatur, ataupun perhiasan. Harga kerajinan perak pun bervariasi, mulai dari yang termurah Rp50.000 hingga jutaan rupiah. Biasanya tergantung tingkat kerumitan ukiran, bahan baku dan besar kecilnya barang.

Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta

Wisatawan juga dapat melihat langsung pengerjaan kerajinan perak dengan mendatangi rumah-rumah pengrajin di sepanjang Jalan Kemasan sampai Jalan Tegal, gendu. Ada beberapa  pengrajin yang memang sekaligus menyediakan showroom hasil kerajinannya. Dan ada juga yang hanya mengerjakan ukirannya saja. Lalu hasil ukirannya dijual ke toko atau showroom khusus kerajinan perak. Macam-macam produk kerajinan yang dihasilkan meliputi berbagai macam miniatur becar, mobil, andong; ada juga perhiasan seperti cincin dan giwang (anting).

Jenis-Jenis Kerajinan Perak Kotagede

Terdapat dua jenis Kerajinan Perak Kotagede Bantul Yogyakarta, yaitu filigre dan solid silver. Filiger atau biasa dikenal dengan istilah Perak Trap merupakan jenis kerajinan perak berbahan benang atau kawat perak yang sangat lembut. Benang tersebut kemudian dipilin dan dipres dan digunakan untuk membuat motif atau dekorasi.

Selain digunakan untuk membuat perhiasan, benang ini juga digunakan untuk membuat berbagai miniatur dan hiasan dinding. Kerajinan perak yang berasal dari filigre masih murni dikerjakan dengan tangan dan belum tergantikan dengan mesin sampai saat ini.

Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta

Sementara solid silver yaitu kerajinan perak yang memiliki material utama perak lempengan. Baham ini lebih mudah untuk dibentuk untuk membuat berbagai jenis kerajinan perak. Solid silver biasanya digunakan  sebagai bahan utama pembuatan perlengkapan makan seperti gelas, piring, mangkok dan nampan. Selain itu bisa juga digunakan untuk pembuatan perhiasan dan aksesori.

Proses Pembuatan dan Pemasaran Kerajinan Perak Kotagede

Untuk membuat kerajinan perak dibutuhkan beberapa bahan seperti perak acir, perak murni 99,9% berbentuk butiran-butiran, tembaga, patri, tawas, buah lerak dan jabung. Sementara peralatan yang dibutuhkan yaitu Kowi (mangkuk peleburan, tungku peleburan, pinset, palu atau martil, roda pemintal, paku ukir, pompa, gunting, mesin pres, sikat kawat, tang dan draw pelet.

Sementara pembuatannya pertama-tama mencampur perak dengan tembaga di dalam kowi lalu dipanaskan dalam tungku peleburan hingga tercampur dan meleleh. Setelah itu dituangkan ke dalam cetakan.

Pemasaran Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta sudah dilakukan dengan dua cara. Pertama, secara konvensional yaitu pembeli datang langsung ke toko atau showroom. Kedua, secara online dengan bantuan internet. Bisa dipasarkan melalui website, instagram, facebook dan sosial media lainnya. Kerajinan perak di Kotagede ini pun juga sudah dipasarkan ke luar negeri.

Jam Buka dan Akses Menuju Kerajinan Perak Kotagede

Kerajinan Perak ini bisa Anda temukan di Jalan Kemasan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Biasanya toko dan showroom buka setiap Senin s/d Sabtu pada pukul 08.00-16.00 WIB. Aksess menuju sentra kerajinan ini sudah cukup mudah karena bisa dilalui kendaraan motor, mobil dan bis.  Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan Transjogja trayek 3A dari terminal Giwangan atau bisa juga menggunakan taksi dan ojek online.

Nah, untuk mempermudah perjalanan menuju Sentra Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta. Anda juga bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor. Kami melayani berbagai jenis armada dengan surat-surat lengkap dan sudah dipercaya oleh banyak wisatawan. Perjalanan liburan Anda selama di Jogja pun akan lebih menyenangkan.