Tak lengkap rasanya jika sedang berkunjung di Kota Gudeg, Jogja, tanpa berwisata di beberapa tempat yang terkenal akan keseruannya. Memang ada banyak destinasi tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Baik itu wisata buatan maupun wisata alami seperti pegunungan, danau, telaga, air terjun dan pantai. Salah satu wisata alami yang ada di Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Nah, di wilayah gunung ini, Anda bisa menguji adrenalin dengan mencoba wisata Lava Tour Merapi Jogja.

Lava Tour Merapi merupakan destinasi wisata yang cukup terbilang baru. Wisata ini berupa petualangan untuk menyusuri padang pasir sebelah selatan Gunung Merapi yang ada akibat dari erupsinya pada tahun 2010 lalu. Kegiatan apa saja sih yang bisa dilakukan di sana? Berikut simak ulasannya.

Menjejalahi Padang Pasir di Lava Tour Merapi Jogja

Padang pasir tak hanya bisa ditemukan di wilayah Arab dan Afrika saja lho. Di Indonesia pun Anda bisa menemukan padang pasir. Namun, padang pasir ini berbeda dengan yang lain. Di mana padang pasir ini merupakan akibat dari Erupsi Gunung Merapi yanga ada di Jogja.

Lava Tour Merapi Jogja

Pengunjung bisa merasakan keseruan menjelajahi wilayah lautan pasir ini dengan mengendarai kendaraan berupa mobil jeep. Mobil yang tentunya tak jarang ditemui di wilayah pegunungan. Tour dengan kendaraan mobil jeep yang terbuka membuat sensasi tersendiri bagi mereka yang belum pernah merasakannya. Pasti seru dan menegangkan, apalagi ditambah dengan hentakan dan guncangan dari mobil jeep ketika melewati wilayah yang bergelombang dan jalanan bebatuan maupun terjal.

Untuk itu, Anda harus ekstra hati-hati saat tour dengan mobil jeep. Pastikan pegangan Anda cukup kuat di bagian besi mobil. Nikmati keseruan dan ketegangan tour di Lava Tour Merapi dengan menggunakan mobil jeep saat melewati padang pasir, wilayan bebatuan, jalan terjal menanjak dan melewati sungai.

Berwisata ke Museum Mini di Lava Tour Merapi

Wisata Lava Tour Merapi Jogja juga menawarkan kegiatan lain, seperti mengunjungi museum mini. Di museum ini, perlu Anda siapkan tisu untuk mengantisipasi air mata yang akan terjatuh, pasalnya, pengunjung akan dihanyutkan pada suasana saat erupsi Gunung Merapi melanda korbannya. Banyak barang yang ditampilakan di museum ini hasil dari sisa-sisa bencana erupsi.

Barang-barang yang ada seperti alat dapur, mesin jahit, kerangka sepeda motor, botol kaca yang hanya tinggal separo dan masih ada banyak lainnya. Dari sini, pengunjung bisa merasakan betapa dahsyatnya kekuatan yang ada di luar manusia.

Melihat Sunrise dan Melepaskan Penat di Bunker Kaliadem

Puas dengan tour mobil jeep dan museum mini, kali ini pengunung bisa beristirahat di bunker yang ada di kawasan Kaliadem. Bunker inilah yang dibangun untuk mengevakuasi warga setempat jika erupsi susulan datang kembali. Pengunjung juga bisa beristirahat dan masuk di bunker ini lho.

Lava Tour Merapi Jogja

Setelah beristirahat, bangun pagi di wilayah Lava Tour Merapi harus bisa membuat Anda untuk menikmati indahnya sunrise. Tentunya momen yang cukup jarang ditemui pengunjung ini harus diabadikan dengan foto kamera dong.

Lokasi dan Rute Menuju Lava Tour Merapi Jogja

Tempat wisata Lava Tour Merapi ini jaraknya tak begitu jauh dari jantung kota Jogja lho. Pengunjung bisa memulai perjalanan tour dari terminal Tlogo Putri, Kaliurang. Ada juga jalur lain yang dimulai dari Desa Pangkurejo, Umbulharjo.

Perjalanan ke tempat wisata Lava Tour Merapi bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak tempuhnya dari pusat kota cukup cepat. Hanya berkisar antara 30 menit sampai 40 menit saja.

Jika menggunakan kendaraan umum, naiklah ke angkutan yang menuju ke Kaliurang. Turun di terminal Tlogo Putri kemudian ikuti saja petunjuk jalan yang bertebaran dengan tanda Lava Tour Merapi. Cukup mudah, bukan?

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Lava Tour Merapi

Setiap pengunjung dikenakan biaya tour yang berbeda-beda tergantung dengan paket yang dipilih. Untuk paket termurah dengan fasilitas short trip dibandrol dengan harga Rp400.000. ini tour yang cukup singkat, hanya sekitar perjalanan 1 sampai1,5 jam saja. Untuk paket yang paling mahal berupa long trip, pengunjung bisa membayar dengan harga Rp550.000, perjalanannya selama 2 sampai 2.5 jam.

Nikmati keseruan dan pacuan adrenalin di Lava Tour Merapi Jogja ini. Perjalanan menjelajah kawasan ini biasanya menggunapan jeep atau kendaraan roda empat lainnya. Tapi jika Anda ingin berwisata juga ke selain Gunung Merapi, Jogja Rental Motor siap menyediakan kendaraan roda dua untuk mempermudah akses Anda. Silakan cek ragam merek dan unit motor yang kami sediakan.