Selain kaya dengan wisata pantai, candi, hutan, dan gunung, ternyata Yogyakarta juga kaya wisata religi. Salah satunya adalah Makam Astana Girigondo. Di area pemakaman tersebut, Anda dapat menziarahi makam Adipati Pakualaman dan para kerabatnya. Selain itu, karena letaknya berada di atas perbukitan monereh, Anda juga akan menemukan pemandangan alam yang menyegarkan mata. Jadi, selain ke Makam Imogiri, sebaiknya Anda pun berziarah ke sini.

Ketika memasuki area wisata religi ini, akan ditemukan sebuah prasasti di pintu masuk. Di prasasti tersebut diketahui Makam Astana Girigondo dibangun pada tahun 1990, ketika pemerintahan Paku Alam V. Anda pasti penasaran mengenai keistimewaan dari Makam Astana Girigondo, bukan? berikut ulasannya khusus untuk Anda.

Terdapat 6 Teras di Komplek Makam Astana Girigondo

Memasuki Makam Astana Girigondo, Anda akan melihat 6 teras yang dihubungkan oleh tangga. Teras pertama Anda akan menemukan pintu gerbang bergapura, teras tertinggi ini dikelilingi tembok serta pagar besi. Pada teras pertama ini, Anda dapat menziarahi makam 32 makam, yang terdiri dari makam istri, anak, dan menantu keluarga Pakualam. Lanjutkan ziarah Anda ke teras kedua yang berisi 8 makam. Kemudian di teras ketiga, hanya akan ditemukan dua makam.

Makam Astana Girigondo

Selanjutnya, pada teras keempat Anda akan menemukan makam keluarga jauh dari Paualam yang berjumlah 3 makam. Anda tidak perlu masuk ke teras 5, karena teras ini masih kosong. Sedangkan teras ke 6, ada dua bagian, bagian sebelah timur terdiri dari 7 makam, sedangkan teras bagian barat terdapat dua makam.

Menikmati Suasana Makam yang Mistis

Setelah menaiki anak tangga berjumlah kira-kira 258 buah tersebut, Anda akan segera merasakan aroma bunga dupa dari arah makam-makam. Terdapat berbagai ornamen seperti payung warna hijau dengan hiasan emas, serta rumah yang menandai sebuah makam. Tidak dapat dipungkuri, aroma mistis sangat terasa.

Menikmati Kesejukan dari Hijaunya Pepohonan

Lokasi makam yang berada di Perbukitan Menoreh membuat tempat ini sangat sejuk dan asri. Anda tidak akan merasakan kepanasan di sini, karena pepohonan tumbuh rimbun dan hijau. Udara di sini juga sangat segar dan membuat betah berlama-lama.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Makam Astana Girigondo

Makam Astana Girigondo

Mengunjungi Makam Astana Girigondo tidak dipungkut biaya sama sekali. Sedangkan untuk jam bukanya, seperti wisata religi yang lain yaitu pagi sampai sore, namun pada tanggal-tanggal khusus dibuka sampai malam. Anda tidak perlu khawatir, fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Makam Astana Girigondo

Berziarah ke Makam Astana Girigondo sangat diajurkan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa, karena perjalanan dari pusat Yogyakarta tepatnya dari Malioboro akan memakan waktu 1 jam lebih menggunakan jalur Jalan Yogyakarta-Wates. Sedangkan ada alternatif lainnya yaitu menggunakan jalur  Jalan Bantul atau Jalan Godean, namun waktu tempuhnya lebih dari 1,5 jam. Lokasi makam tersebut berada di Astana Girigondo, tepatnya di Kaligintung, Temon, masuk ke Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Berikut ini rute yang paling dekat untuk sampai ke Makam Astana Girigondo dari Malioboro, jarak tempuhnya hanya  38,1 kilometer. Diawali dari Malioboro, arahkan kendaraan ke selatan melewati Jalan Dagen dan Jalan Margo Mulyo, kemudian baru belok ke kiri ke Jalan R.E Martadinata atau lebih dikenal juga dengan Jalan Wates. Berkendaralah sekitar 2,4 kilometer, Anda kemudian belok ke kiri hingga sampai di Jalan Ringroad Barat. Ikuti Jalur Magelang ke Purworejo tersebut.

Ketika Anda menemukan Soto Mbah Darmo, tetap berjalanlah lurus saja hingga melewati Jalan Kyai Ronggo, Jalan Temon-Kokap,  Jalan Kedundang, hingga sampai di Jalan Henri Isnamunizar, baru belok kanan ke Jalan Girigondo. 650 meter selanjutkan Anda beloklah ke kanan sampailah di Makam Astana Girigondo.

Itulah ulasan mengenai Makam Astana Girigondo yang dapat menjadi referensi Anda sebelum berziarah ke tempat tersebut. Untuk menjamin perjalanan Anda nyaman dan tanpa masalah seperti kendaraan mogok, Anda dapat memilih jasa penyewaan yang dapat dipercaya. Kami merupakan jasa sewa motor di Jogja yang dapat Anda percaya, karena terjamin selalu mengedepankan mutu kendaraan yang terbaik. Selain itu, ada promo menarik seperti harga sewa yang terjangkau dan promo lainnya. Untuk lebih lengkapnya, kunjungi laman kami di Jogja Rental Motor.