Berwisata religi di Yogyakarta? Anda dapat mengujungi Makam Imogiri Yogyakarta. Komplek pemakaman tersebut merupakan tempat beristirahatan raja-raja mataram, yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Selain itu, di tempat ini Anda juga dapat berlajar sejarah dan budaya masyarakat setempat. Sebab jika Anda datang pada bulan Muharam tepatnya Jumat dan Selasa Kliwon, di lokasi ini akan diadakan ritual mensucikan empat gentong tempat berwudhu. Ritual ini disebut nguras padasan kong enceh.

Menikmati Keindahan Arsitek Bangunan Makam Imogiri Yogyakarta

Bangunan Makam Imogiri Yogyakarta sangat menarik. Bangunan tersebut adalah hasil karya dari Kyai Temenggung Citrokusumo. Yang membuat bangunan ini menarik adalah bukan hanya bentuknya namun juga maknanya. Seperti, jumlah anak tangga merupakan lambang tahun sebuah sejarah penting.

Makam Imogiri Yogyakarta

Berziarahi Makam-Makam Raja Mataram

Komplek pemakaman ini dibagi menjadi tiga daerah. Pertama Anda dapat mengunjungi Astana Kasultanan Agung. Terdapat juga tempat pemakaman Sultan Agung, Sri Ratu Batang, Hamangkurat Amral, dan Hamangkurat Mas. Daerah kedua adalah wilayah makam raja-raja Surakarta, sedangkan wilayah ketiga  adalah tempat makam-makam raja-raja Yogyakarta.

Melihat Peninggalan Sultan Agung

Makam Imogiri Yogyakarta

Hal yang paling membuat pengujung penasaran adalah melihat peninggalan Sultan Agung. Ada tiga peninggalan yaitu daun tujuh macam, cincin kayu yang berbahan tongkat Sultan Agung, serta air suci dari empat tempayang. Empat tempayang tersebut memiliki nama-nama pemberi tempayang. Antara lain, tempayang Nyai Danumurti, tempayang Kyai Danumaya, tempayang Kyai Mendung, dan tempayang Nyai Siyem.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Makam Imogiri

Sebagai lokasi wisata religi, memasuki Makam Imogiri pengunjung tidak akan dikenai biaya. Hanya saja karena sudah tradisi, walaupun tidak diminta, para pengujung akan memberikan infak kepada petugas penjaga.

Untuk jam buka, tempat ini tidak dibuka setiap hari, hanya dibuka pada Senin, Jumat, dan Minggu. Makam Imogiri akan sangat ramai dikunjungi para peziarah menjelang bulan puasa, atau hari-hari penting yaitu tanggal 1 dan 8 Syawal, termasuk tanggal 10 Dzulhijjah. Namun Anda tidak bisa datang pada bulan ramadhan dan hari besar agama Islam, tempat ini ditutup.

Fasilitas di Makam Imogiri dapat dibilang cukup. Anda akan menemukan tempat parkir, toilet umum, serta pemandu untuk menceritakan sejarah Makam Imogiri. Untuk lebih mengetahui mengenai raja-raja Imogiri, Anda dapat membeli tiga buku kecil untuk membaca mengenai riwayat mataram dan raja mataram. Nah, Jika Anda lapar, di dekat terminal, ada warung-warung makan.

Lokasi dan Rute Menuju Makam Imogiri

Lokasi makam Imogiri dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau roda tiga kurang lebih 36 menit saja. Lokasinya yang berada di Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tersebut berjarak sekitar 15,8 kilometer dari Malioboro. Jarak tersebut jika memilih jalur Imogiri Barat.

Untuk lebih jelasnya, berikut rute yang dapat membantu Anda menuju Makam Imogiri dari jantung Yogyakarta . Perjalanan diawali dari Jalan Malioboro, kemudian arahkan kendaraan ke selatan Jalan Dagen dan lanjut belok ke kiri menuju Jalan Suryatmajan. Kurang dari setengah kilometer, beloklah ke kanan sampailah ke Jalan Mayor Suryotomo. Berkendaralah lurus terus hingga sampai di Jalan Brigadir Jendral Katamso, kemudian baru belok kiri sehingga sampai di Jalan Brigjen Katamso.

Sekitar 1,2 kilometer perjalanan, beloklah ke kiri untuk sampai di Jalan Kolonel Sugiyono berjalanlah lagi setengah kilometer baru belok ke kanan ke Jalan Sisingamangaraja. Lurus terus dan sekarang Anda sudah sampai di Jalan Imogiri Barat, berjalanlah sepanjang 8,1 kilometer dengan patokan melewati Indomaret Karangkajen di sebelah kiri. Selanjutnya baru  belok ke kiri ke Jalan Manding Imogiri. Lanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kanan ke Jalan Imogiri Tim. Sekitar 2,1 kilometer kemudian akan ditemukan persimpangan belok ke kiri, beberapa meter sampailah di Makam Imogiri.

Memilih mengunjungi Makam Imogiri Yogyakarta di sela-sela liburan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Untuk lebih mempermudahkan perjalanan Anda menuju lokasi-lokasi objek wisata di Jogja, salah satunya Makam Imogiri, kami sudah menyiapkan kendaraan terbaik untuk menemani perjalanan Anda. Kami adalah jasa rental motor di Jogja yang sudah memiliki banyak pelanggan. Hal tersebut tentu karena kami sangat menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik juga harga sewa yang bersahabat. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di rental Jogja Rental Motor.