Berwisata ke Yogyakarta baru terasa lengkap jika sudah mengunjungi kawasan Malioboro untuk berbelanja. Kawasan  memang telah menjadi pusat wisata belanja Yogyakarta yang sangat legendaris. Kalau membicarakan tentang belanja di Yogyakarta, pasti tidak jauh dari yang namanya Jalan Malioboro. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Yogyakarta di sini, baik barang sampai dengan kuliner khas.

Tentang Malioboro

suasana-di-malioboroMalioboro adalah sebuah jalan penghubung antara Tugu Yogyakarta dengan Keraton Yogyakarta. Kawasan ini sudah menjadi salah satu kebanggaan dari Kota Gudeg. Nama Malioboro sendiri berasal dari Marlborough, nama seorang pasukan kolonial Inggris yang di tahun 1811 sampai 1816 pernah menduduki kota Yogyakarta.

Pemerintah kolonial Belanda membangun kawasan Malioboro yang ditempatkan pada pusat kota Yogyakarta sekitar di abad ke-19 dan awal dibangunnya dijadikan sebagai pusat aktivitas pemerintahan maupun perekonomian. Secara simbolis juga pemerintah kolonial Belanda membangun Malioboro untuk menyaingi kekuasaan Keraton Yogyakarta sekaligus kemegahan istananya yang sangat ikonik di kawasan itu.

Tidak heran kalau di kawasan wisata belanja Yogyakarta yang satu ini ada beberapa tempat bersejarah yang dibangun oleh kolonial Belanda untuk menunjang tujuan tersebut. Beberapa diantaranya adalah Benteng Vredeburg yang sekarang dijadikan sebagai salah satu museum, kemudian Istana Kepresidenan Kolonial, Pasar Beringharjo, Hotel Garuda sampai dengan Kawasan Pertokoan Malioboro.

Apa Saja yang Ada di Malioboro?

Kawasan Maliboro menyuguhkan sederet aktivitas belanja yang dapat Anda lakukan. Mulai dari aktivitas belanja tradisional seperti penerapan tawar-menawar dalam berbelanja. Sampai dengan belanja modern di pertokoan. Aneka macam oleh-oleh bisa Anda beli disini, mulai dari kerajinan dari perak, dari kayu, gerabah, kain batik, kaos, dan masih banyak lagi.

Mengingat bahwa ada begitu banyak pedagang di pinggiran jalan Malioboro yang menerapkan metode belanja tradisional, maka Anda perlu pintar-pintar untuk menawar harga belanjaan yang Anda minati. Jika tidak begitu, maka Anda bisa mendapatkan barang dengan banderol harga yang lumayan tinggi. Begitulah yang menjadi salah satu hal menarik dari kawasan wisata belanja Yogyakarta yang legendaris ini.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Malioboro?

angklung-jogja-malioboroBelanja jelasnya menjadi aktivitas utama yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke kawasan Malioboro. Mengingat karena memang Malioboro menjadi  tempat wisata belanja paling legendaris di Yogyakarta. Apa hanya itu saja? Tentu berbelanja bukan satu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan di Malioboro.

Anda juga bisa menikmati kuliner lezat khas Yogyakarta disini. Baik siang maupun malam, tidak sepi dari para penjual kuliner khas Kota Gudeg ini. Menariknya lagi, di beberapa spot Anda bisa menikmati alunan musik dari para musisi jalanan yang tak biasa ada di jalanan lain lengkap dengan orang yang berjoget. Jika Anda mersa terhibur dengan musik ini sekiranya “nyawer” sukarela.  Sehingga suasana santap makan pun menjadi lebih istimewa.

Meskipun jadi tempat wisata belanja Yogyakarta, namun juga menjadi kawasan yang fotogenic. Setelah direnovasi beberapa tahun terkhir ini dibangun banyak sekali spot menarik yang indah untuk dijadikan sebagai tempat berfoto dengan suasana yang tradisional dan klasik. Spot paling banyak diminati wisatawan untuk berfoto adalah papan jalan bertuliskan “Jalan Malioboro” dan juga kursi besi di sekitaran trotoar jalan serta bulatan bulatn seperti bola batu yang akan meanmbah koleksi foto kamu.

Harga Tiket Fasilitas Penunjang

Terdapat beberapa fasilitas penunjang untuk membuat para wisatawan semakin nyaman berlama-lama di kawasan Malioboro yang berada di pusat kota Yogyakarta. Mulai dari banyaknya tempat penginapan dari homestay, hostel tak terkecuali juga tentu hotel berbintang lima bisa dengan mudah Anda jumpai dan pilih di kawasan wisata belanja Yogyakarta yang satu ini.

Tempat makan dari warung angkringan, kafe hingga restoran tidak ketinggalan juga. Kemudian fasilitas lainnya lagi seperti tempat ibadah, pos informasi, ATM, dan fasilitas umum lainnya tidak sulit Anda temukan karena ini adalah pusat dari aktivitas para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja.

Mengingat bahwa kawasan  ini adalah tempat umum, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk berbelanja dan juga biaya parkir kendaraan.

Lokasi dan Akses

Malioboro terletak di pusat kota Yogyakarta, sehingga Anda tidak akan sulit untuk mengakses kawasan wisata belanja Yogyakarta yang satu ini. Lokasinya tidaklah lain adalah di Jalan Maliobro, Kota Yogyakarta. Jika Anda datang menggunakan transportasi umum, Anda dapat menaiki bus kota jalur 4 serta bus TransJogja jalur 3A maupun 3B.

Jika Anda ingin berkendara lebih leluasa namun tidak menggunakan transportasi umum, Jogja Rental Motor adalah jawabannya. Anda bisa menyewa motor dengan harga yang ramah di Jogja Rental Motor dan sekaligus terdapat beberapa fasilitas pendukung yang menarik untuk Anda seperti gratis antar jemput, helm, jas hujan sampai dengan masker.