Sejak dulu hingga sekarang Yogyakarta memang istimewa. Pernah menjadi ibu kota RI, meski hanya sementara, membuktikan bahwa tanah Jogja memang memiliki keistimewaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pada salah satu daerah di Yogyakarta, yakni Kotabaru, pernah terjadi sebuah aksi heroik melawan tentara Jepang yang menelan korban. Untuk mengenang korban itu, maka dibangunlah Masjid Syuhada. Penasaran dengan masjid ini? Mari simak ulasan mengenai Masjid Syuhada Yogyakarta!

Berkenalan dengan Masjid Syuhada Yogyakarta

sewa-motor-jogja-ke-Masjid-Syuhada-Yogyakarta

Syuhada, kata ini merupakan bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan orang-orang yang mengembuskan napas terakhirnya dalam keadaan syahid. Merunut sejarah, masjid ini memang sengaja didirikan sebagai monumen dari para pejuang yang gugur melawan penjajah Jepang. Peresmian dari masjid ini sendiri pada tanggal 20 September 1952. Namun seiring berjalan waktu, masjid ini dijadikan sebagai tempat ibadah muslim yang tinggal di Daerah Kotabaru.

Kata Syuhada pada masjid ini juga memiliki kepanjangan, yakni Spirituality, Youthful, Unity, Humble, Adaptability, Distinctive, dan Accountability. Masjid Syuhada memiliki misi, yaitu Mengembangkan Masjid Syuhada sebagai salah satu masjid yang memiliki keunggulan di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, serta menjadi model penyelenggaraan fungsi dan peranan masjid modern.

Wisata Religi di Masjid Syuhada

masjid-syuhada-yogyakarta

Dari sekian banyak masjid bersejarah di tanah air, maka Masjid Syuhada Yogyakarta termasuk salah satunya. Di sini tersimpan candrasengkala. Bagian-bagian penting masjid didesain sedemikian rupa dalam rangka sebagai peringatan Hari Proklamasi Kemedekaan Republik Indonesia. Tangga masjid berjumlah 17 di bagian depan, tiang gapuranya memiliki segi 8, dan kupel bawah serta kupel atas masing-masing berjumlah 4 dan 5.

Bangunan terdiri dari tiga lantai. Di lantai bawah memiliki 20 jendela yang merepresentasikan 20 sifat Allah Swt. Di lantai dua terdapat 2 buah tiang yang seolah menggambarkan dua itikdan dari manusia. Sedangkan di lantai tiga, terdapat 5 lubang angin yang merupakan representasi dari rukun islam. Warna masjid sendiri didonimasi oleh warna hijau, yang merupakan warna kesukaan dari Nabi Muhammad Saw.

Beberapa Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Masjid Syuhada

Esensi dari masjid adalah sebagai tempat ibadah. Kalaupun niatnya sebatas ingin berwisata, maka yang didapat juga wisata religi yang dapat semakin mendekatkan kepada Sang Pencipta. Intinya tidak ada ruginya untuk mengunjungi masjid. Bukankah meramaikan masjid adalah perbuatan yang disukai Allah?

Seperti masjid-masjid pada umumnya, selain digunakan sebagai tempat ibadah, acara-acara seperti pengajian, kegiatan sosial, kegiatan kemasyarakatan bahkan akad nikah juga dapat dilakukan di masjid ini. Di lantai bawah Masjid Syuhada Yogyakarta dapat digunakan sebagai ruang kuliah. Singkatnya, masjid ini memang menjadi pusat banyak sekali kegiatan di Kawasan Kotabaru.

Selain itu, Jika memang hanya hendak berkunjung juga tidak ada salahnya, karena masjid ini selain setiap detail bangunannya penuh filosofi, juga merupakan saksi sejarah. Jadi hitung-hitung sekalian belajar sejarah.

Masjid Syuhada juga memiliki perpustakaan lho, jadi bagi Anda yang ingin menambah wawasan keislaman, maka bisa juga mampir dan membaca buku di perpustakaan masjid. Bermanfaat sekali ya kegiatan Masjid Syuhada Yogyakarta ini.

Lokasi dan Rute Termudah

Masjid Syuhada Yogyakarta beralamat di Jalan I Dewa Nyoman Oka 13 Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, Anda bisa naik bus kota jalur 4. Kemudian turun di pertigaan Jembatan Gondolayu. Lalu berjalan ke arah selatan sejauh kurang lebih 300 m. Selain bus, Anda juga dapat menggunakan taksi dan tentunya kendaraan pribadi.

Tidak Ada Harga Tiket, Fasilitas Nyaman Tersedia

Tidak ada harga tiket masuk, karena siapapun bebas masuk masjid untuk beribadah, bukan? Kecuali Anda datang ketika ada kegiatan tertentu, mungkin bisa saja saat itu Anda diminta untuk memberikan kontribusi.

Usai berkunjung ke Masjid Syuhada Yogyakarta,  Anda juga dapat berkunjung ke Tugu Jogja yang letaknya tidak jauh dari Masjid Syuhada. Hanya sekitar 1,7 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 5 menit bila melalui Jalan Margo Utomo dan Jalan Ahmad Jazuli.

Alternatif lain, jika terasa lapar, Anda dapat langsung menuju ke Raminten Kitchen yang hanya berjarak 400 m dari masjid. Dekat sekali ya.

Anda ingin menggunakan motor menuju Masjid Syuhada namun tidak memiliki motor? Mudah caranya, sewa saja motor di Jogja Rental Motor. Di mana posisi Anda, maka motor siap diantar. Sekian ulasan tentang Masjid Syuhada Yogyakarta. Semoga bermanfaat!