Sejarah merupakan sebuah cerita historis yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun, membaca dari buku kadang membuat jenuh. Karena itu seringlah berlibur di tempat-tempat bersejarah, seperti Monumen Jogja Kembali. Di monumen berbentuk kerucut ini, Anda akan menemukan berbagai fakta menarik tentang perjuangan bangsa Indonesia, salah satunya fakta bahwa dulu Yogyakarta pernah menjadi ibukota Indonesia pada 6 Juli 1966. Apa saja yang menarik dari Monumen Jogja Kembali? Mari, baca ulasan berikut ini.

Melihat Berbagai Koleksi Menarik di Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Monumen ini dikenal juga dengan sebutan Monjali. Bangunan memiliki 3 lantai. Di lantai 1 ini, Anda akan menemukan koleksi-koleksi museum, juga perpustakaan yang nyaman yang berisi buku-buku sejarah. Terdapat juga auditorium dan kafetaria.

Berlanjut Menggunjungi Lantai 2

Di Lantai 2 ini, Anda akan melihat 10 diorama sejarah. Isinya menceritakan secara ringkas mengenai perjuangan pahlawan di Yogyakarta dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI dari Belanda. Anda juga bisa melihat tangga yang memiliki sisi dengan 40 relief para pejuang kembali melawan Belanda pada 17 Agustus 1945 dan cerita-cerita lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia mendapatkan pengakuan kemerdekaannya di mata internasional pada tanggal 27 Desember 1949.

Menikmati Halaman Luas dan Berbagai Permainan

Monumen Jogja Kembali

Halaman di Monjali sangat luas, dan ketika malam akan berubah menjadi Taman Pelangi yang berisi lampion-lampion cantik. Nah, ketika siang hari Anda akan melihat lampion-lampion itu. Bangunan Monjali yang berwarna putih itu berada di tengah kolam dengan ribuan ikan yang enak untuk dipandang lama-lama.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Monjali

Harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali sangat murah, hanya Rp10.000 per orang. Jika Anda membawa rombongan minimal 30 orang, harga tiket akan didiskon sebesar 10% atau Rp9.000 per orang. Bagi pengunjung murid TK dan Panti Asuahan, akan mendapatkan potongan harga tiket sebesar 50%. Sebelum mengujungi tempat ini, Anda perlu mengetahui jam bukanya, yaitu dimulai pada pukul 08.00 sampai 16.30 WIB pada hari Selasa sampai Minggu, Senin libur.

Untuk mendukung aktivitas wisata, pihak pengelola Monumen Jogja kembali telah menyediakan berbagai fasilitas. Di antaranya adalah kafetaria, auditorium, tempat parkir yang cukup luas, telepon umum, berbagai arena bermain anak-anak, seperti kereta mini, memberi makan ikan, dan permainan lainnya. Fasilitas seperti toilet tentu saja ada.

Lokasi dan Rute Menuju Monumen Jogja Kembali

Lokasi Monjali sangat mudah untuk dituju. Dapat menggunakan kendaraan bus transjogja maupun kendaraan pribadi. Lokasi menumen tersebut berada di Jalan Ring Road Utara kira-kira 71 kilometer dari Malioboro. Tepatnya berada di kawasan Sari Harjo, Ngaglik, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil sekitar 22 menit saja.

Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi dari Malioboro, Anda dapat mengikuti rute berikut ini:

Arahkan kendaraan ke selatan dari Malioboro sehingga sampai di Jalan Dagen, selanjutnya lurus terus hingga samai di Jalan Kemetiran Kidul, baru belok ke kanan sehingga melewati Jalan Letjen Suprapto.  Lurus terus sampai melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram. Sekitar 300 meter lebih, Anda akan menemukan bundaran.

Di bundaran tersebut, Anda harus mengambil Jalan Tentara Pelajar, yaitu jalan keluar pertama. Nah, selanjutnya cukup arahkan kendaraan lurus saja menuju Jalan Magelang. Cukup jauh perjalan, sekitar 3,7 kilometer baru Anda akan menemukan bundara lagi. Kali ini ambillah jalan keluar ketiga. Kemudian, lurus saja ke Jalan Padjajaran atau lebih sering dikenal dengan Jalan Ringroad Utara.  Tidak lama lagi, Anda akan menemukan di sebelah kiri Monumen Jogja Kembali.

Sekarang, Monumen Jogja Kembali cocok sebagai salah satu objek yang masuk ke daftar wisata Anda bukan? Untuk mempermudah mengujungi berbagai lokasi wisata di Jogja, ada baiknya untuk menyewa kendaraan di Jogja. Misalnya yang kami sediakan, yaitu jasa sewa motor di Jogja Rental Motor. Kendaraan yang kami sewakan dijamin berkualitas, dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi laman Jogja Rental Motor untuk melihat stok armada dan harganya. Hubungi kami untuk order dan antar kendaraan.