Yogyakarta memang menjadi daerah yang kaya dengan pesona wisata sejarah dan budaya. Salah satunya adalah istana karya seni lukis dari seorang maestro seni lukis. Istana yang dimaksudkan tersebut adalah Museum Affandi yang tak lain museum ini didirikan oleh sang maestro seni lukis, Affandi. Berlibur ke Yogyakarta, sempatkan untuk mampir dan menyaksikan karya seni lukis yang luar biasa. Berikut ulasan tentang wisata kesenian di Yogyakarta.

Tentang Museum Affandi

jogja-rental-motor

Affandi adalah seorang maestro seni lukis kontemporer yang sudah dikenal oleh mata dunia. Dedikasi dan karya besar yang diberikan oleh Affandi menjadikkanya banyak menerima penghargaan dan tidak terkecuali ia pun menyandang sebutan sebagai salah satu maestro lukis di dunia. Tempat wisata kesenian di Yogyakarta ini didirikan oleh Affandi pada tahun 1962 dengan konsep yang menyerupai lembaran daun pisang.

Berdirinya Museum Affandi diawali dengan sebuah gedung pameran yang digunakan sebagai tempat memamerkan karya-karya sang maestro. Pada tahun 1974, gedung pun secara resmi dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Profesor Ida Bagus Mantra. Itu untuk gedung yang pertama.

Sang maestro melanjutkan dengan gedung kedua yang dibangun tahun 1987 dengan dukungan pemerintah yang kemudian diresmikan oleh Mendikbud Profesor Fuad Hasan di tahun 1988. Dilanjutkan dengan gedung ketiga yang didirikan oleh yayasan Affandi tahun 1997 dan kemudian Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan gedung tersebut di tanggal 19 Mei 2000.

Di samping bangunan tempat wisata kesenian di Yogyakarta milik sang maestro tersebut ada tempat yang dulunya adalah rumah dari keluarga Affandi. Tempat tersebut kini menjadi Café Loteng sebagai salah satu fasilitas penunjang bagi para wisatawan yang datang ke Museum Affandi.

Galeri Museum Affandi

Museum-Affandi-sewa-motor-jogja-2018

Secara garis besarnya, Museum Affandi memiliki 4 galeri. Galeri I menyuguhkan sederet lukisan hasil karya Affandi sejak awal sampai akhir sebagai seorang maestro seni lukis.  Menariknya lagi adalah, di Galeri I dari istana karya seni lukis ini anda pun dapat menjumpai barang-barang pribadi sang maestro. Beberapa diantaranya seperti mobil sedan, kemudian sepeda, kuas, klipping, sarung, pipa cerutu hingga foto-foto kenangan di tempat wisata kesenian di Yogyakarta ini.

Beralih ke Galeri II, anda akan menjumpai makam di jalan antara Galeri I ke Galeri II. Makam tersebut merupakan makam dari sang maestro Affandi. Letaknya sendiri tepat bersebelahan dengan makam istrinya, Maryati. Untuk Galeri II sendiri anda dapat menjumpai lukisan karya Affandi sekaligus lukisan karya beberapa pelukis Indonesia lainnya.

Untuk Galeri III sendiri terdiri dari bangunan 3 lantai. Lantai pertama dijadikan tempat pameran lukisan karya keluarga Affandi. Disini juga ada Sanggar Gajah Wong, pusat belajar melukis bagi anak-anak. Kemudian pada lantai kedua dipakai jadi tempat perawatan lukisan dan lantai bawah tanah dijadikan untuk tempat menyimpan koleksi lukisan.

Sedangkan untuk Galeri IV dipakai sebagai tempat dipajangnya karya lukis dari Didit, cucu sang maestro Affandi. Area sekitar musem pun terdapat bangunan menara gardu pandang yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena dapat menimati keindahan alam Yogyakarta dari atas menara.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Museum Affandi

Bukan hanya sekedar menikmati karya lukis dari sang maestro saja hal menarik untuk dilakukan di Museum Affandi. Kegiatan lainnya yang tak kalah seru untuk dilakukan di Museum Affandi ini adalah belajar melukis di Sanggar Gajah Wong dengan ahlinya.

Kemudian bisa bersantai menikmati makanan dan minuman di Café Loteng. Lebih menarik lagi, anda pun dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian lewat gardu pandang. Tak ketinggalan pastinya hunting foto adalah kegiatan seru lain yang bisa anda lakukan saat berkunjung di Museum Affandi. Banyak spot fotogenic disini yang sangat disayangkan kalau terlewat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk wisata kesenian di Yogyakarta ini untuk wisatawan lokal adalah Rp25.000 dan anak-anak cukup Rp10.000 saja. Sedangkan kalau untuk wisatawan asing tiket masuk dibanderol Rp50.000. Apabila anda datang kesini membawa kamera professional, maka anda perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp20.000 dan jika membawa kamera handphone dikenakan biaya Rp10.000. Jam bukanya adalah Senin sampai Sabtu sejak 09.00 hingga 16.00.

Lokasi dan Akses

Museum Affandi berlokasi lebih tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto 167 Yogyakarta. Jika anda datang tanpa kendaraan pribadi dan ingin akses paling mudah, anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor yang memberikan banyak keuntungan untuk anda dalam menyewa motor. Semoga ulasan tentang Museum Affandi sebagai salah satu wisata kesenin di Yogyakarta ini membantu Anda.