Museum Benteng Vredeburg menikmati wisata sejarahdi Jogja. Yogyakarta memang sangat pantas menyandang gelar daerah istimewa. Karena memang ada begitu banyak keistimewaan dari kota yang satu ini. Tidak terkecuali adalah wisata sejarah di Yogyakarta. Anda harus melengkapi liburan Anda di Yogyakarta dengan datang ke Museum Benteng Vredeburg yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Yogyakarta. Ada banyak hal menarik yang dapat Anda jumpai dan nikmati di musem yang menyimpan banyak sejarah ini.

Tentang Benteng Vredeburg

wisata-sejarah-di-Yogyakarta-Museum-Benteng-VredeburgBenteng Vredeburg adalah bangunan besar khas Belanda yang paling tua diantara bangunan Indis yang terdapat di daerah Malioboro serta Titik Nol Kilometer. Sejarah mencatatkan bahwa Benteng Vredeburg dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda di tahun 1760 dan kemudian pada tahun 1765 bangunan disempurnakan dengan persetujuan Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Pada masa itu, dengan siasat licik pemerintah Belanda, benteng ini dipakai untuk mengawasi pergerakan aktivitas Keraton Yogyakarta. Namun Belanda berdalih bahwa benteng ini dibangun dengan alasan dipakai untuk menjaga keamanan Keraton Yogyakarta dan sekitarnya, mengingat karena memang lokasinya sangat dekat.

Benteng Vredeburg mengalami perubahan fungsi dari waktu ke waktu. Mulai dari awalnya sebagai benteng pertahanan, kemudian menjadi tempat perlindungan dari jajaran residen, pernah juga menjadi tempat tahanan, menjadi markas tentara, sampai dengan saat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Yogyakarta dengan dijadikan sebagai museum bersejarah.

Benteng yang semula bernama Rustenburg ini punya bentuk sangat khas, yakni bujur sangkar yang lengkap dengan 4 bastion pada setiap sudutnya. Benteng ini juga dilengkapi dengan pintu gerbang, tembok dan parit yang mengelilingi, hingga jembatan angkat.

Benteng ini mengalami pemugaran pada tahun 1985 dan kemudian di tahun 1987 dibuka untuk umum. Pada tanggal 23 November 1992, Benteng Vredeburg secara resmi menjadi museum dan sekaligus tentunya sebagai destinasi wisata sejarah di Yogyakarta . Bentuk luar benteng masih dipertahankan meski dalam pemugaran. Sementara untuk bagian dalam dipugar serta disesuaikan dengan fungsinya sebagai museum.

Apa Saja yang Bisa Ditemui di Museum Benteng Vredeburg?

Koleksi-Museum-Benteng-Vredeburg-YogyakartaBangunan-bangunan bersejarah peninggalan Belanda hingga aneka koleksi benda bersejarah, termasuk lukisan tentang perjuangan nasional dan foto-foto perjuangan dalam kemerdekaan Republik Indonesia disuguhkan oleh Museum Benteng Vredeburg. Ditambah lagi juga suasana sejuk akan menyambut Anda ketika datang ke tempat wisata Sejarah Yogyakarta yang satu ini karena taman yang begitu asri di halaman benteng.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Museum Benteng Vredeburg

Jelasnya ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Mulai dari belajar sejarah tentang bagaimana perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Tidak terlewatkan tentu aktivitas berfoto juga bisa Anda lakukan di tempat wisata sejarah di Yogyakarta satu ini. Kawasan benteng sangat fotogenik. Hampir semua bagian sisi dari bangunan sangat cantik dijadikan sebagai latar berfoto.

Bersantai di Indische Koffie adalah aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan. Indische Koffie ini adalah kafe dan resto yang mempunyai tampilan interior begitu khas suasana klasik. Jangan lewatkan untuk bersantai disini ketika datang ke Museum Benteng Vredeburg.

Jam Buka

Museum Benteng Vredeburg buka setiap hari Selasa sampai Minggu dan tutup pada hari Senin serta hari libur nasional. Dibuka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB untuk hari Selasa hingga Jumat dan pukul 17.00 WIB untuk hari Sabtu dan Minggu.

Harga Tiket

Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati berbagai hal menarik di tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang satu ini. Harga tiket masuknya hanya Rp. 2000 bagi orang dewasa dan bagi anak-anak hanya Rp1.000 saja. Sedangkan kalau untuk wisatawan asing harga tiket masuk Rp10.000. Menariknya lagi, apabila Anda datang bersama rombongan akan ada harga diskon.

Lokasi dan Akses

Lokasi dari Museum Benteng Vredeburg berada di Jl Ahmad Yani No. 6 Gendoman, Kota Yogyakarta. Tempat wisata sejarah di Yogyakarta ini terletak di jantung kota, sehingga sangat mudah untuk Anda bisa datang berkunjung kesini. Dari arah Malioboro, Anda hanya perlu berjalan kaki menuju ke selatan untuk sampai ke Museum Benteng Vredeburg ini.

Jika Anda datang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa ikut bus kota jalur 4 ataupun bus TransJogja jalur 1A, 2A serta 3A. Untuk lebih mudahnya lagi, Anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor sehingga Anda pun akan lebih dimudahkan kalau ingin berkunjung ke tempat menarik lainnya yang tak jauh dari Museum Benteng Vredeburg.