Tidak jauh dari Museum De Mata, ada museum lain yang tidak kalah unik. Namanya Museum De Arca. Jika ingin bertemu dengan berbagai tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia maupun dunia, seperti Jokowi, Soekarno, SBY, Gus Dur, bahkan Obama, maka museum ini tempat yang tepat. Selain itu, berbagai tokoh fiksi terkenal, seperti Mr. Bean, Harry Potter, hingga Hulk juga ada di sini. Penasaran apa saja yang ada di Museum De Arca Yogyakarta? Check it out!

Berkenalan dengan Museum De Arca Yogyakarta

Museum-De-Arca-Yogyakarta-rental-motor-jogja

Nama lengkapnya adalah De Arca Statue Museum, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Museum Patung De Arca. Sama seperti De Mata, museum ini juga dibuka sejak tahun 2013. Di sini terdapat lebih dari 100 koleksi patung 5D. Semua patung tersebut dibuat oleh seniman lokal kota Yogyakarta.

Museum De Arca Yogyakarta merupakan museum patung pertama di Indonesia yang menghadirkan berbagai tokoh nasional maupun internasional. Konsepnya mirip dengan Museum Patung Lilin Madam Tussaud, hanya saja koleksi patung di sini tidak dibuat dari lilin, melainkan dari resin tumbuhan tertentu yang disesuaikan dengan kondisi alam kota Yogyakarta.

Ada Apa Saja di Sini?

Secara garis besar, terdapat tiga zona di Museum De Arca, yakni zona tokoh nasional, tokoh presiden dari seluruh dunia, dan tokoh internasional.

Di zona tokoh nasional ada berbagai pahlawan, seperti Cut Nyak Dien, WR Supratman, RA Kartini, dan lain-lain. Uniknya, di museum ini ada patung spidermen versi Jawa lengkap dengan blankon dan ukurannya cukup besar yang menjadi pengantar menuju zona tokoh presiden dari seluruh dunia.

Seperti namanya, di zona tokoh presiden dari seluruh dunia ini ada presiden-presiden RI, Nelson Mandela, Mao Zedong, Obama, dan masih banyak presiden lain.

Kemudian beranjak di zona tokoh internasional. Di zona ini akan ditemui Mr. Bean, Harry Potter, Hulk, Jackie Chan, Christiano Ronaldo, Mahatma Gandhi, dan lain-lain.

Patung-patung di Museum De Arca dibuat dalam skala 1:1 sehingga sangat mirip dengan aslinya.

Bisa Melakukan Apa Saja Ya?

Museum-De-Arca-Yogyakarta-alamat-sewa-motor-di-jogja

Serupa  dengan Museum De Mata, Museum De Arca Yogyakarta juga didesain untuk berfoto-foto ria, hanya sensasi fotonya saja yang berbeda. Jika di De Mata Anda berfoto dengan objek-objek 3D, di De Arca Anda berfoto dengan tokoh-tokoh terkenal, yang mungkin di antaranya ada tokoh yang Anda idolakan.

Kapan lagi coba bisa berfoto dengan presiden? Jika memang belum bisa berfoto secara langsung, setidaknya berfoto dengan patungnya terlebih dahulu kan? Terlebih semua patung yang dipajang di Museum De Arca adalah asli buatan seniman lokal Yogyakarta. Anggap saja sebagai salah satu bentuk menghargai karya anak bangsa!

Jika hendak berkunjung ke sini, jangan lupa membawa perangkat kamera dalam kondisi baterai penuh ya! Karena setiap titik yang ada di dalam museum selalu menarik dijadikan objek foto. Foto terus sampai kehabisan gaya untuk berpose, hehehe.

Lokasi dan Rute yang Dapat Dilalui

Tempat wisata Museum De Arca Yogyakarta berlokasi di Pasar Seni XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Lokasi museum ini sangat dekat dengan Museum De Mata, bahkan terkait harga tiketnya pun akan lebih murah jika Anda membeli tiket terusan dari Museum De Arca ke Museum De Mata.

Harga tiket dan fasilitas yang didapat

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, pada hari Senin-Jumat pukul 10-15 Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000,00. Pada pukul 15-22 sebesar Rp40.000,00. Dan pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur nasional. pada pukul 10-22 dikenakan biaya sebesar Rp50.000,00. Sama halnya di Museum De Mata, siapapun yang pada saat hari kunjungan sedang ulang tahun, maka dia tidak dikenakan biaya untuk masuk museum. Menyenangkan ya!

Menariknya lagi, jika Anda berkunjung ke empat museum sekaligus (yakni De Mata 1, De Mata 2, De Arca, dan D’Walik) maka harga tiket terusan akan lebih murah. Untuk hari Senin-Jumat pukul 10-15 seharga Rp100.000,00, pukul 15-22 seharga Rp120.000, dan saat weekend atau libur nasional seharga Rp140.000,00.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Museum De Arca Yogyakarta. Karena masih satu lokasi dengan Museum De Mata, bagi Anda yang ingin ke sana namun terkendala kendaraan, klik saja Jogjarentalmotor.com. Kami punya solusi untuk Anda.