Pernah merasakan terjebak di atas jembatan yang di bawahnya terdapat lahar panas dengan lidah api menggeliat? Atau menjadi jenazah yang telah masuk dalam peti mati? Atau terbang ke bulan menggunakan sapu ijuk nenek sihir, bahkan menapaki alam surgawi dan menjadi bidadari? Jangankan merasakan, membayangkan saja mungkin nyaris tidak pernah ya. Tetapi di Museum De Mata Yogyakarta Anda bisa merasakan itu semua. Penasaran?

Berkenalan dengan Museum De Mata Yogyakarta

sewa-motor-jogja-ke-Museum-De-Mata-jogja

Museum ini disebut juga dengan De Mata Trick Eye Museum, merupakan museum tiga dimensi pertama di Indonesia. Bisa dikatakan museum De Mata meruntuhkan stigma kuno yang melekat pada museum selama ini. Di sini Anda tidak akan menemukan letak kekunoan itu.

Di Yogyakarta, Museum De Mata terbagi menjadi dua, yakni De Mata 1 dan De Mata 2. Keduanya didirikan sejak 22 Desember 2013. Masih terbilang muda ya? Perbedaan keduanya, jika De Mata 1 berisi koleksi dari berbagai tema, seperti binatang, kartun, fantasi, dll, sedangkan pada De Mata 2 berisi koleksi dari berbagai  negara. Di De Mata 2, pengunjung bisa berfoto menggunakan kostum Jepang, Korea, Mesir, atau Belanda.

AADD, Ada Apa Di De Mata?

Ada banyak sekali koleksi yang bisa ‘menipu’ mata Anda. Mengapa menipu? Karena semua koleksi itu memang ditampilkan dalam 3D, 4D, bahkan 5D. Berbagai tema gambar 3D dihadirkan, mulai dari tema alam, fantasi, horor, thriller, Jurrasic, dan masih banyak tema lain.

Perlu diketahui juga bahwa di Museum De Mata Yogyakarta ini setiap 3 bulan sekali diadakan pembaruan atau pergantian terhadap koleksi-koleksinya, jadi sekalipun sudah pernah datang, dijamin tidak bosan deh jika harus datang lagi. Karena selalu ada koleksi baru yang ditampilkan.

Bukan hanya itu, di De Mata 1 juga telah dilengkapi teknologi augmented reality yang saat ini tengah menjadi tren di kalangan para pengguna smartphone, dan di De Mata 2 dilengkapi dengan wahana 4D dan mirror illusion. Menarik sekali ya?

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Museum-De-Mata-Yogyakarta-sewa-motor-jogja-prawirotaman

Berfoto, tentunya! Tetapi bukan berfoto dengan hasil potret yang mainstream ya. Koleksi dari Museum De Mata Yogyakarta dikondisikan sedemikian rupa, sehingga bisa menghasilkan gambar yang tampak begitu nyata. Terlebih bagi orang yang memang menyukai fotografi, museum satu ini tentu menjadi tempat yang sangat menarik untuk mengasah kemampuan fotografinya.

Ada banyak sekali pilihan gambar 3D yang dapat digunakan untuk berfoto ria. Mulai dari jembatan dengan jilatan lahar di bawahnya, sebuah penjara yang berdekatan dengan sang raja hutan, tangga menuju surga, ritual persembahan kepala manusia, cover kaleng biskuit Khong Guan, perahu romantis untuk berdua, sapu ijuk nenek sihir untuk terbang ke bulan, bermalam di bulan, Cleopatra, berpiknik di depan Menara Eiffel, menjadi jenazah di peti mati, dan masih banyak lagi.

Bagi yang menggilai dunia fotografi, Museum De Mata Yogyakarta ini sangat direkomendasikan. Dan jika ingin berkunjung ke museum De Mata, maka sebaiknya datang ketika weekday, karena harga tiketnya lebih murah dan biasanya museum lebih sepi dibanding saat weekend. Jangan lupa juga isi penuh baterai kamera atau smartphone Anda, dan bawa power bank untuk berjaga-jaga. Tidak seru kan kalau lagi foto-foto eh baterainya lemah?

Lokasi dan Rute yang Dapat Ditempuh

Museum De Mata berlokasi di Basement XT Square, Jalan Veteran No. 150-151, Umbulharjo, Yogyakarta. Karena ada di pusat kota, keberadaan museum ini tentu tidak sulit dicari.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Pada hari Senin-Jumat pukul 10-15 harga tiket masuk di De Mata 1 dan De Mata 2 masing-masing Rp30.000,00. Pukul 15-22 seharga Rp40.000,00. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur nasional, tiket masuknya dari pukul 10-22 sebesar Rp50.000,00. Menariknya, bagi yang ulang tahun pada tanggal berkunjung di Museum De Mata, maka akan bebas dari biaya masuk, alias FREE!

Di sini juga terdapat free Wi-Fi, dan sudah disediakan kantin bagi Anda yang mungkin saja merasa lelah berpose dalam kamera. Lengkap sekali bukan?

Meski ada di pusat kota, bagi Anda yang berjarak cukup jauh dari Museum De Mata Yogyakarta namun tidak memiliki kendaraan, tidak perlu khawatir. Klik saja Jogjarentalmotor.com, maka simsalabim, solusinya akan segera Anda dapatkan! Sekian ulasan mengenai Museum De Mata. See you!