Sebagai orangtua tentunya akan memikirkan hal terbaik bagi anak-anak, termasuk untuk urusan liburan. Nah, Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta bisa menjadi salah satu alternatif objek wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Selain bersenang-senang Anda juga bisa sekaligus belajar mengenai kemaritiman. Mengenal sejarah terjadinya gumuk pasir atau gundukan pasir di area sekitar Pantai Parangtritis.

Museum Gumuk Pasir sendiri diresmikan sekaligus dibuka untuk umum pada tahun 2000. Gedung museumnya berbentuk kerucut yang melambagkan Gunung Merapi. Nama aslinya adalah Parangtritis Geomaritime Science Park, namun lebih terkenal dengan sebutan Museum Gumuk Pasir karena lokasinya dekat dengan kawasan gumuk pasir Parantritis. Selain itu terdapat juga gedung berbentuk lorong-lorong dan bergelombang yang menggambarkan keberadaan sungai dan gumuk pasir. Banyak sekali aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Berikut ini di antaranya.

Mengetahui Sejarah Terbentuknya Gumuk Pasir 

Sebagai salah satu wisata edukasi, Museum Gumuk Pasir ini menyediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan beberapa hal yang ada di dalam museum. Salah satunya yaitu sejarah terbentuknya gumuk pasir. Adanya museum ini benar-benar sangat bermanfaat bagi wisatawan terutama anak-anak dan siswa-siswi sekolah.

Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta

Gumuk pasir terbentuk dari lahar Gunung Merapi yang kemudian terbawa air sungai sampai ke pantai dan dasar laut. Pasir yang berada di pantai itu lalu terbawa angin laut menuju ke daratan dan membentuk sebuah gundukan pasir yang kemudian disebut dengan gumuk pasir.

Melihat Berbagai Koleksi Kemaritiman di Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta

Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta

Maritim yaitu suatu hal yang berkaitan dengan laut. Nah, di Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta ini menyimpan berbagai macam koleksi benda kelautan. Misalnya berbagai kerajinan yang terbuat dari aneka jenis tanaman-tanaman laut. Tanaman-tanaman laut itu diantaranya seperti kayu cemara laut, tangkai enceng gondok, bintang laut, kerang, ikan, aneka bebatuan dan lain sebagainya.

Mengenal Tempat-Tempat Pantai Di Yogyakarta

Di museum ini wisatawan juga bisa mengetahui dan mengenal tempat-tempat pantai yang biasanya digunakan sebagai objek wisata. Beberapa diantaranya seperti Pantai Parangtritis, Pantai Glagah, Pantai Krakal, Pantai Kuwaru dan lain sebagainya.

Melakukan Olahraga Sandboarding Di Pasir

Sandboarding adalah olahraga berselancar atau meluncur di atas pasir menggunakan papan luncur dan helm. Olahraga ini cukup ekstrem tetapi banyak diminati di Jogja sejak tahun 2014. Terdapat lima tempat terbaik untuk melakukan olahraga ini yaitu di Jepang, Australia, Uni Emirat Arab, Mesir dan terakhir yaitu Indonesia yang bertepatan di daerah Yogyakarta.

Lokasi, Akses dan Rute Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta

Museum Gumuk Pasir letaknya berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Tepatnya berada di Kabupaten Bantul, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Yogyakarta. Jadi apabila Anda sedang berkunjung ke Pantai Parangtritis bisa sekaligus menyempatkan diri untuk berkunjung ke museum ini, ataupun sebaliknya. Akses jalannya pun sudah bagus dan halus jadi bisa dilalui oleh berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil dan bis.

Dari Kota Yogyakarta arahkan kedaraan menuju Jalan Parangtritis. Lalu sesampainya di TPR Pantai Parangtritis belok kanan menuju ke arah Pantai Depok. Dari Pantai Depok belok ke kiri sekitar 200 meter lagi Anda akan sampai di Museum Gumuk Pasir. Gedungnya berwarna biru dan cukup tinggi diantara gedung-gedung lain sehingga cukup jelas terlihat dari kejauhan.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari Senin s/d Jum’at pada pukul 08.00-16.00 WIB. Setiap pengunjung yang datang akan didampingi pemandu wisata. Dan khusus untuk rombongan disarankan untuk memberikan informasi terlebih dahulu. Untuk harga tiketnya sejauh ini masih gratis.

Fasilitas yang tersedia di museum ini juga sudah cukup lengkap meliputi Kantor, Ruang studio audio visual, Auditorium, Rumah Singgah, Ruang diklat, Kamar mandi, Photobooth, Parkir luasdan Pemandu museum.

Demi kenyamanan saat berkunjung ke Museum Gumuk Pasir lebih baik Anda menggunakan topi atau penutup kepala karena kondisi di luar museum cukup panas. Sementara untuk keperluan transportasi menuju Museum Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta. Anda bisa menggunakan jasa rental motor kami, Jogja Rental Motor. Pelayanan kami sangat ramah dan murah dengan harga bersahabat. Selain terpercaya kami juga akan menjamin perjalanan liburan Anda lebih menyenangkan dan berkesan.