Puas berkeliling ke objek wisata alamnya yang menawan, sempatkan pula untuk berkunjung ke Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta. Di museum ini Anda bisa memperkenalkan anak-anak dengan para pahlawan Indonesia sekaligus mengenang jasa-jasanya. Lalu apa saja sih keseruan dan pelajaran yang bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke museum ini? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Sejarah Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta

Sebuah sejarah hitam dan tragedi Nasional pernah tertoreh dan menimpa Bangsa Indonesia, peristiwa tersebut biasa Kita kenal dengan G30 S/PKI. Pada saat itu penculikan dan pembunuhan terjadi dengan sangat kejam. Setidaknya ada sembilan pahlawan revolusi yang gugur saat itu. Dan dua diantaranya gugur di Yogyakarta, beliau yaitu Komandan Korem Pamungkas Brigadir Jendra TNI Katamso dan Kas Rem Pamungkas Kolonel Inf Soegijono Gugur.

Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta

Dan untuk mengenang peristiwa sejarah kejam G30 S/PKI, dibangunlah  dua monumen di dua lokasi yang berbeda. Pertama, terletak di Ibu Kota Jakarta yaitu Monumen Pancasia Sakti Lubang Buaya. Kedua, Berada di Kota Yogyakarta yaitu Monumen Pahlawan Pancasila. Lokasi pembangunan monumen ini terletak tepat dimana kedua pahlawan revolusi tersebut terbunuh.

Monumen Pahlawan Pancasila Yogyakarta  dibangun untuk mengenang jasa dan sejarah perjuangan para tokoh revolusi. Selain itu juga sebagai penghormatan terakhir atas gugurnya dua diantara perwira angkatan darat yang menjadi saksi bisu kekejaman PKI. Sekaligus agar dapat dijadikan tempat refleksi diri untuk masyarakat sekarang ini.

Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta mempunyai sebuah ruang pendopo khusus yang di dalamnya terdapat lubang jenazah dari dua perwira angkatan darat, Kolonel Katamso dan dan Letnan Kolonel Sugiyono. Pendopo ini juga merupakan lokasi utama dan paling menarik yang ada di museum. Selain itu, beberapa cerita tentang penculikan dan kekejaman pemberontakan PKI pun tertulis rapi di relief-relief yang ada di dinding museum.

Beberapa koleksi lain di museum ini juga dapat wisatawan temukan beberapa diantaranya seperti replika kendaraan yang digunakan saat penculikan, pakaian dan berbagai foto. Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta dibangun pada tahun 1986 dan selesai pada tahun 1991 dan diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII pada tanggal 1 Oktober 1991.

Koleksi Museum Pahlawan Pancasila

Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta

Objek wisata utama di Museum Pahlawa Pancasila Yogyakarta terletak pada sebuah ruangan yang berisi lubang jenazah dua letnan kolonel angkatan darat yang terbunuh oleh PKI. Namun, di museum ini juga wisatawan dapat menemukan koleksi-koleksi lain yang tidak kalah menarik dan tentunya memunyai sisi historis dan filosofisnya sendiri. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Dua buah patung pahlawan revolusi (Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegiyono) yang berukuran besar dan berdiri tegak di pintu masuk museum.
  2. Terdapat lubang dimana jenazah pahlawan revolusi ditemukan
  3. Duplikat kendaraan yang dipergunakan saat penculikan
  4. Duplikat kendaraan pengangkut jenazah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara
  5. Pakaian dinas pahlawan revolusi (Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegijono)
  6. Foto-foto Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegijono.

Lokasi, Akses dan Rute Menuju Museum Pahlawan Pancasila

Museum Pahlawan Pancasila terletak tidak jauh dari Terminal Giwangan, atau lebih tepatnya berada di Jalan Kentungan, Depok, Condongcatur, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata sudah cukup mudah dan bagus dengan jalanan beraspal dan dapat dilalui oleh beberapa kendaraan baik motor, mobil, mini bus dan bis.

Untuk sampai dilokasi wisata, Anda bisa melalui Jalan Kaliurang ata jalan tembusan dari arah Terminal Condongcatur. Dan untuk mempermudah perjalanan gunakanlah GPS sebagai penunjuk arah.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Museum Pahlawan Pancasila terbuka untuk umum setiap hari Senin s/d Kamis pukul 08.30-14.00 WIB. Sementara untuk hari Jum’at pukul 08.00-11.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB. Khusus untuk hari Minggu museum ini memang tutup. Untuk harga tiket masuknya pun masih gratis. Dan khusus untuk rombongan biasanya disarankan untuk membuat laporan terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Fasilitas yang ada d Museum Pahlawan Pancasila juga sudah cukup memadai. Seperti diantaranya terdapat parkir yang luas, taman, lapangan sepak bola dan ruangan untuk rapat maupun seminar dan diskusi.

Anda berminat untuk berkunjung ke Museum Pahlawan Pancasila Yogyakarta tetapi terkendala transportasi? Jogja Rental Motor adalah layanan kami yang siap menyediakan kebutuhan transportasi liburan Anda. Terutama motor. Aman, nyaman dan terpercaya adalah ciri khas layanan kami.