Indonesia telah menyimpan begitu banyak sejarah di masa lampau yang tidak dapat dilupakan begitu saja. Hal ini pun berlaku juga untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya tempat wisata sejarah di Yogyakarta tak lepas dari sejarah perjuangan Indonesia. Nah, salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang direkomendasikan untuk anda kunjungi adalah Museum Perjuangan. Disini anda dapat belajar sejarah lebih banyak lagi mengenai perjuangan para tokoh pahlawan Indonesia.

Tentang Museum Perjuangan

Museum-Perjuangan-yogyakarta-sewa-motor-jogja-harga

Museum Perjuangan didirikan dengan maksud untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa dalam menghadapi penjajah dan juga sekaligus mengenang masa kebangkitan nasional. Tanggal 17 Agustus 1959 proses pembangunan Museum Perjuangan dimulai dengan Sri Paku Alam VIII meletakkan batu pertama di halaman Ndalem Brontokusuman – Yogyakarta dan kemudian tahun 1959 dimulai untuk pencangkulan.

Membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk membangun tempat wisata sejarah ini. Setelah itu Sri Paku Alam VIII meresmikan Museum Perjuangan ini di tanggal 17 November 1961. Gedung Museum Perjuangan mengusung model ala Eropa. Desain bangunan ala Eropa tersebut sendiri terinspirasi dari gaya arsitektur di era kekaisaran Romawi Kuno dan desain tersebut diterapkan pada bagian atas gedung.

Sementara itu, untuk bagian bawah gedung sendiri mengusung budaya lokal dengan mengdaptasi bentuk dari Candi Mataram Hindu. Bangunan gedung tempat wisata sejarah di Yogyakarta ini juga mengangkat arsitektur Ronde Temple, yakni bentuk melingkar menyerupai candi. Relief-relief yang terdapat di museum penuh sejarah ini menggambarkan riwayat perjuangan bangsa Indonesia sejak adanya Budi Utomo sampai dengan terbentuknya NKRI.

Kemudian bagian atap museum sendiri dibangun dengan bentuk seperti topi baja yang punya 5 buah bambu runcing pada atas bola dunia. Di pintu masuk di bagian kanan dan kiri ada hiasan makara yang jadi simbol dari tolak bala.

Kemudian di depan pintu museum ada 17 trap serta 8 daun pintu. Jendela-jendela yang ada dipisahkan dengan pilar yang dilengkapi oleh hiasan berupa ukiran lung-lungan seperti api yang tidak pernah padam dan jumlahnya sendiri ada 45 buah. Kesemua jumlah-jumlah tersebut pun merupakan simbol dari Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Jadi memang tempat wisata sejarah di Yogyakarta ini menyimpan nilai history yang begitu besar.

Hal Menarik di Museum Perjuangan

Koleksi-museum-perjuangan-yogyakarta-sewa-motor-jogja-mingguan

Kegiatan paling menarik yang dapat dilakukan di Museum Perjuangan adalah belajar banyak mengenai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan RI. Area pameran dalam ruangan dan luar ruangan menjadi bagian kelengkapan dari fasilitas penunjang di Museum Perjuangan.

Untuk dalam ruangan terdapat koleksi mulai dari meriam, buku, hingga benda-benda berejarah yang pernah dipakai para pahlawan Indonesia. Sedangkan untuk koleksi bangunan museum sendiri, kemudian koleksi relief patung kepala dari para pahlawan nasional dan juga relief-relief sejarah yang menceritakan tentang Budi Utomo sampai terbentuknya NKRI ditempatkan di luar ruangan alias outdoor.

Keduanya sama-sama wajib dikunjungi. Fasilitas penunjang lainnya lagi di Museum Perjuangan adalah lahan parkir yang mumpuni, hotspot area, toilet sampai dengan taman bermain.

Harga Tiket

Harga tiket masuk untuk orang dewasa hanya Rp. 2.000 saja dan untuk anak-anak hanya Rp. 1000 dan kalau anda datang rombongan, harga tiket masuk menjadi hanya Rp. 1000 untuk orang dewasa serta anak-anak hanya Rp.500 saja. Kalau untuk wisatawan asing sendiri berbeda lagi, dikenakan biaya masuk Rp. 10.000 baik dewasa maupun anak-anak.

Jam buka Museum Perjuangan mulai Senin sampai Jumat, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Khusus Jumat, tempat wisata sejarah di Yogyakarta ini tutup pukul 16.30.

Lokasi dan Akses

Museum Perjuangan berlokasi di Jalan Kol. Sugino Nomor 24, Yogyakarta. Aksesnya cukup mudah, dari Purawisata anda dapat menuju ke arah Selatan hingga perempatan jalan Parangtritis dan kemudian belok kiri alias kea rah timur. Kurang lebih 200 meter anda bertemu dengan halte Bus TransJogja Sugiono 2 di Selatan lalu belok ke kanan dan di belakang halte tersebutlah Museum Perjuangan berada.

Anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor jika ingin lebih mudah mengakses Museum Perjuangan, tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Bahkan dengan menyewa motor anda bisa lebih leluasa menjelajahi sudut kota yang berjuluk Kota Gudeg ini.