Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang unik dan berbeda dari lainnya. Namanya adalah Museum Sandi. Museum Sandi menjadi tempat wisata unik di Yogyakarta yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegemaran dalam mengotak-atik kode unik ataupun senang belajar memecahkan sandi-sandi rahasia. Pasalnya, Museum Sandi adalah satu-satunya di dunia yang menyimpan koleksi berbagai benda serta perlengkapan untuk mengirimkan pesan rahasia.

Museum Sandi menyimpan sejarah persandian di Indonesia dan bahkan juga dunia. Jadi, akan sangat disayangkan kalau Anda tidak datang ke museum yang satu ini untuk menyaksikan seperti apa perninggalan aneka benda maupun peralatan yang dipakai untuk mengirimkan pesan rahasia yang lengkap dengan kode maupun sandi.

Tentang Museum Sandi

Museum-Sandi-alamat-sewa-motor-di-jogja

Berdirinya Museum Sandi diketahui awalnya atas dasar kerjasama antara Lembaga Sandi Negara dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Sri Sultan Hamengkubuwono X memprakarsai pembangunan museum ini dengan tujuan sebagai tempat menyimpan koleksi persandian di Museum Perjuangan Yogyakarta. Keinginan tersebut kemudian disampaikan pada tahun 2006.

Secara resmi Museum Sandi dibuka pada tanggal 29 Juli 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, kemudian Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta serta Kepala Lembaga Sandi Negara. Sebelum berdiri sendiri seperti sekarang, dulunya Museum Sandi berbagi gedung dengan Museum Perjuangan di daerah Mergangsang. Kemudian baru pada tahun 2014, tempat wisata unik di Yogyakarta pindah ke Kotabaru yang menjadi lokasinya hingga sekarang.

Museum Sandi menempati gedung lama kepunyaan AURI yang sudah tidak digunakan lagi. Gedung Museum Sandi dibangun 2 lantai dengan sebanyak 9 ruang yang dipakai untuk menyimpan sederet benda-benda bersejarah yang kaitannya dengan persandian sejak masa sebelum kemerdekaan RI.

Hal Menarik di Museum Sandi

koleksi-Museum-Sandi-rental-motor-area-jogja

Menjadi satu-satunya museum di dunia yang mengoleksi berbagai perlengkapan untuk mengirimkan pesan rahasia, Anda bisa menjumpai di Museum Sandi antara lain adalah buku kode sandi, telegraf, sampai mesin sandi yang dibuat oleh Indonesia ataupun yang buatan luar negeri. Inilah yang memang menjadikan Museum Sandi sangat menarik dan sekaligus menjadi tempat wisata unik di Yogyakarta.

Alat-alat yang dikoleksi di Museum Sandi memiliki cerita sejarah, dimana dulunya alat-alat tersebut dipakai untuk mengirimkan sinyal maupun pesan penyerangan terhadap musuh agar tidak terdeteksi oleh musuh. Mesin-mesin yang ada di Museum Sandi memiliki kontribusi yang besar untuk para pahlawan Indonesia dalam membebaskan Negara dari penjajahan.

Museum Sandi bukan cuman menyimpan mesin-mesin pengirim sandi saja, namun juga menyimpan dokumen sandi, kemudian gambar, diorama, sampai dengan sepeda onthel tua yang besejarah karena dulunya sepeda onthel tersebut dipakai oleh seorang kurir untuk mengantarkan pesan.

Hal menarik lainnya lagi di tempat wisata unik di Yogyakarta ini adalah fasilitas multimedia yang disediakan dengan teknologi terkini touchscreen. Fasilitas tersebut membuat para pengunjung dapat bermain dengan interaktif dalam memecahkan kode serta system sandi. Ini sangat tepat untuk Anda coba sebagai sarana belajar memecahkan sandi. Pemandu di museum ini akan siap menjelaskan banyak hal tentang Museum sandi ke para pengunjung.

Jam Buka

Museum Sandi bisa Anda kunjungi setiap hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan jam tutupnya sendiri untuk Senin hingga Kamis adalah 15.30 WIB, hari Jumat tutup pukul 16.00 WIB dan hari Sabtu hingga Minggu tutup lebih awal, yakni pukul 12.00 WIB. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke tempat wisata unik di Yogyakarta ini.

Lokasi

Anda yang ingin datang ke Museum Sandi, silahkan menuju ke Jalan Faridan M. Noto Nomor 21 Kotabaru, Yogyakarta. Berada di lokasi yang strategis, museum yang satu ini bisa dicapai dengan moda transportasi yang mudah. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa mengandalkan Bus TransJogja.

Nah, kalau ingin lebih mudah lagi, Anda dapat menyewa motor di sewamotorjogja.id dengan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal. Belum lagi ditambah Anda bisa menerima aneka fasilitas sewa motor. Dengan menyewa motor di Jogja Rental Motor, Anda akan dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata unik di Yogyakarta, tak terkecuali pastinya juga adalah berkunjung ke Museum Sandi dengan lebih mudah dan efektif lagi.