Museum Soeharto Yogyakarta merupakan objek wisata yang menarik di Jogja, apalagi bagi para pelajar dan pencinta sejarah. Museum mantan presiden Indonesia ini diresmikan oleh para pejabat, H. Probosutedjo, juga putri Soeharto bernama Mbak Tutut. Menariknya, museum ini dibangun bukan oleh pemerintah, namun usul dari keluarga cendana. Kehidupan presiden yang menjabat 32 tahun tersebut memang menarik untuk diabadikan, dari hitam dan putihnya.

Museum yang dibangun di tanah kelahiran Soeharto ini memiliki luas 3.620 meter. Seperti namanya, di museum ini Anda akan diajak lebih mengenali sosok Soeharto. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan hal menarik mengenai museum ini.

Melihat Patung Besar Soeharto Karya Edhi Sunarso

Museum Soeharto Yogyakarta

Ketika Anda memasuki museum, Anda akan disapa oleh patung berukuran besar yang mengambarkan Soeharto. Patung ini dibuat oleh seniman yang tak asing lagi namanya, yaitu Edhi Sunarso. Anda juga akan menemukan batu besar yang merupakan penanda atau prasasti peresmian museum ini.

Berbagai Koleksi Menarik di Pendopo Museum Soeharto Yogyakarta

Memasuki pendopo, Anda akan disuguhi oleh berbagai gambar-gambar multimedia yang mengambarkan sosok Soeharto, lebih tepatnya perjuangannya dan sepak terjangnya selama hidup. Anda juga akan melihat buku elektronik. Selain itu ada juga patung Soeharto setengah badan yang tampak ramah.

Berbagai Koleksi Menarik di Ruang Diorama

Museum Soeharto Yogyakarta

Untuk melihat lebih lengkap koleksi di museum ini, Anda dapat memasuki ruang diorama. Di ruang ini, aroma tradisional dan modern tampak berpadu dengan sangat apik. Anda akan melihat instansi roll film yang memperlihatkan dokumentasi visual gerak mengenai perjuangan Soeharto. Anda juga dapat melihat kegiatan koordinasi Soeharto dengan Panglima Besar Sudirman mengenai serangan umum 1 Maret 1949. Dan berbagai diorama mengenai perjuangan Soeharto lainnya.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Museum Soeharto Yogyakarta

Museum Soeharto di Bantul tersebut tidak memungut tiket masuk, atau harga tiketnya gratis, Anda cukup mengisi buku tamu saja. Namun, jika Anda membawa rombongan harus membuat janji terlebih dahulu kepada pihak pengelola, ya. Objek wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, setiap hari dari Senin sampai Minggu, dan juga hari libur nasional tempat ini tetap buka.

Fasilitas pendukung di tempat wisata sejarah di Jogja ini cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang luas dan tidak dipungut biaya, terdapat pendopo, ruang dioroma, petilasan, mushola, toilet, serta rumah tinggal Soeharto.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Soeharto Yogyakarta

Lokasi Museum Soeharto atau lebih dikenal dengan Memorial Jenderal Besar HM Soeharto berada di Jalan Nulis dan Puluhan. Tepatnya berada di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo. Sebuah dusun yang masuk ke dalam Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut cukup mudah, hanya perlu waktu 27 menit dari pusat Yogyakarta dengan menempuh jarak sekitar 11,3 kilometer.

Walaupun menuju lokasi tersebut dapat dengan mudah menggunakan bantuan Google Map, namun untuk lebih jelasnya berikut ini petunjuk rutenya untuk Anda. Awali perjalanan Anda dari Jalan Malioboro, dan arahkan kendaraan menuju selatan melewati Jalan Dagen. Arahkan lurus saja hingga sampai di Jalan Margo Mulyo. Setelah lebih dari setengah kilometer akan ditemukan persimpangan, beloklah ke kanan ke Jalan KH. Ahmad Dahlan atau disebut juga Jalan Raya Jogja.

Setelah menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer, Anda akan sampai di sampai di Jalan R. E. Martadinata, atau Jalan Water, atau juga disebut jalur Jalan Yogyakarta-Wates, lurus terus sekitar 2,4 kilometer sampai melewati Jalan Patukan. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan idoarum-Bantulan atau Jalan Sidoarum-Gamping. Kemudian sebelum Indomaret Ambarketawang, beloklah ke kiri. Jalankan kendaraan sekitar 3,5 kilometer, kemudian belok kiri ke Jalan Kemusuk-Sawo. Lurus terus hingga sampai ke lokasi tujuan Anda.

Mengenang kembali sosok mantan presiden kedua bangsa Indonesia di Museum Soeharto Yogyakarta menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu liburan Anda di Yogyakarta. Nah, untuk menyempurnakan liburan Anda selama di Kota Gudeg ini, lebih tepatnya untuk sampai di lokasi-lokasi tujuan dengan mudah, kami sudah menyiapkan kendaraan terbaik untuk Anda. Kami Jogja Rental Motor, adalah rental terpercaya dengan harga sewa yang sangat bersahabat. Cobalah…