Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai pasir cokelat selain Parantritis, tak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Baron yang ada di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Baron Yogyakarta ini terbilang unik. Pasalnya pantainya hampir menyerupai bentuk teluk dan berpasir cokelat kehitaman.

Nama pantai ini, konon katanya, berasal dari salah satu bangsawan Belanda yang cukup sakti, Baron Skeber. Katanya, bahkan ia bisa menawan salah satu petinggi kerajaan Mataram, yaitu Panembahan Senopati Kesultanan Mataram. Kapal dari Baron Skeber ini katanya pernah berlabuh di teluk yang berpasir cokelat kehitaman yang diapit oleh beberapa bukit. Yang kemudian teluk ini dinamakan dengan Pantai Baron.

Masyakarat di sekitar Pantai Baron masih memiliki kepercayaan yang kuat akan hal-hal yang berbau mistis. Di mana, mereka yakin bahwa Ratu Pantai Selatan merupakan jelmaan dari dewi yang biasa menolong, memberi rezeki dan perlindungan kepada mereka. Sehingga, para warga selalu memberikan sesaji, upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih kepadanya setiap tahun pada tanggal 1 bulan sura (muharram).

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan pantai Baron Yogyakarta berikut ini:

Pertemuan Dua Jenis Air di Pantai Baron Yogyakarta

Jika Anda penasaran dengan pertemuan dua air, yakni air tawar dan air asin, Anda bisa berkunjung ke Pantai Baron ini. Di sini, Anda bisa menikmati pertemuan dua jenis air tersebut. di mana air tawarnya berwarna kehijauan dan berasal dari bawah tanah, sedangkan air asinnya berwarna kebiruan dan berasal dari laut. Perpaduan dua jenis air ini juga merupakan magnet tersendiri yang membuat banyak orang mengunjungi pantai Baron.

Pantai-Baron-yogyakarta

Pertemuan kedua air ini sangatlah eksotis dan indah. Pemandangan dari atas Mercusuar ke arah pantai Baron juga cukup memikat mata pengunjung. Pengunjung bisa melihat bentuk indah dari pantai Baron yang berbentuk huruf U dan pemandangan hijau bukit-bukit yang ada di sekitar pantai.

Bermain Ombak dan Menikmati Lezatnya Seafood di Pantai Baron

Pantai-Baron-yogyakarta

Keindahan pantai Baron tak perlu diragukan lagi. Oleh karenanya banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Di antara kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Baron sebagai berikut:

  • Menikmati seafood yang lezat

Bagi Anda penggemar seafood, tentu jangan sampai tak mencicipi jajan seafood yang ada di warung-warung di sepanjang Pantai Baron. Seperti ikan bawal, tongkol, kakap, udang, dan masih banyak lainnya.

  • Bermain air

Jika ombak tak pasang, dan tak ada larangan untuk berenang dan bermain air, Anda bisa berenang dan bermain air di pantai Baron ini.

  • Berjalan menyusuri garis Pantai Baron

Jika Anda bosan dan lelah berenang dan bermain air, Anda bisa menyusuri garis pantai sembari menikmati kenindahan pemandangan yang ada di Pantai Baron.

  • Menaiki menara mercusuar

Jika Anda ingin mengambil foto untuk mengabadikan momen indah di pantai Baron, coba ambillah dari ketinggian di atas mercusuar bercat putih yang ada di pantai ini. Anda juga bisa melihat betapa indahnya pantai Baron dari atas ketinggian 40 meter dengan hanya membayar Rp5.000 saja.

Lokasi dan Rute ke Pantai Baron Yogyakarta

Pantai Baron berlokasi di desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Anda bisa melalui Jalan Nasional III atau dari Stasiun Lempuyangan melalui jalan yang sama. Atau pilihan kedua, dengan menuju arah Wonosari dan kemudian melihat petunjuk jalan yang banyak bertebaran di jalan raya untuk menuju ke Pantai Baron.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Baron

Tiket masuk ke Pantai Baron Yogyakarta ini cukup murah, hanya Rp10.000. Tapi, untuk menaiki mercusuar Anda harus membayar Rp5.000 dan biaya parkir Rp2.500 untuk roda empat dan Rp1.000 untuk roda dua.

Fasilitas yang ada di pantai Baron cukup memadai, di antaranya ada toilet, warung makan, camp ground, mercusuar, gardu pandang, toko souvernir, tempat parkit dan lain sebagainya. Di sekitar pantai juga ada yang menyediakan penginapan bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar kota.

Sangat menarik, bukan? Itulah ulasan singkat Pantai Baron Yogyakarta yang menyimpan berbagai macam keindahan alam di wilayah Gunungkidul. Bagi Anda yang tak ingin susah dan repot untuk mengunjungi pantai ini, Anda bisa menyewa jasa sewa motor. Layanan tersebut bisa Anda akses melalui laman Jogjarentalmotor.com. Sekian dan selamat menikmati liburan Anda!