Indonesia merupakan wilayah yang sebagian besarnya merupakan perairan dan terdiri dari banyak pulau-pulau. Tidak mengherankan jika banyak sekali ditemukan berbagai pantai-pantai indah nan mempesona di wilayah Indonesia. Selain Bali dan Lombok, Yogyakarta merupakan suatu daerah yang juga memiliki keindahan pariwisata pada pantainya. Selain indah pantai-pantai di Jogja juga tegolong unik, salah satunya adalah Pantai Baru Jogja.

Sebelum memasuki area pantai, wisatawan terlebih dahulu akan disuguhi sebuah patung harimau dan hiu yang juga sekaligus menjadi ikon pantai ini. Lalu keseruan apa saja yang bisa dinikmati oleh wisatawan? Simak ulasannya berikut.

Pantai Baru Jogja, Lokasi Piknik Keluarga yang Nyaman dan Damai

Pantai Baru memang tidak begitu terkenal seperti Pantai Parangtritis, inilah yang menjadikan pantai ini memiliki suasana sepi dan damai. Tidak heran jika banyak ditemukan para wisatawan yang sedang bersantai. Keberadaan pohon cemara udang di sekeliling pantai membuat suasana teduh ditambah angin semilir yang menyegarkan.

Pantai Baru Jogja

Menikmati Deburan Ombak Pantai Di atas Hammock

Keberadaan pohon cemara udang selain menguntungkan untuk tempat berteduh juga dapat digunakan untuk memasang hammock sambil bersantai menikmati indahnya pantai. Namun untuk hammocknya wisatawan harus membawanya sendiri dari rumah.

Menikmati Wisata Edukasi

Jika berkunjung ke Pantai Baru jangan sampai melewatkan wisata edukasi ini. Di sini wisatawan dapat belajar memahami biodigester dan genset biogas, melihat teknologi aquaponik di kolam ikan air tawar, dan lebih dekat dengan kincir angin.

Mengelilingi Pantai Berpasir Putih dengan ATV

Pantai Baru Jogja juga dilengkapi dengan fasilitas penyewaan ATV bagi wisatawan yang ingin berkeliling pantai. Dengan ATV wisatawan bisa berkeliling pantai menikmati semilir agin laut sambil menyaksikan dan mendengarkan dendangan deburan ombak yang menghantam.

Berburu Foto Kece Berlatarka Kincir Angin

Pantai Baru Jogja

Salah satu keunikan yang ada di Pantai Baru Jogja ini yaitu keberadaan beberapa kincir angin yang ada di sepanjang jalan menuju Pantai Baru. Kincir angin ini merupakan sebuah bantuan yang ditujukan sebagai bagian dari program uji coba pembangkit listrik alternatif. Nah, adanya kincir angin ini pun seringkali dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai latar untuk berfoto ataupun selfi.

Menyaksikan Pelepasan Penyu

Pantai Baru selain memiliki pemandangan yang indah juga merupakan tempat penampungan ikan (TPI) dan area pelepasan penyu. Hal ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menyaksikan pelepasan penyu sampai senja menyapa.

Lokasi, Akses dan Rute Pantai Baru Jogja

Lokasi Pantai Baru sendiri berdekatan atau searah dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru. Lebih tepatnya berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Akses menuju lokasi tergolong mudah untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan kendaraan roda empat baik mobil maupun bus.

Untuk sampai ke lokasi wisata, Anda bisa melalui pasar satwa dan tanaman hias Yogyakarta kemudian menuju Jalan Bantul. Lalu  ikuti jalan hingga sampai ke Pos Retribusi, sesampainya disana belok kanan ke Jalan Jalur Lintas Selatan. Ikuti saja petunjuk jalan sampai menemukan papan penunjuk  ke Pantai Baru. Atau Anda juga  bisa memanfaatkan GPS sebagai petunjuk arah agar lebih mudah.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Pantai Baru terbuka untuk umum pada pukul 06.00 pagi. Harga tiket masuknya pun cukup murah, setiap wisatawan hanya perlu membayar uang sejumlah Rp3.000 saja. Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap dimulai dari penyewaan ATV, kolam renang, masjid yang luas, area parkir, toilet dan warung makan yang menyediakan berbagai menu laut yang lezat.

Untuk memperoleh liburan yang menyenangkan dan berkesan, tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Baik dari segi finansial, kesehatan, akomodasi selama liburan dan kendaraan. Kendaraan atau transportasi sendiri merupakan hal paling krusial yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Baru Jogja namun kendaraan sedang bermasalah. Jangan risau dan bimbang memanfaatkanlah jasa rental motor, Jogja Rental Motor milik kami. Kami akan mengantar dan menemani kebutuhan transportasi Anda selama berada di Kota Yogyakarta.