Pantai Depok Yogyakarta terkenal sebagai pantai yang indah dengan hasil laut melimpah dan memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Selain itu tentu saja Pantai Depok mempunyai keindahan alam yang sangat memukau.

Keindahan Pantai Depok Yogyakarta yang Tiada Duanya

Pantai Depok adalah lokasi paling ideal untuk menyaksikan matahari terbit. Untuk menikmati matahari terbit di Pantai Depok, sebaiknya Anda datang ke sana sejak subuh agar tidak ketinggalan momen menakjubkan ketika mentari baru menampakkan sinarnya.

Pantai Depok Yogyakarta

Tak jauh dari Pantai Depok Yogyakarta terdapat gumuk pasir yang menjadi lokasi menarik untuk berfoto karena menyerupai gurun di Arab dan Afrika. Gumuk pasir diperkirakan telah terbentuk sejak ribuan tahun lalu dari pasir hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang dibawa oleh angin ke tempat ini.

Pantai Depok juga sudah dibuka secara resmi untuk kegiatan wisata olahraga di udara. Landasan pacu sepanjang 800 meter sangat sesuai untuk melakukan terjun payung dan paralayang. Tak hanya oleh atlet nasional, olahragawan mancanegara dari Thailand, Filipina, dan Amerika pun turut berlatih di Pantai Depok.

Pantai ini pernah juga menjadi lokasi kegiatan Jogja Air Show dan kompetisi lain seperti paralayang, gantole, dan mikrolet. Bagi Anda yang suka berkemah, bermalam di Pantai Depok Bantul dapat dilakukan. Dengan meminta izin kepada pengelola, Anda diperbolehkan mendirikan tenda di bagian barat pantai. Karena tidak ada tempat penyewaan peralatan di sini, Anda harus membawa tenda dan perlengkapan kemah sendiri.

Tempat Pelelangan Ikan Pantai Depok Jogja

Pantai Depok Yogyakarta dikembangkan secara khusus sebagai tempat pelelangan ikan dan wisata kuliner makanan laut. Kegiatan mencari ikan di Pantai Depok dimulai sekitar tahun 1997 ketika nelayan yang berasal dari Cilacap mendapatkan tempat pendaratan di sana. Sejak itu warga sekitar pantai mulai menekuni profesi sebagai pencari ikan atau tekong. Mereka melaut dengan perahu motor bercadik yang beroperasi sepanjang tahun. Hanya pada hari tertentu seperti Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, mereka tidak melaut. Di luar musim paceklik bulan Juni-September, hasil tangkapan cukup memuaskan.

Nelayan setempat kemudian mendirikan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) karena melimpahnya hasil laut. PPI juga dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang bernama Mina Bahari 45. Di samping itu, TPI juga menerima setoran ikan dari nelayan di wilayah pantai lainnya. Pengunjung Pantai Depok pun semakin banyak lantaran lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis.

Wisata Kuliner Seafood di Pantai Depok

Melihat peluang tersebut, kemudian masyarakat mulai membuka warung makan seafood di sekitar pantai. Konsep tradisional dipilih untuk menjadikan pengunjung merasakan kedekatan dengan masyarakat. Warung dibangun sederhana dengan atap limasan dan tempat duduk lesehan beralaskan tikar dan meja kecil untuk meletakkan makanan. Meski sederhana, warung makan di pantai ini sangat nyaman dan bersih.

Harga makanan laut di Pantai Depok Jogja pun terbilang murah. Contohnya ikan kakap putih dan merah seharga Rp17.000-Rp25.000 per kilogram, dan ikan bawal dihargai Rp27.000-Rp60.000 per kilogram. Anda pun dapat menikmati hidangan laut lain seperti cumi-cumi, udang, dan kepiting.

Ikan dan makanan laut lain yang sudah dipilih dapat dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Di pelelangan ikan, Anda bisa memilih bahan makanan yang diinginkan, kemudian ada yang akan mengantar Anda ke warung makan. Dengan mengeluarkan ongkos masak sebanyak Rp22.000-Rp25.000 Anda dapat menikmati hidangan enak ditambah minuman.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Depok Bantul hanya Rp5.000 per orang. Di Pantai Depok juga disediakan ATV yang dapat disewa oleh wisatawan dengan tarif mulai Rp50.000.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Pantai Depok Yogyakarta berada di Kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak Pantai Depok dari pusat kota Yogyakarta sekitar 30 km. Untuk pergi ke sana Anda dapat memilih rute menuju Banguntapan, kemudian menyusuri Jalan Pleret hingga Pasar Pleret. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju Imogiri dan lurus hingga ke Gua Cerme dan Pantai Parangtritis. Dari Parangtritis jarak ke Pantai Depok kurang lebih 1 km saja.

Disarankan Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Depok Yogyakarta demi kenyamanan dan efisiensi waktu liburan. Tetapi jangan risau jika tidak membawa kendaraan sendiri. Kami menyediakan kendaraan bermotor untuk disewa dengan harga bersahabat. Hubungi Jogja Rental Motor untuk layanan terbaik dari kami.