Pantai-pantai yang ada di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu destinasi yang tak ada duanya karena keunikan yang ada di sana ialah Pantai Drini Yogyakarta.

Nama Pantai Drini berasal dari sebuah tumbuhan yang banyak tumbuh di pulau yang berada di tengah Pantai Drini ini. Tanaman itu bernama Santigi, yang oleh penduduk setempat disebut dengan Drini. Maka dari itulah pantai ini dinamakan Pantai Drini.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai wisata Pantai Drini Yogyakarta, Anda bisa menyimak uraian berikut ini dengan seksama.

Dua Pemandangan yang Saling Bertolak Belakang di Pantai Drini Yogyakarta

Pantai-Drini-yogyakarta

Pantai Drini memiliki keindahan alam yang memikat dan tak ada duanya jika dibandingkan dengan pantai lain. Yaitu adanya pulau di tengah-tengah Pantai Drini yang membagi pantai menjadi dua bagian yang saling bertolak belakang. Tak heran jika wisatawan banyak membicarakan keindahan alam pantai ini, namun pantai yang masih ‘perawan’ ini belum memiliki banyak pengunjung karena belum begitu terkenal.

Pulau yang membagi Pantai Drini menjadi dua bagian yang saling bertolak belakang itu terdiri dari bebatuan karang. Di sisi timur pulau kecil itu memiliki hawa dan karakter yang tenang. Ibarat sisi koin mata uang, di sebelah barat memiliki karakter yang kuat seakan gemuruh menyambar.

Untuk menuju pulau karang tersebut, Anda bisa menyebrangi pantai ketika air laut sedang mengalami surut. Anda bisa berjalan kaki melewati beberapa anak tangga yang sudah disediakan oleh pengelola wisata Pantai Drini.

Berkeliling Pantai Drini

Pantai-Drini-yogyakarta

Anda bisa berkeliling ke dua wilayah yang berbeda di pantai Drini. Di sebelah timur terdapat tebing yang terlihat gagah dan garang. Wilayah ini memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang membawa pasangan ke pantai sebelah timur ini karena suasananya romantis.

Di bagian barat pantai terdapat deretan perahu milik para nelayan yang tertambat di pantai setalah semalaman digunakan untuk mengasi rezeki di tengah laut.  Di bagian ini ombaknya agak kuat karena tidak ada karang yang mengahalanginya. Sehingga, Anda perlu berhati-hati jika membawa anak kecil.

Karena pemandangan Pantai Drini yang cukup menawan, Anda bisa mengabadikan momen dengan mencari spot foto yang menawan. Nantinya Anda bisa berbagi kepada teman-teman ataupun ke media sosisal yang Anda miliki.

Jika lelah berkeliling di Pantai Drini, istirahatlah sejenak untuk merenggangkan otot-otok agar sedikit lemas di gazebo yang banyak tersedia. Gazebo tersebut beratapkan ilalang. Anda juga bisa menikmati indahnya pantai dan lembutnya hembusan angin di gazebo ini sambil menikmati segarnya es air kelapa muda.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Drini

Lokasi Pantai Drini berada di desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Untuk sampai ke sini jika Anda dari arah Yogyakarta, perlu menuju ke arah Wonosari yang kemudian terus saja ke Mulo lalu menuju ke arah Pantai Baron. Dari arah pantai Baron terdapat pertigaan yang sebelah kiri akan menuju ke Pantai Drini.

Jika Anda dari arah Bantul, bisa menuju ke Imogiri ke arah Jalan lintas selatan menuju Saptosari dan mengikuti arah pantai menuju Pantai Drini. Anda juga bisa mengikuti petunjuk jalan yang bertebaran di jalan raya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Drini

Tiket masuk ke Pantai Drini Yogyakarta ini cukup murah. Hanya sebesar Rp10.000 saja per orang. Parkir motor sebesar Rp3.000 dan parkir mobil sebesar Rp5.000. Fasilitas yang ada di sini juga lumayan lengkap, seperti tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah, warung makan, resto, gazebo, dan penginapan juga ada.

Nah, demikian itulah uraian singkat mengenai Pantai Drini Yogyakarta yang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang berwisata atau akan berwisata ke daerah Gunungkidul. Untuk urusan transportasi menuju pantai Drini, Anda bisa menyewa motor saja di layanan Jogja Rental Motor yang pengalamnnya sudah bertahun-tahun dan terpercaya.