Apabila membicarakan pantai di Yogyakarta, mungkin kebanyakan masyarakat lebih mengenal pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Namun ternyata Kulon Progo pun punya pantai yang tidak kalah indah. Pantai Glagah adalah salah satunya. Pantai Glagah Kulon Progo tidak hanya sekedar indah saja, namun memiliki berbagai fasilitas yang membuat para pengunjung dapat menikmati banyak aktivitas menarik. Ini hal menarik yang dimiliki Pantai Glagah:

Laguna Indah di Pantai Glagah Kulon Progo Jadi Daya Tarik Utama

Pantai Glagah sangat terkenal dengan laguna yang indah dan juga luas. Laguna ini adalah fenomena alam yang tidak banyak dimiliki oleh semua pantai. Laguna sendiri tak lain adalah telaga yang terbentuk akibat terjebaknya ombak di daratan yang berasal dari laut. Adanya laguna ini pun membuat Pantai Glagah terbagi jadi dua kawasan, yaitu daerah yang masih ditumbuhi oleh rumput dan tanaman pantai dengan daerah gudukan pasir yang berbatasan langsung dengan laut.

pantai glagah kulon progo

Airnya yang tenang menjadikan laguna Pantai Glagah menyediakan aneka wisata tirta yang dapat dijajal oleh para pengunjung. Mulai dari perahu bebek, kemudian kano, juga ada perahu berkapasitas banyak yang dapat membawa Anda dan rombongan keluarga berkeliling laguna. Letaknya yang jauh dari ombak menjadikan laguna Pantai Glagah Kulon Progo jadi spot yang paling disukai anak-anak untuk bermain.

Nah, kalau untuk aktivitas menaiki kano berkeliling laguna Pantai Glagah, tidak setiap hari tersedia dalam jumlah yang banyak. Pada hari biasa, hanya 5 sampai 10 kano saja. Baru ketika hari libur jumlah kano bisa mencapai 20. Mendayung kano akan jadi aktivitas yang sangat menarik tentu di laguna Pantai Glagah ini. Aktivitas lainnya lagi yang bisa dilakukan di laguna Pantai Glagah adalah memancing.

Tetrapod Pemecah Ombak yang Menambah Keindahan Pantai Glagah

Keindahan Pantai Glagah saat dipandang tidak hanya berasal dari hamparan laut yang luas saja. Akan tetapi pantai yang satu ini juga dikenal dengan tetrapod pemecah ombak. Pengunjung Pantai Glagah Kulon Progo bisa menjumpai banyaknya tetrapod yang berada di sebelah barat pantai. Tetrapod-tetrapod tersebut selalu memecahkan ombak ganas Pantai Glagah yang memberikan keindahan tersendiri untuk pantai ini.

pantai glagah kulon progo

Tetrapod di Pantai Glagah adalah salah satu spot berfoto yang bagus. Jadi, jangan lewatkan untuk mengabadikan gambar dengan latar tetrapod Pantai Glagah ketika sedang memecah deburan ombak.

Menyusuri Gundukan Pasir Pantai dengan Motorcross Atau ATV

Setelah puas bermain air, lanjutkan kegiatan wisata di Pantai Glagah dengan menyusuri gundukan pasir pantai menggunakan sepeda, motorcross atau ATV. Menaklukan medan berpasir tentu akan jadi kegiatan menarik yang memacu adrenalin. Tentu ini bisa jadi alternative yang sangat bagus jika bosan menyusuri pasir pantai dengan hanya berjalan-jalan saja.

Panen dan Menikmati Buah Naga di Perkebunannya

Belum habis kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Glagah Kulon Progo. Ingin pengalaman yang berbeda saat berwisata ke pantai? Silahkan untuk datang ke perkebunan buah naga yang masih satu kawasan dengan Pantai Glagah. Para pengunjung bisa melihat banyaknya tumbuhan buah naga dan bahkan ikut petani untuk mamanen ataupun membeli buah naga untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Perkebunan ini juga merawat beberapa tumbuhan buah-buahan lainnya sampai dengan tanaman herbal.

Penginapan Hingga Kuliner Seafood Lengkapi Keseruan di Pantai Glagah

Apabila ingin berlama-lama di Pantai Glagah Kulon Progo, silahkan ajak keluarga untuk menginap di losmen kecil yang tak jauh dari Pantai Glagah. Pada sore menjelang malam, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan sunset dengan juga menyantap kelezatan kuliner seafood yang tersedia di berbagai tempat makan sekitar Pantai Glagah. Ini pasti akan semakin melengkapi keseruan berkunjung ke Pantai Glagah.

Harga Tiket, Lokasi dan Akses Menuju Pantai Glagah

Harga tiket masuk Pantai Glagah hanya Rp5.000 saja. Sedangkan untuk menikmati berbagai wahana permainan, terdapat biaya sendiri yang berbeda-beda.

Lokasi Pantai Glagah sendiri berada di Glagah, Temon, Kulon Progo Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Wates kurang lebih 15 kilometer dan kalau dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 40 kilometer kea rah barat. Akses jalan menuju ke sana sudah sangat baik.

Cara paling mudah untuk menuju Pantai Glagah adalah dengan membawa kendaraan pribadi. Jika datang ke Yogyakarta tidak membawa kendaraan pribadi, kami Jogja Rental Motor siap menbantu. Kami memiliki banyak motor yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Pantai Glagah Kulon Progo dengan lebih mudah. Soal harga tak perlu khawatir, jasa sewa motor kami punya banderol harga yang tak akan menguras kantong.