Yogyakarta, salah satu kota yang terkenal akan keindahan objek wisatanya. Kota yang juga terkenal akan kuliner gudeknya itu selalu menjadi incaran wisatawan lokal maupun asing. Yogyakarta menyajikan berbagai objek wisata yang membuat pengunjungnya selalu ingin kembali datang. Salah satu ojek wisata yang paling menarik wisatawan adalah pantainya yang indah, tidak terkecuali sang primadona Pantai Indrayanti Yogyakarta.

Dahulu, Pantai Indrayanti memiliki nama Pantai Pulang Syawal. Agar mudah untuk diingat kemudian di singkat menjadi Pantai Pulsa. Namun dari waktu ke waktu pantai pulang syawal lebih akrab dikenal sebagai Pantai Indrayanti. Asal muasal nama Indrayanti diambil dari nama pemilik rumah makan yang tidak jauh dari pantai yaitu bapak Indra dan ibu Yanti. Sebab itulah kemudian nama Pantai Indrayanti dikenal wisatawan sampai saat ini.

Anda tidak perlu ragu untuk berkunjung ke Pantai Indrayanti, karena Anda akan disuguhi keindahan alam yang menyejukkan mata. Untuk mengetahui keindahan apa saja yang dapat Anda nikmati. Mari simak ulasan Pantai Indrayanti Yogyakarta berikut.

Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta Sang Primadona dari Gunung Kidul

Pantai Pulang Syawal atau lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti memiliki daya tarik karena keindahan air lautnya yang biru serta pasir putihnya yang cantik. Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai primadona di Yogyakarta dan tidak kalah jika dibandingkan dengan Pantai Pandawa di Bali.

Pantai-Indrayanti-yogyakarta

Pantai ini diapit oleh tebing yang menjulang tinggi ditambah kemegahan bukit-bukit disekir pantai yang membuat panoramanya semakin unik dan menyegarkan mata. Hamparan pasir putihnya yang bersih berpadu dengan birunya air laut yang jernih memberikan ketenangan. Selain itu pengelolaan wisata Pantai Indrayanti sangat baik dengan menerapkan sistem denda bagi wisatawan yang membuang sampah sembarangan sebesar Rp10.000.

Adanya beberapa kebijakan dari pengelola, membuat pantai indayanti tetap mempertahankan kebersihannya. Sehingga pengunjung menjadi lebih nyaman berlama-lama menikmati keindahan pantai.

Tempat yang Nyaman untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Pantai-Indrayanti-yogyakarta

Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Pantai Indrayanti bisa Anda jadikan tempat berkumpul dengan keluarga sambil menikmati keindahan pasir putih dan deburan air lautnya yang biru. Jika Anda memerlukan ruang yang luas, Anda bisa menyewa sebuah gazebo dengan membayar Rp30.000,00 saja. Pilihan lainnya Anda juga bisa menyewa payung dan alasnya dengan membayar Rp20.000,00.

Spot Terbaik untuk Berfoto

Apabila Anda penikmat foto dengan panorama pasir pantai yang membentang serta birunya air laut, Pantai Indrayanti merupakan spot terbaik yang bisa anda kunjungi. Selain itu tebing dan bukit yang berada dipinggir pantai menjadi nilai tersendiri untuk hasil foto yang bagus.

Lokasi dan Rute ke Pantai Indrayanti Yogyakarta

Anda dapat berkunjung ke Pantai Indrayanti yang berlokasi di sisi Pantai Sundak Timur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta bersama sanak saudara Anda. Letak Pantai Indrayanti memang cukup jauh dari pusat kota dengan jarak sekitar 70 km. Namun sesampainya di pantai Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan menawan.

Untuk sampai ke Pantai Indrayanti, Anda bisa melalui dua rute. Apabila Anda dari arah ringroad timur, Anda bisa menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek –Hargosari – Tepus. Dari arah Tepus menuju pantai sudah terdapat petunjuk arah, sehingga Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut.

Apabila anda dari arah imogiri, anda bisa menuju Siluk-Panggang-Saptosari-Trowono-Baron. Dari arah Baron, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 10 km untuk sampai di Pantai Indrayanti.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas dan Penginapan

Untuk menikmati keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp10.000 perorang. Sesampainya di dalam, Anda bisa menyewa gazebo dengan haraga Rp30.000,00. Menyewa payung dan alasnya sebesar Rp20.000.

Dan jika Anda menyukai permainan yang menguji adrenalin, Anda juga bisa menyewa jet sky seharga Rp250.000/15 menit. Untuk fasilitas toilet Anda diminta membayar Rp2.000-Rp5.000. Sementara mushola dan fasilitas permainan anak tidak dibebankan biaya sepeserpun.

Bagi wisatawan luar kota dan wisatawan asing tersedia peginapan dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Biaya sewanya sekitar Rp100.000-Rp750.000 sesuai dengan fasilitas yang akan Anda pilih. Selain penginapan, Anda bisa menikmati berbagai olahan khas Jogja di beberapa tempat makan yang telah disediakan.

Demikian ulasan tentang Pantai Indrayanti Yogyakarta, semoga informasi ini dapat membantu Anda. Untuk mempermudah perjalanan, Anda dapat memanfaatkan layanan Jogja Rental Motor. Kunjungi jogjarentalmotor.com, atau langsung kontak WA nomor 0822-6660-6664. Anda akan mendapatkan penawaran yang menarik dan liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.