Pantai di selatan kota Yogyakarta satu ini merupakan pantai yang cukup unik. Berbeda dengan pantai lain yang hanya menyuguhkan pasir putih, batu karang dan tebingnya yang elok. Pantai Jogan Yogyakarta menyuguhkan keindahan yang eksotis antara air laut dan air terjun yang mengalir ke bibir pantai. Perpaduan antara air laut dan air terjun membuat pemandangan di Pantai Jogan semakin bertambah menawan.

Pantai Jogan menduduki posisi teristimewa dari pantai-pantai lain di pesisir Gunung Kidul. Hal itu dikarenakan pantai ini menawarkan keindahan air terjun di pinggir pantai yang tidak ditemukan di pantai-pantai lain di Yogyakarta. Di pulau Jawa sendiri pantai seperti ini hanya di temukan di lima daerah yaitu Pacitan, Trenggalek, Malang, Madura dan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Keindahan Pantai Jogan Yogyakarta

Untuk mengetahui keindahan yang dapat Anda peroleh di Pantai Jogan. Simak beberapa ulasan tentang keseruan Pantai Jogan Yogyakarta, sehingga bisa menjadi referensi Anda jika berkunjung kesana.

Air Terjun Khas Pegunungan di Bibir Pantai

Pantai-Jogan-yogyakarta-sewa-motor-jogja-malioboroApabila biasanya air terjun identik dengan daerah pegunungan, di Pantai Jogan Anda akan menemukan hal berbeda. Pemandangan unik tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Jogan. Selain itu Pantai Jogan juga masih sangat alami karena belum banyak didatangi oleh wisatawan.

Keindahan air terjunnya bisa Anda nikmati dari bawah tebing. Untuk menikmatinya Anda harus turun ke bawah tebing dengan berpegangan batu karang dan kayu yang sudah tersedia disitu. Sesampainya dibawah Anda akan merasakan kesegaran air tawar dari gemericik air yang turun ditambah sapuan ombak pantai yang mengenai karang.

Segerombolan Bayi Kepiting  dan Kupu-Kupu di Balik Karang

Tidak hanya air terjunnya yang indah, Pantai Jogan juga menghadirkan hewan laut yang bisa membuat mata terkagum-kagum. Di balik karang air terjun konon terdapat segerombolan bayi kepiting. Oleh masyarakat setempat, bayi kepiting ini seringkali diambil untuk dijadikan menu makan siang yang lezat. Apabila anda belum pernah melihat segerombol bayi kepiting, Anda bisa bekunjung di Pantai Jogan tetapi tetap harus berhati-hati.

Selain bayi kepiting, jika Anda beruntung Anda juga dapat menyaksikan segerombolan kupu-kupu di balik karang-karang kering. Sungguh panorama indah yang tidak akan terlupakan.

Sunset yang Indah di Balik Air Terjun

Anda seorang fotografer lanscape? jika iya Anda patut mencoba memotret keindahan sunset di Pantai Jogan yang berlatar air terjun yang indah. Jika tidak, Anda pun tetap bisa menikmati senja yang romantis dengan keindahan sunset sebagai penutup hari yang tidak terlupakan.

Spot Foto Terbaik

Pantai-Jogan-yogyakarta-sewa-motor-jogja-malioboro

Selain bisa menikmati keindahan hewan laut, air tenjun dan deburan ombak. Anda juga bisa mengabadikan momen berlibur Anda di bawah air terjun dengan ber swafoto sebagai kenang-kenangan. Keindahan air terjun, tebing karas dan deburan ombaknya tentu bisa menjadi latar yang indah dan menghasilkan foto yang bagus.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Jogan Yogyakarta

Di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta inilah Pantai Jogan berada. Jalanan menuju Pantai Jogan sudah beraspal, sehingga Anda pun tidak akan merasa kesulitan ketika melewatinya. Meskipun begitu Anda diminta untuk tetap berhati-hati karena jalan menuju Pantai Jogan berkelok-kelok di kelilingi perbukitan karas.

Apabila Anda dari pusat kota Anda bisa menuju daerah Wonosari ke arah jalan Baron kemudian ambil arah Tepus, dari situ Anda bisa mengambil arah ke pantai siung. Jika Anda sudah sampai di pos restribusi pantai siung, maka sekitar 400 meter lagi Anda akan sampai di panta jogan. Anda tidak perlu khawatir karena dari pantai siung menuju Pantai Jogan sudah terdapat petunjuk jalan. Anda juga bisa memanfaatkan GPS di ponsel Anda.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Jogan

Untuk menikmati keindahan Pantai Jogan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000,00 untuk tiket masuknya dan Rp2.000,00 untuk parkir kendaraan. Sangat murah bukan? Anda sudah bisa menikmati panorama air terjun sekaligus air laut yang indah di Pantai Jogan sepuasnya.

Sayangnya fasilitas di Pantai Jogan tergolong sangat minim, hal tersebut dikarenakan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini masih relatif sedikit. Namun tidak perlu khawatir karena di Pantai Jogan sudah tersedia toilet dan beberapa warung makan kecil jika Anda merasa lapar. Apabila Anda ingin menginap, Anda bisa membangun tenda dengan meminta izin terlebih dahulu pada pengelola pantai.

Demikianlah ulasan mengenai wisata Pantai Jogan Yogyakarta. Keindahan Pantai Jogan tentunya sayang jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota Yogyakarta. Jangan lupa gunakanlah jasa Jogja Rental Motor untuk memudahkan transportasi Anda saat berlibur. Anda bisa langsung mengaksesnya di jogjarentalmotor.com. Selamat berlibur.