Pantai Jungwok Yogyakarta merupakan objek wisata pantai yang memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi. Hanya saja ketenaran pantai ini kalah dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Suasana yang dihadirkan oleh Pantai Jungwok pun masih sangat alami dan tenang karena belum banyaknya wisatawan yang menyambangi tempat ini.

Keindahan dan Keunikan Pantai Jungwok Yogyakarta

 Pantai-Jungwok-yogyakarta

Bentuk pantainya yang cekung, dikelilingi perbukitan yang hijau dengan hamparan pasir berwarna putih dan air lautnya berwarna kebiruan menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, di Pantai Jungwok terdapat sebuah batu karang besar yang diberi nama watu topi atau batu topi yang berada ditengah laut. Biasanya masyarakat sekitar sering melakukan aktivitas memancing di atas batu karang tersebut.

Keunikan lain dari Pantai Jungwok yaitu terdapat tiga aliran sungai air tawar yang mengalir ke pantai. Hal tersebut membuat kesan seolah-olah Pantai Jungwok terbagi menjadi tiga bagian yang unik. Selain itu, masih banyak keseruan lain yang dapat Anda nikmati jika berkunjung ke Pantai Jungwok. Untuk itu berikut ini beberapa keseruan di Pantai Jungwok Yogyakata yang dapat Anda lakukan.

Menikmati Suasana Pantai yang Tenang

Pantai-Jungwok-Yogyakarta-sewa-motor-jogja-stasiun-tugu

Suasana pantai ini masih cukup sepi karena belum banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di pantai ini. Suasana yang hening tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuat pikiran Anda rileks setelah penat melakukan aktivitas. Pasir putihnya yang bersih serta air lautnya yang biru akan memberikan energi baru bagi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Sekedar mengelar tikar dan menyantap makanan sambil menikmati semilir angin yang menyegarkan.

Bermain Air di Bibir Pantai

Karakteristik air laut di Pantai Jungwok cukup tenang, sehingga tidak akan berbahaya bagi Anda untuk menghabiskan waktu bermain-main air. Namun ketika air di Pantai Jungwok sendang surut Anda perlu berhati-hati karena tekstur bibir pantainya berupa karang yang cukup tajam.

Berkemah Menjadi Pilihan yang Seru

Pantai Jungwok sangat sesuai bagi Anda yang ingin mendirikan tenda dan menikmati suasana malam di bibir pantai. Suasananya yang masih sepi akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya banyak wisatawan yang juga tertarik untuk mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Jungwok.

Saat akhir pekan biasanya wisatawan lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Mereka kebanyakan akan mendirikan tenda di bibir pantai sambil menikmati api unggun dibawah hamparan langit yang terang.

Spot Foto yang Menarik

Keindahan pasir putihnya yang bersih, birunya air laut dan bukit-bukitnya yang indah membuat Pantai Jungwok menjadi objek yang bagus untuk berfoto. Anda bisa mengabadikan momen berlibur dengan keluarga dan teman berlatar birunya air laut yang membentang dan bukit-bukit indah yang menjulang.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Jungwok

Lokasinya yang berdekatan dengan pantai wediombo membuat Anda bisa berkunjung ke pantai wediombo sekaligus. Pantai Jungwok berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta lokasinya berjarak sekitar 70 km.

Akses menuju panta jungwok terbilang masih sangat sulit, hal tersebut didukung oleh daerahnya yang cukup terpencil dan jauh dari rumah-rumah warga. Untuk menuju ke Pantai Jungwok Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melelui rute kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari, dari Wonosari ambil arah menuju daerah Semanu, lalu menuju jepitu dan ambilah arah menuju pantai wediombo. Setibanya di pantai wediombo, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar satu kilometer untuk sampai di Pantai Jungwok yang indah.

Sementara itu, jika Anda menggunakan kendaraan umum. Lalu, dari terminal Giwangan, Anda bisa berpindah bus jurusan Wonosari. Dan sesampainya di Wonosari, Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar Rp40.000,00 atau sesuai kesepakatan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Jungwok

Untuk menikmati keindahan dan keasrian Pantai Jungwok sepuasnya, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja. Harga tiket tersebut sudah termasuk harga tiket masuk pantai wediombo. Sangat murah bukan? dengan uang semurah itu Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai yang jauh dari kebisingan kota.

Dari segi fasilitasnya memang belum cukup memadai. Hal tersebut tidak terlepas dari lokasinya yang cukup jauh dan masih sedikitnya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jungwok.

Itulah beberapa keseruan dan ulasan mengenai Pantai Jungwok Yogyakarta yang dapat Anda nikmati bersama keluar dan teman-teman. Jika Anda datang dari jauh dan tidak menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa memanfaatkan jasa rental montor Jogja di Jogjarentalmotor.com. Perjalanan liburan Anda akan menjadi mudah dan menyenangkan.