Salah satu destinasi wisata di Gunungkidul yang tak kalah menarik adalah pantai. Banyaknya wisata yang ada di kota penuh budaya dan kesenian ini membuat para wisatawan tak bosan untuk berkunjung ke pantai yang ada di wilayah Gunungkidul. Salah satu pantai yang menjadi tujuan adalah Pantai Krakal Yogyakarta.

Pantai yang masih ada di deretan jalur dengan wisata Pantai Krukup dan Pantai Baron ini hanya berjarak 2 km saja dari Pantai Drini. Pantai Krakal memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan karang yang lumayan banyak di sepanjang pantai. Simak ulasan mengenai Pantai Krakal Yogyakarta berikut ini.

Pantai yang Terbentuk dengan Proses Panjang

Pantai-Krakal-yogyakarta

Pantai Krakal memiliki sejarah yang cukup panjang hingga terbentuknya sekarang. Pantai Krakal dulunya diyakini ada di dasar laut. Karena proses pergeseran kerak bumi yang mengakibatkan terangkatnya beberapa wilayah, dasar laut ini mencuat ke permukaan yang kemudian menjadi sebuah daratan. Nah, daratan inilah yang sekarang disebut dengan Pantai Krakal.

Pantai Krakal memiliki bebatuan karang yang sangat banyak. Di antaranya ada dua batu karang yang berwarna hitam di sebelah Pantai Krakal. Baru karang hitam ini menjadi pembatas dengan pantai yang ada di sebelahnya.

Bersenang-senang di Pesisir Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai-Krakal-yogyakarta

Anda bisa menghabiskan waktu di Pantai Krakal ini dengan berbagai cara. Seperti bermain air dan ombak di bibir pantai, berburu aneka warna-warni ikan hias yang kecil, bermain sepak bola dengan sahabat, memakan aneka masakan yang tersedia di beberapa warung yang ada dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa Anda coba.

Di pantai ini tentunya Anda bisa mengambil foto bersama keluarga atau teman. Juga Anda bisa bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan pantai di beberapa gazebo yang disediakan pihak pengelola Pantai Krakal Yogyakarta.

Di pantai ini juga para wisatawan bisa memanjakan mata mereka dengan pemandangan indahnya sunset matahari. Jika Anda sering melakukan surfing, di Pantai Krakal Anda juga bisa melakukannya. Di sini terdapat beberapa titik yang sangat dianjurkan untuk surfing.

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Krakal

Pantai Krakal berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Untuk mengunjungi Pantai Krakal, Anda bisa menempuh perjalanan menuju ke arah Wonosari dari arah Yogyakarta. Setelah sampai, teruskan perjalanan ke arah alun-alun dan lewati saja untuk kemudian berbelok kanan menuju desa Kemandang yang kemudian Anda bisa berkunjung ke Pantai Krakal ini. Kurang lebih perjalanan yang akan Anda tempuh sejauh 65 kilometer dengan durasi waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Jika Anda dari arah Solo, langsung saja menuju ke Sukoharjo, melewati Wonogiri dan Wuryanto. Kemudian Anda teruskan menuju arah Purwodadi sampai di kecamatan Tepus dan lanjut saja untuk sampai ke Pantai Krakal.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Krakal cukup terjangkau. Anda dan keluarga hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja per orang. Pantai Krakal Yogyakarta ini dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk kendaraan bermotor perlu membayar Rp5.000. Cukup murah sekali bagi para jomblo yang sedang kesepian dan ingin menenangkan diri di Pantai Krakal.

Fasilitas di Pantai Krakal cukup memadai. Seperti warung makan, kamar mandi, tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan empat dan juga hotel untuk Anda menginap, seperti hotel melati. Dijamin nggak akan kelaparan, yang penting bawa uang.

Pantai Krakal merupakan pantai berpasir putih dan memiliki pemandangan indah di sekitar jalan yang menuju pantai ini. Demikianlah sedikit banyak ulasan singkat untuk Anda mengenai Pantai Krakal Yogyakarta. Semoga bisa menjadi salah satu sarana infromasi yang berguna bagi Anda.

Ada beberapa tips buat Anda yang berkunjung ke Pantai Krakal Yogyakarta ini. Pertama, jagalah anak-anak agar jangan sampai terlalu jauh dari jangkauan Anda, karena ombak pantai di sini cukup kuat. Kedua, berhati-hatilah ketika bermain di tepian laut. Dan ketiga, bagi yang memiliki masalah dengan transportasi, Anda bisa menggunakan jasa sewa motor di Jogja Rental Motor, pesan motor pilihan Anda, konfirmasi lokasi Anda di sekitaran Malioboro, motor akan segera diantar. Enak, bukan?