Pantai Kukup Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di wilayah Gunungkidul,  Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Kukup Yogyakarta ini mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali, karena mempunyai gardu pandang yang juga berada di pulau yang terbuat dari karang, di mana ia juga terpisah agak di tengah laut.

Pantai Kukup juga memiliki biota laut yang sangat beragaram. Hamparan pasir putih pantai Kukup juga sangat luas, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Kukup juga dihimpit oleh beberapa bukit di bagian sebelah timur. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai wisata Pantai Kukup Yogyakarta.

Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset di Pantai Kukup

Pantai Kukup mirip dengan Tanah Lot di Bali atau Pantai Balaikambang Malang yang memiliki gardu pandang. Bedanya dengan di Bali, gardu pandang Pantai Kukup ada di pulau karang yang terpisah dari pantai dan tak memiliki pura di tengahnya.

pantai-kukup-yogyakarta

Untuk menuju gardu pandang ini, wisatawan harus menyebarangi jembatan yang membentang dari pinggir pantai sampai ke pulau karang yang bernama Jumino. Di gardu pandang Jumino ini, Anda bisa menikmati keindahan sunset ataupun sunrise yang ada di Pantai Kukup. Menarik, bukan?

Bersantai, Bermain Air dan Berfoto Ria di Pantai Kukup

pantai-kukup-yogyakarta

Karena keindahan alam di sekitar pantai dan juga pantai Kukup sendiri, banyak wisatawan yang berburu foto untuk sekadar mengabadikan momen bersama pasangan, teman ataupun keluarga. Banyak yang bisa dilakukan selain selfie ria, Anda bisa bermain air di sekitar pantai ini. Tapi, jangan sampai berenang karena ombaknya cukup besar.

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan selain itu adalah menikmati upacara sedekah laut, jika Anda datang di waktu yang tepat. Dan juga Anda bisa duduk bersantai di sekitar pantai sambil menikmati makanan dan es kelapa muda.

Pantai Kukup juga terkenal dengan banyaknya karang yang membentang sepanjang 100 meter. Di saat air laut sedang pasang, biasanya banyak biota laut yang tersangkut di antara bebatuan karang, sehingga banyak wisatawan yang bisa melihatnya. Tak ayal pantai ini memiliki julukan aquarium alami karena hal itu.

Lokasi dan Rute ke Pantai Kukup

Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak pantai Kukup dari kota Yogyakarta lumayan jauh, sekitar 40 kilometer. Jika dari kota Yogykarta, Anda bisa menuju ke Wonosari dan dari sana, Anda bisa menuju ke lokasi Pantai Kukup yang banyak ada di papan penunjuk jalan. Jika Anda dari Pantai Baron, cukup dekat hanya sekitar 1 kilometer saja.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Kukup

Untuk memasuki Pantai Kukup, Anda cukup merogoh saku sebesar Rp10.000 saja dan biaya parkir motor Rp2.000 serta mobil Rp5.000.

Fasilitas di Pantai Krukup lumayan lengkap. Di antaranya adalah:

  • Ada kamar mandi dan wc umum. Bagi Anda yang ingin mandi setelah selesai bermain air di pantai Kukup, Anda bisa mandi di kamar mandi umum ini.
  • Warung makan, tentu aktifitas di pantai dan berkeliling membuat Anda kehabisan tenaga dan lapar, untuk itu tak perlu khawatir karena di pantai Kukup banyak tersedia warung makan. Namun, ada tips bagi Anda ketika akan membeli makanan di warung ini. Sebaiknya Anda menanyakan harga makanan terlebih dahulu agar tak menyesal kemudian.
  • Tempat ibadah seperti musala.
  • Toko suvenir bagi Anda yang berasal dari luar kota tentu tak lengkap jika berwisata dan pulang hanya membawa tangan kosong. Nah, di toko ini Anda bisa berburu oleh-oleh untuk teman, keluarga atau pasangan.
  • Penginapan yang lumayan terjangkau bagi wisatawan luar kota di sekitar pantai. Seperti Ines Resort dan masih banyak lainnya.
  • Dan tempat parkir yang cukup memadai.

Jika Anda kebingungan untuk sampai ke lokasi Pantai Kukup Yogyakarta karena tak ada kendaraan, Anda bisa memanfaatkan jasa Jogja Rental Motor. Itulah ulasan mengenai Pantai Kukup beserta keindahannya yang tak kalah dari Tanah Lot, Bali. Selamat berwisata!